x

5 Tim dengan Pertahanan Terbaik Saat Ini, Salah Satunya Inter Milan

Senin, 14 September 2020 19:23 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Lanjar Wiratri
Berikut tersaji lima tim sepak bola top Eropa dengan pertahanan terbaik saat ini, dimana salah satunya adalah Inter Milan dari Serie A Liga Italia.

INDOSPORT.COM - Berikut tersaji lima tim sepak bola top Eropa dengan pertahanan terbaik saat ini, di mana salah satunya adalah Inter Milan dari Serie A Liga Italia.

Biasanya, masyarakat awam menilai sepak bola hanya dari gol-gol indah yang tercipta. Hal ini membuat wilayah pertahanan menjadi hal yang kurang mendapat perhatian.

Padahal, pertahanan juga tidak kalah penting dari serangan. Sebuah tim tidak akan kalah jika mereka tidak kebobolan, dan agar tidak kebobolan, mereka harus punya pertahanan kuat.

Baca Juga
Baca Juga

Banyak tim nasional sepak bola yang begitu menghargai pentingnya pertahanan kuat. Beberapa yang paling menonjol adalah Timnas Prancis, Italia, dan Spanyol dalam kompetisi Piala Dunia 1998, 2006, dan 2010.

Melansir dari laman portal berita olahraga Sportskeeda, berikut tersaji lima tim besar Eropa yang memiliki pertahanan terbaik musim lalu dan saat ini.

1. Paris Saint-Germain (Ligue 1 Prancis)

Selain mampu menjadi tim paling tajam di Ligue 1 Prancis 2019/20 dengan mencetak 75 gol, Paris Saint-Germain juga menjadi tim dengan pertahanan terbaik. Mereka hanya kebobolan 24 gol di kancah domestik musim lalu dari total 27 kali bermain. Torehan mereka itu sama dengan Rennes di posisi tiga.

Sementara di babak grup Liga Champions 2019/20, tim asuhan Thomas Tuchel itu juga hanya kebobolan dua gol dari enam laga. Di babak gugur, mereka hanya kebobolan tiga gol sampai akhirnya terhenti di partai final. Ini adalah bukti bahwa Tuchel sukses menerapkan formula 4-4-2 dalam skuat asuhannya itu.

2. Inter Milan (Serie A Liga Italia)

Di Serie A Liga Italia 2019/20, Inter Milan memang hanya mampu finis di peringkat dua di bawah Juventus. Namun, skuat asuhan Antonio Conte itu menjadi tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit di kancah domestik, dengan 36 kali kebobolan. Juventus yang menjadi jawara malah sudah kemasukan 43 gol.

Ini berkat kejeniusan Antonio Conte yang memiliki permainan agresif. Di tangan dinginnya, Inter atau Nerazzurri memiliki gaya bermain yang sangat menekan lawan sambil tetap menjaga fokus di lini belakang. Conte mampu membuat Inter menjadi tembok kokoh meski hanya mengandalkan tiga bek dalam skema 3-5-2.


1. 5 Tim dengan Pertahanan Terbaik Saat Ini

Sevilla, klub LaLiga Spanyol yang ternyata menjadi salah satu tim dengan pertahanan terbaik saat ini.

3. Sevilla (LaLIga Spanyol)

Sevilla sukses menjuarai kompetisi Liga Europa 2019/20 setelah mengalahkan Inter Milan di final dengan skor 3-2. Itu adalah gelar ke-6 mereka di Liga Europa. Sementara di LaLiga Spanyol, klub yang berjuluk Los Palanganas itu juga mampu finis di peringkat empat di bawah Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid.

Apa yang membuat Sevilla begitu luar biasa di kancah domestik dan Eropa? Jawabannya adalah pertahanan yang kuat. Mereka hanya kebobolan 34 gol di Liga Spanyol musim lalu, peringkat tiga setelah duo Madrid. Pertahanan mereka sangat kuat lantaran ada Jules Kounde dan Diego Carlos.

4. Atletico Madrid (LaLiga Spanyol)

Atletico Madrid benar-benar bukan tim sembarangan. Mereka selalu tampil garang sejak dilatih oleh Diego Simeone. Sang pelatih menggunakan formasi 4-4-2. Sehingga, wilayah pertahanan bisa terjaga dengan baik. Dua pahlawan yang berkontribusi menjaga clean sheet mereka adalah Saul Niguez dan Jan Oblak.

Di Liga Spanyol 2019/20, Atletico atau Los Rojiblancos hanya kebobolan 27 gol saja dari 38 pertandingan. Namun, mereka juga punya kelemahan yang sangat mencolok, yaitu wilayah penyerangan. Tim Diego Simeone hanya mencetak 51 gol musim lalu, paling sedikit di zona empat besar.

Baca Juga
Baca Juga

5. Real Madrid (LaLiga Spanyol)

Tidak mengherankan bila Real Madrid masuk ke dalam daftar ini. Karena, salah satu alasan kenapa banyak fans Madrid yang memprotes kinerja Zinedine Zidane adalah karena pertahanan kuat mereka. Beberapa waktu yang lalu, Zidane memang dicela lantaran memiliki pola permainan yang terlalu bertahan.

Namun, nyatanya Zidane berhasil memberikan gelar juara Liga Spanyol 2019/20 bagi Real Madrid. Mereka hanya kemasukan 25 gol musim lalu. Los Blancos juga punya permainan counter attack, yang membuat mereka tetap garang dalam serangan. Apalagi, Madrid punya Sergio Ramos yang sangat cocok dengan taktik tersebut.

Itulah lima tim sepak bola Eropa yang memiliki pertahanan terbaik musim lalu. Berdasarkan informasi yang sudah ditulis, tidak salah kalau kita menilai mereka akan sama baiknya di musim ini (dalam hal pertahanan).

Real MadridAtletico MadridSergio RamosParis Saint-GermainInter MilanSevillaAntonio ConteDiego SimeoneThomas TuchelBola InternasionalSepak BolaDiego Carlos

Berita Terkini

Berita Terpopuler