x

Kisah Jimmy Greaves, Ketika Sebuah Firasat Buatnya Merana di AC Milan

Jumat, 16 Oktober 2020 18:10 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Kisah Jimmy Greaves di klub Italia, AC Milan.

INDOSPORT.COM - Di balik kesuksesan Jimmy Greaves di Liga Inggris, ternyata legenda sepak bola yang satu ini kariernya kurang cemerlang bersama AC Milan.

Lahir di Manor Park, London, 20 Februari 1940, Greaves memulai karier di dunia si kulit bundar bersama Chelsea pada 1955. Ia berhasil mencetak 124 gol di ajang First Division sebelum dilepas ke Italia pada 1961.

Adalah AC Milan yang memboyong Greaves dengan nilai 80 ribu poundsterling dan durasi kontrak tiga tahun. Namun sayangnya, waktunya bersama Rossoneri berakhir lebih cepat dari yang direncanakan.

Baca Juga
Baca Juga

Sebagai salah satu klub paling populer di Italia, AC Milan adalah gudangnya para pemain hebat yang pada masa depan menjelma jadi legenda sepak bola dunia. Akan tetapi, tidak demikian dengan seorang Jimmy Greaves.

Malah bisa dibilang, kariernya bersama Rossoneri merupakan sebuah kegagalan. Tidak hanya dari segi teknis, tetapi juga psikologis lantaran ia merasa tidak bahagia bermain di sana.

Padahal, sebelum resmi pindah dari Chelsea ke AC Milan, Greaves sudah larut dalam iming-iming kehidupan yang lebih cemerlang. Bagaimana tidak? Di Italia, ia dijanjikan bayaran sebesar 130 pounds per pekan plus penthouse mewah untuk tempat tinggal.

“Saya dan Irene (istri) akan diberikan penthouse di pinggir kota Milan. Rasanya tawaran ini sangat menggiurkan, setidaknya seperti itu kelihatannya,” ujar Jimmy Greaves dalam bukunya, Greavsie: The Autobiography.

Baca Juga
Baca Juga

Akan tetapi, Greaves kemudian terbangun dari mimpi tersebut dan sadar bahwa Inggris mungkin tempat yang lebih layak baginya, meski di Chelsea sendiri ia hanya dibayar 20 pounds per pekan.

Gara-garanya, pada waktu itu masih pertengahan musim dan embargo pemain asing di Italia belum berakhir, Greaves pun berkesempatan bermain untuk The Blues sampai akhir musim 1960-1961.

Nah, hal ini pun nyaris saja membuatnya ingin membatalkan kesepakatan yang telah dibuat antara dirinya, Chelsea, AC Milan. Hatinya mendadak goyah ketika sudah akan melangkahkan kaki di pintu sepak bola Italia.


1. Jimmy Greaves Merana di AC Milan

Di balik kesuksesan Jimmy Greaves di Liga Inggris, ia merasa tidak bahagia bermain di AC Milan.

Seperti manusia pada umumnya, Jimmy Greaves pernah dihadapkan pada dilema besar dalam berkarier. Jelang kepindahan ke AC Milan, ia mendadak galau karena harus meninggalkan kampung halamannya.

“Euforia saya soal prospek bermain di Italia mendadak pudar dan seiring berjalannya hari saya mulai merasa ragu. Saya seorang rumahan, dilahirkan dan dibesarkan di Essex,” ujarnya.

“Bermain di area luar London meski sama-sama di Inggris saja tidak terbayangkan, apalagi di luar negeri. Saya pun mulai mengevaluasi lagi, saya merasa nyaman dengan gaya hidup London,” tambahnya lagi.

Selain itu, salah satu yang membuat batin Greaves bergejolak adalah ia adalah seorang kepala keluarga di usia yang masih muda. Ia tidak pergi ke bar atau restoran untuk berfoya-foya.

Kehidupan London dirasanya begitu menyenangkan dan pasti akan dirindukannya ketika nanti sudah pindah ke Italia.

Jimmy Greaves memainkan laga terakhirnya pada 29 April 1961 saat menghadapi Nottingham Forest. Sebagai ‘hadiah’ perpisahan, ia pun diberi amanat menjadi kapten di pertandingan yang berakhir dengan kemenangan The Blues 4-3.

Gagal Bersinar di AC Milan

Mungkin Greaves sudah mendapat firasat ketika ia mulai merasa ragu pindah ke Italia. Ada yang bilang, perasaan tidak enak di hati bisa jadi sebuah pertanda.

Benar saja, karier Greaves bersama Rossoneri bisa dibilang sangatlah singkat. Dari pemain yang berstatus top skor Chelsea sepanjang masa (pada waktu itu) dengan 132 golnya, di Milan ia seolah bukan siapa-siapa.

Terlebih lagi, situasi semakin kurang menguntungkan lantaran pelatih utama yang mendatangkan Greaves ke AC Milan, Giuseppe Viani, terpaksa mundur sejenak dari tugasnya lantaran kondisi kesehatan yang menurun.

Tugasnya pun digantikan oleh Nereo Rocco yang dikenal dengan kedisiplinan tinggi serta gaya melatihnya membuat Greaves syok. Ia bahkan tidak segan-segan menyebut Rocco telah membuatnya hidup seperti di neraka.

Neraka, mungkin istilah yang tepat ketika menyebut kehidupan sengsara yang dilalui Greaves di Italia. Ia bahkan kerap menyelinap untuk sekadar merokok di kamar mandi, ‘kabur’ sejenak demi menenangkan hatinya yang diwarnai kegundahan.

Rasa tidak bahagia ini pun berbuntut ke performanya di lapangan. Ketegangan antara dirinya dan Rocco semakin menjadi-jadi, ditambah Rossoneri yang berniat mendatangkan Dino Sani dari Boca Juniors.

Kedatangan Dino Sani pun seolah jadi ketok palu berakhirnya kisah Jimmy Greaves dan AC Milan. Tottenham Hotspur dan Chelsea tampil sebagai calon penyelamat dengan meminangnya kembali ke Inggris.

Akhirnya, Greaves hengkang ke Spurs dan kembali bermain di tanah kelahirannya, tempat yang sangat dicintai dan dirindukannya. Benar adanya, bahwa kebahagiaan akan membuat seseorang bersemangat dalam melakukan sesuatu.

Greaves pun tampil trengginas, bahkan lebih menggila ketimbang saat ia bermain untuk Chelsea. Bersama Tottenham Hotspur, tercatat ia telah tampil di 379 pertandingan dan mencatatkan 266 gol.

Catatan ini tentu bak langit dan bumi saat Greaves bermain di AC Milan. Saat berseragam Rossoneri, ia hanya tampil 14 kali dan mencetak 9 gol.

ChelseaAC MilanTottenham HotspurJimmy GreavesLiga ItaliaSepak BolaBerita Liga Italia

Berita Terkini