x

Melihat Opsi Bek Kanan Liverpool Usai Trent Alexander-Arnold Cedera

Rabu, 11 November 2020 10:15 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Siapa kira-kira pengganti Trent-Alexander Arnold di Liverpool?

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, kini dipusingkan dengan absennya bek kanan mereka, Trent Alexander-Arnold sampai bulan Desember 2020.

Untuk diketahui kembali, Alexander-Arnold ditarik keluar saat pertandingan kontra Manchester City, Minggu (08/11/20) lantaran mengalami cedera betis.

Pemain asal Inggris tersebut harus menepi sementara dari lapangan hijau selama kurang lebih satu bulan. Ia akan menjalani pemulihan di tempat latihan anyar The Reds di AXA Training Centre pekan depan.

Di tengah kepusingan Jurgen Klopp menangani krisis bek di skuatnya, Liverpool masih sedikit beruntung. Ya, terima kasih kepada jeda internasional yang bergulir pertengahan bulan November ini.

Baca Juga
Baca Juga

Alexander-Arnold yang tidak masuk skuat Timnas Inggris pun bisa memanfaatkan momen ini untuk beristirahat dan memulihkan kondisinya. Lalu kapan ia akan kembali bermain?

Tentunya Alexander-Arnold harus kejar-kejaran dengan waktu jika ingin tampil di laga melawan Midtjylland pada 9 Desember. Namun Klopp dan Liverpool tentu tidak mau ambil risiko jika memang situasi belum memungkinkan.

Bisa jadi, The Reds akan tampil tanpa bek kanan utamanya tersebut di sisa pertandingan grup Liga Champions (Atalanta 26 November, Ajax 2 Desember, dan Midtjylland 9 Desember).

Sementara itu di Liga Inggris, Alexander-Arnold bakal absen di laga Brighton (28 November) dan Wolverhampton Wanderers (5 Desember).

Baca Juga
Baca Juga

Akan tetapi, The Reds tentu berharap bek kanan andalannya tersebut bisa pulih lebih cepat dari prediksi, seperti yang terjadi pada kiper mereka, Alisson Becker, yang mengalami cedera bahu sekitar satu bulan lalu.

Kehilangan seorang Trent Alexander-Arnold memang menambah beban pikiran Jurgen Klopp yang kini harus mencari alternatif lain untuk posisi pemainnya tersebut. Padahal, Liverpool baru saja dihantam musibah usai ditinggal Virgil van Dijk.

Ketika performa para pemain muda mereka mulai menanjak dan krisis bek tengah mulai menunjukkan tanda-tanda perbaikan, kini saatnya Liverpool memikirkan pengganti Alexander-Arnold.

Kira-kira siapa saja ya calon yang tepat?


1. Siapa yang Bakal Dipilih Klopp untuk Gantikan Alexander-Arnold?

Pelatih utama Liverpool, Jurgen Klopp, harus mencari pengganti Trent Alexander-Arnold yang cedera.

Neco Williams

Cederanya Trent Alexander-Arnold membuka peluang untuk pemain Liverpool yang masih belia, Neco Williams. Kini, ia punya kans untuk unjuk gigi dan meraih hati Jurgen Klopp.

Di usianya yang masih 19 tahun, Williams sudah mencicipi manisnya gelar juara Liga Inggris dan mendapat tempat di Timnas Wales. Namun untuk menggantikan Alexander-Arnold jelas bukan perkara mudah.

Alexander-Arnold adalah pemain yang dikenal cakap dan hebat dalam memainkan perannya di skuat Liverpool. Ia salah satu bek terbaik, tampil gemilang di posisinya, dan itu pun sudah diakui dunia.

Neco Williams sendiri pernah menjadi item yang diperbincangkan saat bursa transfer lalu lantaran kabar yang mengaitkannya dengan Wolverhampton Wanderers. Saat itu, Wolves ingin menjadikannya pengganti Matt Doherty.

Namun pada akhirnya Liverpool mempertahankannya dan malah memberi kontrak jangka panjang untuk pemain kelahiran 13 April 2001 tersebut. Bahkan, Klopp sendiri pernah memberi pujian untuk wonderkid-nya tersebut.

“Neco, ia sudah seperti mesin ketika pertama kali latihan bersama kami,” ucap pelatih asal Jerman tersebut seperti pernah diberitakan Wales Online.

Neco Williams jadi kandidat kuat pengganti Trent Alexander-Arnold lantaran ia sudah pernah mengisi posisi tersebut beberapa kali, termasuk saat laga Piala Liga Inggris kontra Arsenal musim lalu. Satu-satunya kekurangan yang ia miliki adalah minim pengalaman.

Joe Gomez

Jika Neco Williams belum siap menggantikan Alexander-Arnold, mungkin Klopp akan menggunakan salah satu pemain yang lebih senior seperti Joe Gomez.

Akan tetapi, melihat peran Gomez yang kini jadi andalan bersama Joel Matip, ketika ia digeser ke sisi kanan artinya Klopp harus menggunakan Rhys Williams atau Nathaniel Phillips yang juga masih minim pengalaman.

Untuk itu, Liverpool tentu berharap Fabinho bisa segera pulih. Menurut prediksi, ia bisa kembali bermain usai jeda internasional.

James Milner

Saat Alexander-Arnold cedera dan ditarik keluar di pertandingan Manchester City vs Liverpool tempo hari, Milner adalah pemain yang menggantikannya pada menit ke-63.

Milner bisa jadi pilihat tepat untuk situasi ini. Ia adalah pemain senior yang sanggup membawa aura positif dan leadership bagi para pemain belakang The Reds.

Ketika Joe Gomez kini berpartner dengan Joel Matip, Kostas Tsimikas dan Andrew Robertson bisa dirotasi untuk mengisi peran bek kiri yang kemudian dilengkapi Milner sebagai pemimpin di lini pertahanan.

James Milner sendiri baru mencatatakan penampilan ke-550 di level liga, menunjukkan betapa dirinya adalah pemain veteran yang brilian.

Keahliannya yang serbabisa pun menjadi nilai plus bagi Liverpool ketika tengah menghadapi situasi sulit, seperti sekarang misalnya.

LiverpoolJames MilnerLiga Primer InggrisJoe GomezLiga InggrisTrent Alexander-ArnoldSepak BolaBerita Liga Inggris

Berita Terkini