x

Cetak Gol di Debut Timnas Inggris, Calvert-Lewin Ikuti Jejak 3 Penyerang Tajam Ini

Sabtu, 10 Oktober 2020 12:54 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Dominic Calvert-Lewin sukses mencetak gol di laga debutnya bersama Timnas Inggris. Ia mengikuti jejak para striker tajam sekaligus kapten The Three Lions.

INDOSPORT.COM – Dominic Calvert-Lewin sukses mencetak gol di laga debutnya bersama Timnas Inggris. Ia mengikuti jejak para striker tajam sekaligus kapten The Three Lions.

Nama penyerang Everton, Dominic Calvert-Lewin, menjadi perbincangan panas di awal musim 2020/2021 ini. Pemain berusia 23 tahun ini mendadak menjelma menjadi pesepak bola tertajam di tanah Inggris.

Menjalani musim kedua di bawah asuhan pelatih hebat asal Italia, Carlo Ancelotti, Calvert-Lewin menunjukkan performa terbaiknya. Di Liga Inggris, ia menjadi top skor dengan catatan 6 gol dari 4 laga, berbagi tempat di puncak bersama bintang Tottenham, Son Heung-min.

Baca Juga
Baca Juga

Istimewanya lagi, Calvert-Lewin selalu mencetak gol di seluruh empat laga yang sudah dijalaninya bersama Everton di Liga Inggris, dengan rincian masing-masing 1 gol saat melawan Tottenham Hotspur, Crystal Palace, dan Brighton & Hove Albion, serta 3 gol saat menghadapi West Bromwich Albion.

Ketajaman sang penyerang juga merambah ke kompetisi lain, tepatnya Carabao Cup (Piala Liga). Di ajang ini, ia mencetak hattrick keduanya musim ini saat menghadapi West Ham di babak keempat, yang berakhir dengan skor 4-1 untuk kemenangan The Toffees.

Ketajaman yang ditunjukkan pemain 23 tahun itu bersama Everton dengan 9 gol dari 6 laga pun mendatangkan prestasi lain. Ia akhirnya untuk kali pertama dipanggil ke timnas senior Inggris, untuk rangkaian 3 laga pada awal Oktober ini.

Rupanya, ketajaman Calvert-Lewin pun berlanjut di laga internasional. Menjalani laga debut dalam seragam Inggris di laga persahabatan melawan Wales, Calvert-Lewin kembali pamer ketajaman.

Baca Juga
Baca Juga

Sundulan tajamnya memanfaatkan assist Jack Grealish berhasil membuka skor, sebelum kemudian Conor Coady dan Danny Ings menggenapi kemenangan tim asuhan Gareth Southgate menjadi 3-0.

Calvert-Lewin pun masuk dalam daftar 20 pemain yang mampu mencetak gol di laga debutnya bersama tim Tiga Singa.

Uniknya, dalam daftar tersebut ada 3 penyerang lain yang juga sukses mencetak gol di laga debut, dan kemudian menjadi andalan timnas Inggris selama bertahun-tahun. Dua di antaranya bahkan kemudian menjadi kapten tim.

Berikut ini 3 penyerang tajam timnas Inggris yang jejaknya bisa diikuti oleh Dominic Calvert-Lewin:


1. Dua Kapten dan Satu Bintang Muda

Harry Kane, penyerang andalan sekaligus kapten timnas Inggris yang mencetak gol di laga debutnya bersama tim Tiga Singa.

1. Harry Kane

Bintang Tottenham Hotspur, Harry Kane, adalah andalan timnas Inggris saat ini. Tak hanya menjadi penyerang utama, ia juga berstatus sebagai kapten tim.  Dengan usianya yang baru 27 tahun dan catatan 32 gol untuk timnas, ia berpotensi besar memecahkan rekor Wayne Rooney dengan 53 gol.

Perjalanan Harry Kane di timnas Inggris dimulai ketika ia menjalani debut saat menghadapi Lithuania pada 2015. Dipanggil masuk timnas usai mencetak 29 gol untuk Spurs, Kane hanya butuh waktu 79 detik setelah masuk lapangan menggantikan Rooney, untuk mencetak gol di laga debutnya tersebut.

2. Marcus Rashford

Meski baru berusia 22 tahun, Marcus Rashford telah mengoleksi 38 cap dan 10 gol untuk timnas Inggris. Ia pun masih menjadi andalan hingga saat ini, meski perannya mulai bergeser menjadi sayap kiri seperti yang terjadi di Manchester United.

Menjalani debut di timnas saat menghadapi Australia di laga persahabatan pada tahun 2016 lalu saat baru berusia 18 tahun, Marcus Rashford sukses mencetak satu gol yang membuatnya pemain termuda timnas Inggris yang bisa mencetak gol di laga debut mereka.

3. Alan Shearer

Alan Shearer adalah salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Inggris. Catatan 260 gol di Liga Inggris yang membuatnya jadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di kompetisi itu, menular ke tingkat internasional dengan 30 gol dari 63 penampilan untuk tim Tiga Singa.

Pensiun dari timnas Inggris dengan status kapten tim pada tahun 2000, Alan Shearer mengawali perjalanan di tim Tiga Singa pada 19 Februari 1992 dengan menghadapi Prancis. Di laga debutnya itu, Shearer mencetak gol pembuka yang sekaligus menjadi gol perdana untuk negaranya.

Dominic Calvert-Lewin pun diharapkan dapat mengikuti jejak ketiga pendahulunya di atas, sebagai penyerang tajam berkarier panjang di timnas Inggris.

EvertonHarry KaneAlan ShearerMarcus RashfordTimnas InggrisLiga InggrisBola InternasionalDominic Calvert-Lewin

Berita Terkini