x

3 Formasi Mematikan Arsenal Jika Sukses Datangkan Partey dan Aouar

Rabu, 23 September 2020 19:14 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Berikut 3 formasi mematikan yang bisa digunakan Arsenal jika sukses mendatangkan dua bidikan mereka di bursa transfer ini, Thomas Partey dan Houssem Aouar

INDOSPORT.COM – Berikut 3 formasi mematikan yang bisa digunakan Arsenal jika sukses mendatangkan dua bidikan mereka di bursa transfer ini, Thomas Partey dan Houssem Aouar.

Bursa transfer musim panas ini berjalan baik bagi Arsenal. Sejauh ini, tim asuhan Mikel Arteta itu telah mendatangkan Gabriel Magalhaes dan Willian, mempermanenkan Cedric Soares dan Pablo Mari, serta meminjam kembali Dani Ceballos.

Meski demikian, kedatangan sejumlah bintang anyar tersebut rupanya masih belum memuaskan manajemen klub. The Gunners masih merencanakan penguatan di lini tengah, dengan dua nama menjadi bidikan mereka yakni Houssem Aouar dari Lyon dan Thomas Partey dari Atletico Madrid.

Baca Juga
Baca Juga

Kedatangan kedua pemain itu diharapkan mampu memberikan keseimbangan baru di lini tengah, sekaligus memberikan persaingan bagi para pemain lama.

Sejauh ini Arsenal masih kesulitan mendatangkan Partey dan Aouar. Dalam kasus Partey, Arsenal kesulitan memenuhi klausul tebus yang mencapai 45 juta pounds (Rp850 miliar).

The Gunners sendiri berusaha memanfaatkan ketertarikan Atletico Madrid terhadap Lucas Torreira untuk menurunkan harga Partey. Namun, Los Rojiblancos hanya mau meminjam Torreira dan berkeras Arsenal harus memenuhi banderol Partey.

Baca Juga
Baca Juga

Di sisi lain, Lyon sebagai pemilik Aouar tengah berada dalam krisis keuangan sehingga tak keberatan menjual bintangnya itu. Namun, gelandang Prancis itu disebut hanya mau pindah ke klub yang berkompetisi di Liga Champions.

Meski demikian, jika berhasil mendatangkan keduanya Arsenal diyakini akan memiliki lini tengah yang sangat kuat. Dilansir Football London, The Gunners bahkan bisa memiliki 3 formasi mematikan jika sukses mendatangkan kedua bintang tersebut.

Seperti apa 3 formasi yang bisa disusun Mikel Arteta dengan kehadiran Houssem Aouar dan Thomas Partey? Berikut ini ulasannya.


1. Berbagai Variasi di Lini Tengah

Gelandang Lyon, Houssem Aouar, menjadi salah satu prioritas Arsenal di bursa transfer musim panas ini.

1. 4-2-3-1 (Leno; Bellerin, Gabriel, Saliba, Tierney; Partey, Ceballos; Willian, Aouar, Aubameyang; Lacazette).

Formasi ini diyakini akan memberikan keseimbangan yang baik bagi lini tengah The Gunners. Partey yang lebih bernaluri bertahan daripada Aouar akan ditarik ke belakang untuk mendampingi Dani Ceballos, sementara Aouar bertugas membantu penyerangan.

Dengan pembagian tugas ini, Aouar diyakini akan bisa tampil lebih kreatif karena tidak perlu ikut memikirkan lini pertahanan. Ia bisa lebih fokus menjadi kreator bagi rekan-rekannya di lini depan yakni Aubameyang, Willian, dan Lacazette.

2. 3-4-3 (Leno; Gabriel, Saliba, Tierney; Bellerin, Partey, Aouar, Saka; Willian, Lacazette, Aubameyang).

Formasi 3-4-3 menjadi formasi yang paling sering diterapkan manajer Mikel Arteta dalam beberapa pertandingan terakhir. Jika sukses mendatangkan Houssem Aouar dan Thomas Partey di bursa transfer ini, keduanya bisa dijadikan duet gelandang sentral dalam formasi tersebut.

Dengan sistem ini, keduanya bertugas menyalurkan bola ke sayap yang menjadi fokus utama serangan. Sedangkan dalam bertahan, mereka bertugas mematikan aliran bola dari lini tengah lawan. Di sisi lain, kemampuan dribel keduanya juga akan berperan penting menghadapi lawan dengan pertahanan dalam.

3. 4-3-3 (Leno; Bellerin, Gabriel, Saliba, Tierney; Partey, Xhaka, Aouar; Pepe, Lacazette, Aubameyang).

Formasi 4-3-3 diketahui merupakan favorit dari manajer Mikel Arteta. Kehadiran Houssem Aouar dan Thomas Partey pun memungkinkan pria Spanyol itu menerapkannya guna menjalani kompetisi musim ini.

Dalam formasi ini, peran gelandang bertahan diemban Granit Xhaka sedangkan Partey dan Aouar menjadi gelandang tengah. Keberadaan Xhaka juga akan membuat Aouar lebih bebas untuk menyerang, sehingga memungkinkannya bermain melebar agar Aubameyang bisa merangsek ke tengah.

Bursa TransferAtletico MadridArsenalOlympique LyonMikel ArtetaLiga InggrisThomas ParteyBerita Liga InggrisBerita Bursa TransferHoussem Aouar

Berita Terkini