x

Termasuk The Next Ronaldo Rekrutan Anyar Wolves, 7 Pesepak Bola Remaja Termahal di Dunia

Minggu, 6 September 2020 17:21 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Wolverhampton Wanderers resmi memboyong Fabio Silva dengan banderol 40 juta euro (Rp700 miliar), dan menjadikannya remaja termahal ketujuh di dunia sepak bola.

INDOSPORT.COMWolverhampton Wanderers resmi memboyong Fabio Silva dengan banderol 40 juta euro (Rp700 miliar), dan menjadikannya remaja termahal ketujuh di dunia sepak bola.

Klub Liga Inggris Wolverhampton Wanderers akhirnya bergerak di bursa transfer musim panas. Mereka resmi mendatangkan wonderkid Porto, Fabio Silva, yang kerap disebut sebagai titisan Cristiano Ronaldo.

Remaja 18 tahun itu diboyong dengan biaya 40 juta euro (Rp700 miliar) yang menjadikannya pemain termahal dalam sejarah klub, mengalahkan rekor Raul Jimenez musim panas tahun lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Menariknya, Fabio Silva sebenarnya jarang tampil bersama tim senior Porto sepanjang musim lalu. Ia hanya tampil 12 kali di Liga Portugal, dan hanya menyumbangkan satu gol. Meski demikian, ia tercatat sebagai pemegang sejumlah rekor untuk Porto, termasuk pencetak gol termuda.

Selain menjadi pemain termahal sepanjang sejarah Wolverhampton Wanderers, Silva pun kini masuk jajaran remaja termahal di dunia sepak bola, menempati posisi ketujuh.

Berikut daftar lengkap pesepak bola remaja termahal:

1. Kylian Mbappe – 180 Juta Euro

Striker Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe

Kylian Mbappe didatangkan ke Paris Saint-Germain dari AS Monaco pada Agustus 2017, ketika masih berumur 18 tahun. Saat itu, ia diboyong dengan banderol 180 juta euro (Rp3,1 triliun), yang sepertinya akan sulit dipecahkan di tengah krisis finansial akibat pandemi corona saat ini.

Bersama PSG, Kylian Mbappe sukses besar dengan menjuarai Ligue 1 Prancis selama 3 musim beruntun. Ia pun tampil tajam dengan catatan 90 gol dari 124 pertandingan.

Baca Juga
Baca Juga

2. Joao Felix – 126 Juta Euro

Joao Felix - Atletico Madrid 

Sukses mencetak 20 gol di semua kompetisi bersama Benfica di musim 2018/2019, Joao Felix diboyong Atletico Madrid pada awal musim 2019/2020 saat berusia 19 tahun untuk menggantikan Antoine Griezmann. Tidak tanggung-tanggung, Los Rojiblancos mengeluarkan 126 juta euro (Rp2,2 triliun).

Sayangnya, di musim perdananya dengan skuat asuhan Diego Simeone itu, Joao Felix masih belum memberikan dampak berarti. Ia hanya mencetak 9 gol dari 36 laga di semua kompetisi, kalah bersaing dengan Alvaro Morata.


1. Real Madrid Sumbang Dua Nama

Matthijs de ligt, salah satu remaja termahal di dunia.

3. Matthijs de Ligt – 85,5 Juta Euro

Sempat dikaitkan dengan Barcelona, kapten Ajax Amsterdam Matthijs de Ligt justru bergabung dengan Juventus pada Juli 2019 dengan banderol 85,5 juta euro (Rp1,49 triliun) saat masih berusia 19 tahun 11 bulan.

Sempat tampil buruk di masa-masa awal bergabung dengan Juventus, Matthijs de Ligt sukses membawa Si Nyonya Tua meraih juara Serie A Italia, meski masih gagal melaju jauh di Liga Champions.

4. Anthony Martial – 60 Juta Euro

 Anthony Martial - Manchester United 

Pada musim panas 2015, keputusan Manchester United memboyong Anthony Martial yang ketika itu berusia 19 tahun dari AS Monaco dengan nilai 60 juta euro (Rp1 triliun) sempat dipertanyakan dan dianggap buang-buang uang.

Meski demikian, ia langsung tampil tajam di musim perdananya dengan torehan 17 gol. Hingga saat ini, Anthony Martial sudah mengoleksi 77 gol untuk MU dan menyumbangkan masing-masing satu trofi Piala Liga, Piala FA, dan Liga Europa.

5. Rodrygo Goes – 45 Juta Euro

Striker Real Madrid, Rodrygo  Goes

Real Madrid kini mulai sering mendatangkan pemain muda dalam beberapa musim terakhir. Salah satunya Rodrygo Goes, yang diboyong dari Santos dengan nilai 45 juta euro (Rp780 miliar), pada musim panas 2018 ketika masih berusia 16 tahun.

Rodrygo Goes dipinjamkan satu musim ke Santos dan baru menjalani debutnya bersama Real Madrid pada September 2019. Di musim debutnya ini, ia mencatatkan 26 penampilan di semua kompetisi dan menyumbangkan 7 gol.

6. Vinicius Junior – 45 Juta Euro

Vinicius Junior - Real Madrid 

Sebelum Rodrygo Goes, Real Madrid sudah lebih dulu membeli Vinicius Junior dengan banderol yang sama dari Flamengo pada musim panas 2017, meski ia baru resmi diperkenalkan pada Juli 2018 ketika berusia 18 tahun.

Sempat lebih dulu menghabiskan waktu bersama Real Madrid Castilla, Vinicius Junior akhirnya naik ke tim utama dan kini telah tampil 69 kali di tim senior, serta menyumbangkan 9 gol.

7. Fabio Silva – 40 Juta Euro

Fabio Silva resmi menjadi pemain termahal Wolverhampton Wanderers saat diboyong dari Porto pada September 2020 ini dengan biaya 40 juta euro (Rp700 miliar).

Meski hanya tampil 12 kali di Liga Portugal dengan hanya sekali menjadi starter dan menyumbangkan satu gol, ia tercatat sebagai pemegang sejumlah rekor untuk Porto, di antaranya debutan termuda di Liga Portugal, starter termuda, dan pencetak gol termuda.

Anthony MartialBola InternasionalWolverhampton Wanderers (Wolves)Kylian MbappeVinicius JuniorMatthijs de LigtJoao FelixRodrygo Goes

Berita Terkini