x

8 Bek yang Bisa Dibeli Liverpool untuk Gantikan Virgil van Dijk

Senin, 19 Oktober 2020 20:30 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Virgil van Dijk pergi meninggalkan lapangan di laga Everton vs Liverpool

INDOSPORT.COM - Bek tangguh milik Liverpool, Virgil van Dijk, dipastikan harus mengakhiri musim 2020/2021 lebih awal usai mengalami cedera ACL. Hal ini pun membuat kubu The Reds memutar otak guna mendatangkan pelapisnya di bursa transfer musim dingin mendatang.

Petir bak menyambar di siang bolong bagi Liverpool, utamanya pelatih Jurgen Klopp. Bagaimana tidak, bek andalan Liverpool, Virgil van Dijk dikabarkan harus menepi akibat cedera setidaknya hingga akhir musim ini usai bertanding melawan Everton.

Baca Juga
Baca Juga

Dilansir dari situs resmi Liverpool, Virgil van Dijk disebut mengalami cedera parah pada ACL-nya. Akibatnya, Virgil van Dijk harus beristirahat setidaknya tujuh hingga delapan bulan ke depan. 

Itu artinya Van Dijk akan absen membela Liverpool setidaknya hingga bulan Mei atau Juni. Dengan kata lain, berdasarkan waktu pemulihan cedera ACL itu, maka Van Dijk sama saja harus absen hingga akhir musim. 

Tentu ini adalah bencana besar bagi Liverpool yang selama ini selalu mengandalkan Van Dijk sebagai bek utamanya. Sejak dua musim lalu, peran Van Dijk sangat penting sebagai benteng pertahanan terakhir Liverpool sebelum menghadapi kiper Alisson Becker.

Momen Virgil van Dijk mendapatkan cedera ACL saat bertabrakan dengan Jordan Pickford

Van Dijk mendapatkan cedera parah itu ketika ditekel horor oleh kiper Everton, Jordan Pickford. Kejadian itu sendiri sangatlah kontroversial, mengingat Pickford yang membuat Van Dijk harus absen hingga akhir musim itu tak mendapat hukuman kartu apapun.

Padahal menurut wasit di BT Sport, terlepas dari offside tidaknya Van Dijk, tekel horor yang dilakukan Pickford wajib diberi kartu merah karena ada intensi mencederai. Tapi apa lacur, Pickford selamat dari kartu merah dan Liverpool kehilangan Virgil van Dijk hingga akhir musim. 

Baca Juga
Baca Juga

Namun nasi sudah menjadi bubur. Manajemen Liverpool, terutama Jurgen Klopp harus memutar otak untuk mendatangkan satu sosok baru yang mampu menjadi pengganti Virgil van Dijk yang saat ini tengah menjalani masa pemulihan.

Berikut INDOSPORT rangkum delapan pemain belakang yang mampu menambal lubang yang ditinggal oleh Virgil van Dijk di lini pertahanan Liverpool.


1. 1. Dayot Upamecano

Dayot Upamecano

Setelah sebelumnya kerap dihubung-hubungkan dengan Manchester United dan Barcelona, kini Dayot Upamecano diyakini mampu menambal lini belakang yang ditinggal Virgil van Dijk oleh Liverpool.

Akan tetapi, untuk mendatangkan bek bintang milik RB Leipzig ini tidaklah murah. Klub asal Jerman itu hanya akan melepas Upamecano tidak kurang dari 60 juta euro, atau sekitar Rp 1 triliun. Harga yang mahal di tengah krisis pandemi virus corona.

2. Kalidou Koulibaly

Virgil van Dijk vs Kalidou Koulibaly dalam laga Liga Champions Napoli vs Liverpool

Bertubuh besar dan otot yang kekar, membuat Kalidou Koulibaly menjadi banyak incaran oleh klub-klub besar Eropa. Bintang Napoli, yang kini berusia 29 tahun ini bak menjadi primadona klub dalam menahan gempuran serangan klub-klub Serie A Italia.

Pemain kesukaan Gennaro Gattuso ini diyakini tidak akan dilepas dengan harga yang murah. Hampir memasuki kepala tiga, Koulibaly dihargai tak kurang dari 65 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun.

3. Conor Coady

Bintang Wolves, Conor Coady

Ingin mencoba peruntungan? Liverpool bisa saja menggaet bek tengah Wolves, Conor Coady. Pemain Timnas Inggris ini diyakini familiar dengan pola permainan cepat ala Liga Inggris, dan tidak bakal kesusahan dalam skema Jurgen Klopp. Terlebih, Coady sendiri adalah jebolan akademi Liverpool.

Bek berusia 27 tahun asal Liverpool ini juga memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan dua pemain sebelumnya. Wolves diyakini rela melepas Coady dengan harga 25 juta euro atau sekitar Rp433 miliar.

4. Milan Skriniar

Milan Skriniar, bek Inter Milan yang diincar Manchester City

Bek Inter Milan, Milan Skriniar, dapat menjadi opsi Liverpool untuk menambal lini tengah yang ditinggal Virgil van Dijk. Namun, The Reds harus bersaing dengan rivalnya di Liga Primer Inggris untuk mendatangkannya.

Kabar terakhir yang menginginkan jasa Milan Skriniar adalah Tottenham Hotspur. Bek berusia 25 tahun ini juga diyakini tidak akan dilepas Inter Milan di bawah 50 juta euro, atau sekitar Rp866 miliar.

5. Pau Torres

Pau Torres (kanan) saat mengamankan bola dari Lionel Messi

Bek tengah andalan Villarreal ini juga menjadi favorit untuk menggantikan Virgil van Dijk di lini belakang Liverpool. Baru berusia 23 tahun, Pau Torres sudah menjadi andalan di lini belakang The Yellow Marines.

Tapi lagi-lagi, Liverpool harus berduel dengan Manchester United dan Arsenal untuk mendatangkannya. Harganya yang murah yakni sekitar 30 juta euro, atau sekitar Rp519 miliar seakan menjadi buruan klub-klub besar eropa.

6. Caglar Soyuncu

Caglar Soyuncu pada laga saat melawan Arsenal.

Pertaruhan lagi untuk membeli bek dari Leciester City. Namun, kali ini Liverpool tak harus takut skema Harry Maguire dengan Manchester United kembali terulang.

Pasalnya, Caglar Soyuncu sendiri kabarnya telah lama dipantau oleh manajemen The Reds. Bek tengah berusia 24 tahun asal Turki ini juga dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni 40 juta euro atau sekitar Rp692 miliar.

7. Ozan Kabak

Ozan Kabak

Bek asal Turki lainnya yang turut menyita perhatian pemandu bakat Liverpool. Ozan Kabak memang masih berusia 20 tahun, namun dirinya sudah dibanderol lumayan tinggi oleh Schalke 04.

Klub asal Jerman itu tidak akan melepas Kabak dengan harga di bawah 29 juta euro, atau sekitar Rp502 miliar. Namun, Liverpool diyakini bakal menggunakan jasa Joel Matip untuk meyakinkannya datang ke Anfield Stadium dengan mudah.

8. Jules Kounde

Jules Kounde, pemain Sevilla.

Bek muda Sevilla, Jules Kounde, juga kabarnya menjadi incaran Liverpool dalam beberapa tahun belakangan. Dirinya diproyeksikan akan menjadi tandem Joe Gomez di masa depan kelak.

Namun dengan cederanya Virgil van Dijk, serta di masa-masa krisis ekonomi akibat pandemi virus corona, bukan tidak mungkin bila Liverpool akan mendatangkan bek berusia 21 tahun ini dengan cepat. Sevilla pun mematok harga 40 juta euro, atau sekitar Rp692 miliar.

Bursa TransferLiverpoolKalidou KoulibalyVirgil van DijkMilan SkriniarDayot UpamecanoTransfer PemainJules Kounde

Berita Terkini