x

Rhys Williams, Jelmaan Virgil van Dijk dari Ujung Kepala Sampai Kaki

Selasa, 3 November 2020 16:51 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pemain Liverpool, Rhys Williams, terlihat seperti versi muda Virgil van Dijk.

INDOSPORT.COM - Mengenal Rhys Williams, pemain muda klub Liga Inggris, Liverpool, yang disebut-sebut sebagai titisan Virgil van Dijk.

Tentu predikat tersebut bukannya tahu-tahu muncul tanpa alasan. Ya, dari penampilannya saja orang-orang bisa melihat Williams cocok jadi adik Van Dijk berkat perawakan mereka yang mirip.

Kemiripan itu meliputi postur dan gaya rambut keduanya Terlebih lagi, nama Williams saat ini sedang naik daun setelah kondisi kurang fit Fabinho dan Joel Matip menyusul Van Dijk yang sudah terlebih dahulu cedera ACL.

Ya, Rhys Williams adalah satu dari setidaknya tiga pemain yang digadang-gadang jadi masa depan Liverpool. Eksistensi mereka belakangan mencuat usai Liverpool mengalami krisis bek tengah.

Baca Juga
Baca Juga

Selain Williams, nama Billy Koumetio dan Nathaniel Phillips juga banyak disebut dalam kurun waktu beberapa hari terakhir. Apalagi, ketiganya juga menunjukkan performa apik selama sesi latihan yang sayang jika dianggurkan begitu saja.

“Mereka sangat bagus saat berlatih. Saya mengenal Nat (Phillips) paling lama dan saya senang dengan perkembangan ini,” ucap Jurgen Klopp belum lama ini seperti dikutip dari laman resmi klub.

Tidak dapat dipungkiri bahwa cedera yang dialami Fabinho dan Joel Matip seolah membuka peluang bagi Rhys Williams. Pengalamannya bermain untuk tim kasta bawah Inggris, Kidderminster Harriers, pun seolah tidak sia-sia.

Baca Juga
Baca Juga

“Keputusannya untuk menjadi pemain pinjaman ke sana membuahkan hasil. Dia memilih pergi, mengambil kesempatan, dan kembali ke kami sebagai pemain yang lebih profesional,” ujar Klopp lagi.

Williams memang pernah menjadi pemain pinjaman ke Kidderminster Harriers pada 2019 dan baru saja mendapat perpanjangan kontrak dari The Reds, tepatnya pada September 2020.

Mungkin, Liverpool melihat adanya potensi dalam diri Rhys Williams sehingga memutuskan untuk mempertahankannya dengan ikatan kontrak jangka panjang. 


1. Rhys Williams Ramai Dipanggil 'Big Man'

Rhys Williams dipanggil 'big man' oleh rekan-rekannya di Liverpool.

Rhys Williams, bek muda yang masih berusia 19 tahun ini mendapat kesempatan untuk unjuk gigi ketika menggantikan Fabinho yang ditarik keluar saat laga kontra FC Midtjylland beberapa waktu lalu.

Ini adalah kali kedua ia bermain di ajang Liga Champions. Debut pertamanya adalah saat melawan Ajax Amsterdam pada matchday sebelumnya.

Saat itu, ia mendapat pujian dari Jurgen Klopp yang merasa senang dengan penampilan anak asuhnya tersebut. Apalagi, Williams baru saja mentas dari sebuah klub antah-berantah yang bermain di level bawah Inggris, National League North.

“Setelah laga saya melihat dalam matanya ia sangat senang dengan kesempatan tersebut. Itu bagus. Dia benar-benar talenta hebat, bukan hanya karena tubuhnya besar, tapi dia berbakat dan saya senang memilikinya,” ucap Klopp.

“Apalagi musim lalu dia bermain untuk klub nonliga. Itulah yang membuat dirinya spesial,” lanjut pelatih sepak bola asal Jerman tersebut.

Setelah tampil lawan Ajax dan FC Midtjylland, Rhys Williams tidak mampu menyembunyikan kebahagiaannya lantaran sudah dua kali tampil di Liga Champions.

Lewat akun Instagram-nya, pemain kelahiran 3 Februari 2001 itu mengungkapkan isi hatinya. Selain senang dengan eksistensinya di kompetisi elite Eropa tersebut, ia juga memuji penampilan rekan-rekannya.

Di kolom komentar, para pemain Liverpool seperti Diogo Jota, Xherdan Shaqiri, dan Jordan Henderson juga meninggalkan pesan serta pujian. Akan tetapi, ada satu hal unik dari ucapan-ucapan mereka.

Jota contohnya, ia menyebut Williams dengan sebutan ‘big man’ sambil membubuhkan emotikon tepuk tangan. Lalu Shaqiri dengan percaya diri menulis ‘well done big lad’ tidak lupa dengan menyertakan emotikon juga.

Nanti dulu, masih ada lagi. Harvey Elliott pun turut memanggil Williams dengan sebutan ‘big man’ lalu Andrew Robertson berkomentar ‘love it big man’.

Apa yang ditulis sejumlah pemain Liverpool tersebut seolah membenarkan bahwa seorang Williams adalah pemain muda dengan fisik yang bongsor. Ya, ia cocok sebagai 'kembaran' Virgil van Dijk.

Bahkan ketika sedang bermain, Williams sampai membuat manajer klub yang pernah dibelanya, Kidderminster Harriers, yakni Russell Penn, terpesona.

“Dia masuk, melihat ke sekeliling, dan ya ampun! Dia adalah Virgil van Dijk yang sedang menyemar,” ucap Penn kepada Liverpool Echo.

Dengan tinggi hampir 190 cm, Williams punya kemampuan berduel di udara yang unggul seperti Van Dijk. Akan tetapi, hal yang mungkin paling impresif dari pemain muda ini adalah kemampuannya membaca permainan sebelum bertindak.

LiverpoolLiga Primer InggrisLiga InggrisVirgil van DijkSepak BolaBerita Liga InggrisRhys Williams

Berita Terkini