x

Ini Alasan Kenapa Cristiano Ronaldo Gagal Gabung Liverpool

Sabtu, 31 Oktober 2020 09:32 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor:

INDOSPORT.COM - Mantan manajer Liverpool, Gerard Houllier mengungkapkan bahwa sejatinya dulu The Reds ingin mendatangkan Cristiano Ronaldo. Akan tetapi dirinya memilih gabung Manchester United.

Cristiano Ronaldo gabung dengan Man United pada tahun 2003 silam. Saat itu ia dibeli dari Sporting Lisbon dengan bandrol sekitar 12.24 juta pounds atau setara dengan 231 miliar rupiah.

Baca Juga
Baca Juga

Biaya itu membuatnya menjadi remaja termahal dalam sejarah Liga Inggris. Namun sebelum pindah ke Old Trafford, legenda Liverpool yakni Phil Thompson mengaku bahwa The Reds sebenarnya sudah nyaris mencapai kata sepakat untuk pindah ke Anfield.

Gerard Houllier mengungkapkan bahwa Liverpool sebenarnya sudah cukup lama mengendus talenta Cristiano Ronaldo. Bahkan The Reds berencana merekrutnya sekaligus bersama dengan Ricardo Quaresma.

Akan tetapi Liverpool kemudian mengalami dilema soal gaji yang diminta Ronaldo. Ia meminta gaji yang terlalu besar, dan The Reds tak bisa menurutinya karena adanya Michael Owen.

“Phil benar karena kami kehilangannya tetapi ada banyak orang yang bisa mengatakan itu juga. Pada 2002, tahun saya sakit, kami memutuskan untuk mengambil Ronaldo dan Ricardo Quaresma, dua pemain Sporting CP," kenangnya dilansir dari Goal Internasional.

“Kami telah mengikuti Cristiano selama setahun, tetapi itu sedikit menyeret karena pada tingkat gaji itu lebih menuntut daripada apa yang bisa kami lakukan untuk Ronaldo," tuturnya.

Gaji Michael Owen sendiri lah yang menjadikan hambatan bagi Liverpool untuk bisa mendatangkan pemain sekelas Cristiano Ronaldo. Tentu saja pihak klub tidak ingin memberikan gaji lebih besar kepada Ronaldo yang saat itu masih berusia muda.

“Anda harus tahu bahwa ada kebijakan gaji di Liverpool dan Michael Owen baru saja memenangkan Ballon d'Or. Anda tidak bisa memberi anak berusia 17 tahun gaji yang lebih tinggi darinya," terangnya.

Gerard Houllier kemudian mengungkapkan bahwa Liverpool sebenarnya sudah sering melakukan kontak dengan Cristiano Ronaldo. Namun semuanya buyar setelah CR7 mengikuti laga uji coba melawan Manchester United.

Sebab harganya kemudian otomatis naik. Houllier mengatakan jika saja saat itu klub bekerja dengan lebih cepat maka Ronaldo kemungkinan besar bisa didaratkan ke Anfield.

“Harganya berubah dari 4 juta pounds menjadi 13 juta pounds dan kami tidak bisa menyamainya," ucapnya.

“Mungkin juga perekrut kami seharusnya langsung mengatakan ya, tetapi ia ingin memastikan, untuk tidak membuat kesalahan," seru Houllier.

Baca Juga
Baca Juga

Kepindahan ke Manchester United dan bukan ke Liverpool itu sendiri terbukti jitu bagi Cristiano Ronaldo. Sebab di Old Trafford ia berkembang jadi pemain kelas dunia.

Cristiano Ronaldo setelah hengkang dari Manchester United langsung bergabung bersama Real Madrid selama kurang lebih sembilan tahun. Namun, di usianya yang sudah menginjak 35 tahun ini dirinya bergabung bersama Juventus sejak 2018 silam.

Manchester UnitedCristiano RonaldoLiverpoolMichael OwenLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini