x

Liverpool Ulangi Rekor 40 Tahun, Jurgen Klopp Jadi Legenda Bob Paisley

Minggu, 1 November 2020 12:40 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp menjelma jadi Bob Paisley usai ulangi rekor berusia 40 tahun pasca habisi West Ham di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Kemenangan atas West Ham di laga lanjutan Liga Inggris 2020-2021 berhasil buat Liverpool mengulang sejarah 40 tahun lalu. Sang pelatih, Jurgen Klopp pun menjelma jadi Bob Paisley yang legendaris.

Berlangsung di Anfield, The Reds berhasil menang tipis dengan skor 2-1 lewat gol Mohamed Salah (42') dan Diogo Jota (85'). Sementara itu tim tamu hanya bisa mencetak gol tunggal memanfaatkan lini belakang rapuh lewat Pablo Formals (10').

Bisa dikatakan jika skuat asuhan Jurgen Klopp sejak awal mulai meragukan untuk menang setelah Virgil van Dijk, Fabinho, dan Joel Matip harus absen gara-gara cedera. Kendati demikian, mereka berhasil membuktikan keangkeran kandang menjadi senjata andalan.

Baca Juga
Baca Juga

Keperkasaan Anfield yang jadi saksi bisu kehancuran West Ham ini pula yang membuat kejayaan Liverpool di masa lampau kembali bangkit. Ya, seperti dikutip dari Mirror, rekor tak terkalahkan di kandang mereka kini sudah mencapai 63 laga Liga Inggris, persis tahun 1980.

Pada empat dekade lalu, masa kejayaan Si Merah tak perlu dipertanyakan lagi saat ditukangi oleh Bob Paisley. Bagaimana tidak? Era itu catatan unbeaten atau tak terkalahkan bisa mereka dapatkan sealam dua tahun sekaligus menangkan trofi liga domestik.

Paisley buat Liverpool jago kandang dari 1978 hingga 1980, hal serupa pun terjadi ditangan Jurgen Klopp yang jadi pelatih utama sejak lima tahun lalu. Terakhir kali tim ini alami kekalahan di markas sendiri ialah pada April tiga tahun lalu saat berhadapan dengan Crystal Palace.

Baca Juga
Baca Juga

Jika nanti skuat gawangan pelatih asal Jerman itu kembali berhasil kalahkan Leicester City, maka bisa dibilang pencapaian dari Paisley untuk menyabet juara lagi kian dekat dengan kenyataan.

Nantinya setelah ini Liverpool bakal mengejar rekor dari Chelsea yang punya torehan rekor tak terkalahkan lebih banyak yakni dalam 86 pertandingan. Patut diketahui The Blues sangat kokoh jaga nama baik mereka di Stamford Bridge pada periode 2004 hingga 2008.

Pasca taklukan West Ham, Liverpool kini masih merajai klasemen Liga Inggris dengan total lima kali menang, sekali seri, dan sekali kalah. Ikuti jejak Bob Pairsley, bisakah Jurgen Klopp menyandang status pelatih legendaris?

LiverpoolChelseaJurgen KloppWest Ham UnitedLiga Primer InggrisPelatihLiga InggrisSepak Bola

Berita Terkini