x

Membedah Solusi Klopp untuk Liverpool Tanpa Fabinho dan Matip

Sabtu, 31 Oktober 2020 19:39 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih utama Liverpool, Jurgen Klopp, mencari solusi atas cederanya Fabinho dan Joel Matip.

INDOSPORT.COM - Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, memang harus memutar otak setelah Fabinho dan Joel Matip kini juga cedera menyusul Virgil van Dijk.

Liverpool akan menghadapi West Ham United di ajang Liga Inggris pada hari Minggu (01/11/20) dini hari WIB. Sampai tulisan ini dibuat, The Redssedang bersaing ketat di papan atas klasemen sementara dengan raihan 13 poin.

Saingan terdekat mereka adalah klub rival sekota, Everton, yang mengumpulkan poin dan jumlah pertandingan sama. Sementara itu, The Hammers bercokol di posisi 12 dengan 8 poin.

Ini adalah kesempatan baik bagi skuat Klopp untuk merebut angka karena hanya melawan tim dari papan tengah. Akan tetapi, mereka harus mengurus lini pertahanannya dulu lantaran Fabinho dan Joel Matip untuk saat ini belum bisa dimainkan.

Baca Juga
Baca Juga

Untuk kasus Fabinho sendiri, Klopp sudah memastikan pemainnya itu akan absen sampai pekan internasional karena mendapat cedera ringan. Namun ia bisa bermain kembali setelahnya, hanya saja Klopp belum tahu kapan.

“Setelah jeda internasional, ia akan kembali, saya yakin itu. Akan tetapi, belum tahu kapan pastinya. Dia hanya mengalami cedera ringan, bukan hal yang akan menghabiskan waktu lama,” kata Klopp seperti dikutip dari laman resmi klub.

Pertandingan melawan West Ham United pun jadi tantangan tersendiri bagi pelatih sepak bola asal Jerman tersebut. Ia masih memiliki sejumlah pemain yang mungkin bisa diandalkan seperti Billy Koumetio, Nathaniel Phillips, dan Rhys Williams.

Akan tetapi pertanyaannya, seberapa siapkah mereka untuk mengambil alih tugas di jantung pertahanan Liverpool?

Menurut pengakuan Klopp, tiga pemain tersebut punya kans sama besar untuk menempati peran yang ditinggalkan para bek tengah yang cedera. Pasalnya, baik Koumetio, Phillips, maupun Williams tampil apik selama sesi latihan.

Baca Juga
Baca Juga

Selain itu, Klopp juga punya alternatif yang bisa diambilnya seperti memainkan James Milner, Andrew Robertson, Jordan Henderson, atau Gini Wijnaldum untuk membantu Joe Gomez.

Bahkan, sang pelatih mengambil contoh dari Javier Mascherano, mantan pemain Liverpool bertubuh mungil yang bisa melaksanakan tugasnya dengan baik meski awalnya berposisi sebagai gelandang bertahan.

“Mereka tidak lebih kecil dari Mascherano dan dia bermain di posisinya dengan bagus,” ujar Klopp ketika mengingat sosok pemain asal Argentina tersebut.

Ya, Javier Mascherano berhasil menjadi simbol kesuksesan tersendiri di skuat Liverpool era Rafael Benitez. Sampai-sampai, ia disebut sebagai ‘pemain monster’ oleh pelatihnya itu karena tampil apik dalam formasi empat bek. 


1. Fabinho yang Ikuti Jejak Javier Mascherano

Fabinho bak titisan Javier Mascherano untuk Liverpool.

Javier Mascherano didatangkan Liverpool pada tahun 2007 silam usai menjalani karier singkat bersama West Ham United. Dalam kurun waktu tiga musim, ia sudah memberi dampak besar di skuat The Reds.

Delapan tahun setelah kepergian Mascherano dari Anfield, Liverpool pun menemukan penggantinya dalam diri Fabinho yang mereka rekrut pada Juli 2018.

Pemain asal Brasil tersebut punya kontrol nyata atas lini tengah, mampu membaca permainan, dan melakukan intersepsi tepat waktu untuk menghentikan serangan lawan bahkan sebelum mereka mulai.

Kini seolah mengikuti jejak Mascherano, Fabinho lantas jadi solusi Liverpool ketika kehilangan Virgil van Dijk. Namun sayang untuk saat ini ia harus menepi sementara dan meninggalkan Joe Gomez sendirian.

Bagaimana dengan Rhys Williams?

Rhys Williams, bek muda yang masih berusia 19 tahun ini mendapat kesempatan untuk unjuk gigi ketika menggantikan Fabinho yang ditarik keluar saat laga kontra FC Midtjylland beberapa waktu lalu.

Meski memberi pujian atas penampilan apik Williams, Jurgen Klopp mengaku tidak ingin memaksakan kehendak ataupun buru-buru mendorong pemain mudanya itu untuk tampil spektakuler.

“Tidak ada tekanan atau ekspektasi terhadap Rhys dari kami. Dia bisa melihat dan menyerap (ilmu) apa saja yang ia butuhkan, dan ketika ada kesempatan datang, ia harus melakukan yang terbaik,” ujar Klopp.

Tidak dapat dipungkiri bahwa cedera yang dialami Fabinho dan Joel Matip bisa membuka peluang tampil bagi Williams. Pengalamannya bermain untuk tim kasta keenam Liga Inggris, Kidderminster Harriers, pun seolah tidak sia-sia.

“Keputusannya untuk menjadi pemain pinjaman ke sana membuahkan hasil. Dia memilih pergi, mengambil kesempatan, dan kembali ke kami sebagai pemain yang lebih profesional,” ujar Klopp lagi.

Untuk itu, bukan tidak mungkin momentum badai cedera ini akan jadi kesempatan Williams untuk tampil lebih bersinar.

Sementara itu, kabar terbaru dari Virgil van Dijk, ia sudah selesai menjalani operasi di London dan kini sedang berada dalam masa pemulihan.

Begitu pula dengan Fabinho dan Joel Matip yang pastinya akan berusaha semaksimal mungkin untuk segera kembali ke lapangan.

LiverpoolJurgen KloppJavier MascheranoFabinhoLiga Primer InggrisJoel MatipLiga InggrisVirgil van DijkSepak BolaBerita Liga Inggris

Berita Terkini