x

Kasihan, Pelatih Arab Saudi Dipecat Pasca-Diimbangi Timnas Indonesia U-19

Jumat, 18 September 2020 02:05 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Indra Citra Sena
Pasca ditahan imbang timnas Indonesia U-19 dengan skor 3-3 pada Jumat (11/9/20), Arab Saudi langsung memecat pelatih Damien Hertog.

INDOSPORT.COM - Pasca-ditahan imbang timnas Indonesia U-19 dengan skor 3-3 pada Jumat (11/9/20), Arab Saudi langsung memecat pelatih Damien Hertog.

Pelatih asal Belanda itu dipecat oleh Asosiasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) dan digantikan oleh juru taktik lokal bernama Salih Al-Muhammadi.

Baca Juga
Baca Juga

Menurut laporan dari laman resmi SAFF, alasan pemecatan Damien Hertog bukan karena hasil huruk dalam tiga pertandingan uji coba di Kroasia.

SAFF mengambil langkah ini dengan alasan AFC baru saja mengumumkan penundaan Piala Asia U-19 hingga tahun depan. Agenda pemusatan latihan Arab Saudi pun dihentikan sehingga Damien Hertog tidak memiliki tugas lagi.

"Asosiasi Sepak Bola Arab Saudi mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kerja sama dengan pelatih asal Belanda, Damien Hertog, yang harusnya menangani Arab Saudi U-19 di Piala Asia yang awalnya digelar Oktober mendatang," tulis laman resmi SAFF.

"Keputusan ini dibuat karena AFC menunda Piala Asia hingga tahun depan karena pademi virus corona. Federasi pun menujuk pelatih nasional, Salih Al-Muhammadi, untuk mengemban tugas di Timnas U-19 selanjutnya," imbuhnya.

Diketahui, Damien Hertog sebenarnya bukanlah pelatih sembarangan. Ia pernah membawa Feyenoord U-19 menjuarai Liga Belanda 2012-2013.

Pelatih berusia 45 tahun itu telah bersama timnas Arab Saudi U-19 sejak September 2019 dengan durasi kontrak selama empat tahun.

Baca Juga
Baca Juga

Tetapi nasib berkata lain, ia akhirnya dipecat oleh Arab Saudi setelah kontrak baru berjalan satu tahun. Sementara itu timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong terus menjalani pemusatan latuhan (TC) meski Piala Asia 2020 ditunda.

Bahkan setelah pemusatan latihan dan agenda uji coba di Kroasia selesai, PSSI akan mengirim timnas Indonesia U-19 ke Turki untuk TC lanjutan.

KroasiaAFCPiala Asia U-19Arab SaudiTimnas IndonesiaBola InternasionalShin Tae-yong

Berita Terkini