x

5 Fakta Alex Runarsson, Kiper Anyar Arsenal yang Pernah Sebut Wenger Bodoh

Selasa, 22 September 2020 19:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Berikut lima fakta tentang Runar Alex Runarsson, kiper baru Arsenal yang ternyata pernah menyebut manajer legendaris Arsene Wenger sebagai orang bodoh.

INDOSPORT.COM – Berikut lima fakta tentang Runar Alex Runarsson, kiper baru Arsenal yang ternyata pernah menyebut manajer legendaris Arsene Wenger sebagai orang bodoh.

Finis di peringkat 8 klasemen Liga Inggris musim lalu membuat Arsenal serius berbenah di bursa transfer ini. The Gunners ini pun sukses mendatangkan Gabriel Magalhaes dari Lille, serta menyambar Willian yang kontraknya bersama Chelsea sudah berakhir.

Terbaru, tim asuhan Mikel Arteta ini kembali mendatangkan satu lagi pemain anyar. Sosok tersebut adalah Runar Alex Runarsson, kiper timnas Islandia yang diboyong dari klub Ligue 1 Prancis, Dijon.

Baca Juga
Baca Juga

Dilansir situs resmi Arsenal, kiper berusia 25 tahun itu akan bermain di Emirates Stadium selama empat tahun ke depan. Menariknya, Arsenal hanya mengeluarkan dana yang sangat murah yakni 1,5 juta poundsterling (Rp285 miliar) untuk mendatangkannya.

Runarsson diproyeksikan untuk memberikan persaingan kepada kiper utama Bernd Leno, menggantikan peran Emiliano Martinez yang hijrah ke Aston Villa di bursa transfer musim panas ini.

"Kami sangat bangga memperkenalkannya ke dalam skuat. Kami telah memantaunya sejak lama dan telah melakukan analisis, dia memiliki atribut yang kuat sebagai kiper," ucap Direktur Teknik Arsenal, Edu.

"Kami ingin membuat sebuah kompetisi yang positif di bawah mistar gawang Arsenal. Kita akan menunggu aksi Alex Runarsson dalam memperebutkan posisi kiper utama," ungkap manajer Mikel Arteta.

Baca Juga
Baca Juga

Menariknya, Runarsson rupanya memiliki jejak digital yang kurang baik dengan Arsenal, khususnya terhadap manajer legendaris mereka, Arsene Wenger.

Berikut ini 5 fakta menarik tentang Alex Runarsson:

1. Pernah Sebut Arsene Wenger Sebagai Orang Bodoh

Pada tahun 2011, Alex Runarsson diketahui pernah melontarkan kritikan tidak pantas terhadap Arsene Wenger yang ketika itu masih membesut Arsenal. Sang penjaga gawang yang ketika itu berumur 16 tahun menyebut Wenger sebagai orang bodoh.

Dilansir The Sun, Runarsson diketahui tiga kali menyebut Wenger sebagai orang bodoh, dengan yang terakhir ketika Arsenal menjual Cesc Fabregas ke Barcelona. “Arsene Wenger jelas merupakan orang paling bodoh di planet ini,” tulisnya di Twitter ketika itu, meski kini sudah dihapus.


1. Injak Rumput GBK dan Hadapi Timnas Indonesia

Alex Runarsson pernah terlibat dalam laga persahabatan Timnas Indonesia vs Timnas Islandia di GBK pada 2018 lalu.

2. Pernah Dibobol Ilham Udin Armaiyn

Alex Runarsson ternyata pernah tampil di stadion Gelora Bung Karno Jakarta pada 14 Januari 2018. Ketika itu, timnas Islandia menghadapi Timnas Indonesia yang dibesut Luis Milla dalam laga persahabatan.

Runarsson yang tampil sejak menit awal pertandingan, harus kebobolan lebih dahulu lewat gol yang dicetak Ilham Udin Armaiyn pada menit ke-29. Namun, Islandia mampu membalas lewat empat gol yang dicetak Albert Gudmundsson (menit 45+2, 66, dan 72) serta Arnor Smarasson (menit ke-59).

3. Putra Pemegang Rekor Timnas Islandia

Menjadi pesepak bola sudah mendarah daging dalam diri Runar Alex Runarsson. Pasalnya, sang ayah yang bernama Runar Kristinsson merupakan pesepak bola profesional yang memiliki karier sepanjang 20 tahun.

Runar Kristinsson diketahui merupakan gelandang tangguh dan bintang timnas Islandia di eranya. Tidak tanggung-tanggung, Kristinsson bahkan merupakan pemegang caps terbanyak di Timnas Islandia dengan 104 penampilan.

4. Mengawali Karier Sebagai Gelandang

Ketika mengawali perjalanan di dunia sepak bola, Alex Runarsson ingin mengikuti jejak sang ayah dan memilih menjadi gelandang. Namun, sebuah operasi yang dijalaninya membuatnya tidak lagi mampu berlari naik turun di tengah lapangan.

Demi memelihara asa menjadi pesepak bola profesional, ia pun kemudian berganti posisi menjadi kiper yang bertahan hingga sekarang.

5. Sudah Kenal Pelatih Kiper Arsenal

Sebelum resmi bergabung dengan The Gunners, Alex Runarsson rupanya sudah lebih dulu mengenal pelatih kiper Arsenal, Inaki Cana. Keduanya diketahui bekerja sama di klub Denmark, Nordsjaelland, pada 2015-2018.

Sang pelatih pun diduga punya andil dalam kedatangan Runarsson ke Emirates Stadium di bursa transfer musim panas ini.

Bursa TransferArsenalArsene WengerIslandiaIlham Udin ArmaiynTimnas IndonesiaLiga InggrisBerita Liga InggrisBerita Bursa TransferRunar Alex Runarsson

Berita Terkini