x

Tak Terkalahkan dalam 23 Laga, Siapa Bisa Hentikan Hegemoni AC Milan?

Sabtu, 31 Oktober 2020 08:57 WIB
Editor: Coro Mountana
Skuad AC Milan merayakan gol ke gawang Celtic pada laga Liga Europa, Kamis (23/10/20) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM - Saat ini AC Milan sudah mencatatkan rekor tak terkalahkan dalam 23 laga terakhir di berbagai ajang, siapa bisa hentikan hegemoni setan merah? 

Ketika semua orang di dunia sedang mengutuk keberadaan virus corona, AC Milan justru mendapat berkah dari penyakit tersebut. Tentu sebenarnya AC Milan juga mengutuk virus corona. 

Tapi sejak adanya virus corona yang sempat menghentikan Liga Italia, AC Milan sepertinya melakukan pembenahan besar-besaran. Oleh karena itu, begitu Liga Italia dimulai kembali pada Juni lalu, AC Milan seperti terlahir kembali ke era keemasannya. 

Baca Juga
Baca Juga

Padahal sampai Liga Italia dihentikan pada Maret lalu, AC Milan adalah tim pesakitan yang bahkan melihat peluang masuk zona Liga Europa saja itu takabur. Namun pelatih Stefano Pioli tampak saat jeda kompetisi akibat corona, akhirnya menemukan solusi bagi AC Milan. 

Dengan tetap bertumpu pada kharisma kepemimpinan Zlatan Ibrahimovic, Pioli mengembalikan Hakan Calhanoglu ke posisi asli pada awal musim ini dan menemukan double pivot tangguh dalam diri Ismael Bennacer dan Franck Kessie. AC Milan pun mengangkasa. 

Tidak tanggung-tanggung sejak Juni, AC Milan mencatatkan rekor tak terkalahkan dalam 23 pertandingan terakhir di berbagai ajang. Tim-tim besar seperti Inter Milan dan Juventus pun bisa dikalahkan oleh AC Milan.  

Buahnya, AC Milan pun kini bertengger nyaman di puncak klasemen sementara Liga Italia. Di Liga Europa pun, AC Milan sudah mendapatkan tabungan 6 poin dari 2 laga yang sudah dilalui. 

Baca Juga
Baca Juga

Semua tampak under control dan itu semua berkat tangan dingin Stefano Pioli yang akhirnya menemukan ramuan tepat untuk membangunkan AC Milan dari tidur panjangnya. Sekali bangun, AC Milan langsung 23 laga tanpa kalah. 

Jika begini terus, bicara soal peluang juara Liga Italia tentu bukan menjadi hal yang mustahil bukan. Tapi tentu itu masih terlalu prematur mengingat masih ada 33 pertandingan Serie A Italia lagi yang belum dimainkan. 

Bicara peluang juara mungkin masih prematur, tapi soal kemungkinan berapa lama AC Milan bisa mempertahankan rekor unbeaten, tampak akan sangat menarik. Menjadi pertanyaan besar, siapakah atau adakah tim tangguh yang mampu menghentikan hegemoni AC Milan? 


1. Napoli dan Lille

Selebrasi pemain Napoli, Lorenzo Insigne usai mencetak gol untuk Napoli pertandingan Serie A antara Parma Calcio vs SSC Napoli.

Jawabannya tentu saja ada, jika melihat 3 lawan selanjutnya dan tempat bertandingnya, seharusnya AC Milan bisa memperpanjang rekor unbeaten jadi 26 kali. Namun rasanya untuk mencapai angka ke-27, Pioli bakal mendapat hadangan besar. 

Yaitu, dengan bertamu ke markas Napoli asuhan eks AC Milan, Gennaro Gattuso. Sempat diremehkan begitu mengambil kursi pelatih Napoli dari Carlo Ancelotti, pelan tapi pasti Gattuso kini mulai diperhitungkan. 

Sebenarnya kemungkinan Napoli bakal bersinar bersama Gattuso sudah terlihat sejak akhir musim lalu di mana mereka juara Coppa Italia. Dengan kharismanya, di luar dugaan Napoli menjelma jadi salah satu calon kuat juara Serie A Italia. 

Bagaimana tidak, dalam 5 laga terakhir saja, Napoli sudah menang 4 kali dan sisanya kalah. Itupun juga kalahnya secara WO setelah menolak datang ke kandang Juventus dengan alasan virus corona. 

Sisanya, Napoli selalu menghajar lawan-lawannya dengan skor meyakinkan. Bahkan Atalanta, tim terbaik Italia di Liga Champions musim lalu saja dibantai 1-4 oleh Napoli.  

Oleh karena itu, pada pekan kedelapan Serie A Italia nantinya, AC Milan harus menjalani ujian berat dengan bertandang ke markas Napoli di San Paolo. Jika ingin melihat AC Milan kalah, rasanya San Paolo adalah tempat yang tepat melihat peforma Napoli saat ini. 

Tapi jika seandainya, AC Milan selamat dari kekalahan saat bertandang melawan Napoli, laga selanjutnya bisa jadi tempat eksekusi setan merah. Soalnya, AC Milan bakal bertamu lagi ke Lille di Liga Europa. 

Lille sendiri tak bisa dianggap remeh dan sangat kuat jika bermain di kandang sendiri. Di Liga Prancis, Lille pun tengah bertengger di posisi kedua dengan status sebagai satu-satunya tim belum pernah kalah. 

Dari 8 pertandingan Ligue 1 Prancis, Lille ternyata hanya kebobolan 3 kali, sebuah alarm bahwa mereka tim tangguh. Dengan bertandang ke markas Lille, pasti akan menjadi ujian berat bagi AC Milan. 

Akan tetapi jika AC Milan berhasil melewati dua tempat angker itu dengan kepala tegak, besar kemungkinan rekor unbeaten bakal bertambah terus. Jika itu terjadi, membawa pulang setidaknya satu gelar menjadi hal realistis. 

Serie A ItaliaLiga EuropaAC MilanNapoliLilleIn Depth SportsFeature

Berita Terkini