x

Mohamed Salah Positif Corona, 3 Pemain Ini Bisa Jadi Solusi Liverpool

Minggu, 15 November 2020 13:16 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Kabar buruk kembali menimpa Liverpool setelah Mohamed Salah dinyatakan positif Covid-19. Meski demikian, The Reds punya 3 pemain yang bisa jadi alternatif.

INDOSPORT.COM – Kabar buruk kembali menimpa Liverpool setelah Mohamed Salah dinyatakan positif Covid-19. Meski demikian, The Reds punya 3 pemain yang bisa jadi alternatif.

Momen jeda internasional di bulan November ini merupakan periode yang dipenuhi kabar buruk bagi  klub Liga Inggris, Liverpool. Tidak tanggung-tanggung, tim berjuluk The Reds ini harus kehilangan dua pemain intinya akibat alasan yang berbeda.

Kabar buruk pertama menimpa bek tengah andalan Liverpool, Joe Gomez. Bek berusia 23 tahun ini harus menyusul rekan duetnya Virgil van Dijk menjalani absen panjang setelah mengalami cedera lutut saat berlatih bersama timnas Inggris.

Baca Juga
Baca Juga

Selang beberapa hari kemudian, pasukan Jurgen Klopp kembali harus kehilangan pemain utama. Penyerang andalan mereka, Mohamed Salah, dinyatakan positif terjangkit Covid-19 sehingga harus menjalani karantina pribadi.

Kabar ini disampaikan oleh federasi sepak bola Mesir, Jumat (13/11/20) waktu setempat jelang duel kontra Togo di Kualifikasi Piala Afrika.

Sejumlah pihak menyebut bahwa Salah tertular Covid-19 saat menghadiri pesta pernikahan adiknya. Dugaan itu menguat setelah beredar foto sang bintang berinteraksi dengan sejumlah tamu dan menari di acara tersebut tanpa menggunakan masker.

Dengan situasi ini, Salah dipastikan akan absen saat Liverpool menghadapi Leicester City di Liga Inggris akhir pekan depan, dan Atalanta di Liga Champions beberapa hari kemudian.

Baca Juga
Baca Juga

Dokter Mohamed Abou El Ela yang menangani Salah menyebut bahwa kasus yang menimpa sang bintang masih terbilang ringan. “Dia (Salah) mengalami kasus ringan. Dia tidak menunjukkan gejala apa pun atau masalah pernapasan yang berat,” kata sang dokter kepada Associated Press.

Meski demikian, jika tidak kunjung mendapatkan hasil negatif dan dinyatakan sembuh di tes-tes berikutnya, bukan tidak mungkin Mohamed Salah harus absen lebih lama membela Liverpool, seperti yang menimpa bintang Juventus, Cristiano Ronaldo yang harus menjalani tes berkali-kali.

Dengan demikian, manajer Jurgen Klopp pun harus menyiapkan solusi untuk menutupi ketiadaan Salah selama beberapa pekan ke depan. Beruntung, juara Liga Inggris musim lalu itu sudah punya 3 pemain yang bisa dijadikan pengganti Salah. Siapa saja?


1. Trio Kandidat Pengganti Salah

Diogo Jota

1. Diogo Jota

Kandidat utama pengganti Mohamed Salah adalah bintang anyar yang baru diboyong di bursa transfer musim panas lalu, yakni Diogo Jota. Pasalnya, eks bintang Wolverhampton Wanderers ini memang langsung tampil gemilang dengan catatan enam gol dalam empat pertandingan terakhir.

Meski berposisi natural sebagai pemain sayap, Diogo Jota juga mampu bermain di sejumlah posisi lain di lini depan. Dengan demikian, ia bisa berganti-ganti peran dengan Sadio Mane dan Roberto Firmino guna membentuk lini depan yang cair.

2. Xherdan Shaqiri

Xherdan Shaqiri 

Sempat diprediksi akan hengkang musim panas lalu karena minimnya menit bermain, Xherdan Shaqiri mulai mendapatkan kepercayaan dari Jurgen Klopp musim ini. Sejauh ini ia sudah tampil lima kali dan menyumbangkan satu assist dan satu gol meski belum jadi pilihan utama di Liga Inggris.

Meski demikian, memainkan Xherdan Shaqiri menggantikan Salah menuntut perubahan pola permainan karena perbedaan kecepatan antara kedua pemain. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah memusatkan serangan di sisi lain lapangan demi memberi ruang kosong bagi Shaqiri di sisi kanan.

3. Takumi Minamino

Takumi Minamino 

Opsi ketiga yang bisa diambil Jurgen Klopp adalah memainkan Takumi Minamino sebagai pengganti Salah. Apalagi, sang manajer cenderung sedikit lebih memercayainya dibandingkan Shaqiri dengan telah memberinya menit bermain lebih banyak.

Namun, dengan belum memuaskannya penampilan Takumi Minamino selama ini Liverpool perlu melakukan perubahan formasi. Salah satunya, The Reds bisa bermain dengan pola 4-2-3-1 dengan bintang Jepang itu mengisi peran sebagai nomor 10.

LiverpoolMohamed SalahXherdan ShaqiriLiga InggrisBerita Liga InggrisTakumi MinaminoDiogo Jota

Berita Terkini