x

Layaknya Gareth Bale, Bek Bali United Ungkap Manfaat 'Terapi' Golf

Selasa, 1 Desember 2020 20:55 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Leonard Tupamahu di Bali United Cafe, Gianyar, Jumat (21-06-2019).

INDOSPORT.COM - Bek Bali United, Leonard Tupamahu membongkar rahasia di balik kegemaran bermain golf. Olahraga yang kerap dimainkan pesepakbola Wales, Gareth Bale, ini layaknya terapi untuk meredam emosinya.

Golf kerap menjadi rutinitas Leonard ketika Bali United tak ada latihan. Tak hanya saat pulang ke Jakarta, Leonard pun beberapa kali main golf di Bali. Nadeo Argawinata menjadi salah satu rekan setim yang kerap diajaknya bermain.

Olahraga ini pertama disukai Leonard ketika berseragam Persija Jakarta tahun 2006 lalu. Belasan tahun berlalu, olahraga ini masih setia dimainkan Leonard ketika tak ada latihan maupun pertandingan.

Baca Juga
Baca Juga

"Sekitar tahun 2006 yang mempengaruhi keluarga manajer Persija di Blitar dan pemain dari Singapura Noh Alam Shah," ucap Leonard, Selasa (01/12/20).

Leonard tak hanya berlatih atau main bersama rekan-rekannya. Pemain berusia 37 tahun ini juga pernah mengikuti Monthly Golf Turnament di Malang.

Bagi Leonard, olahraga ini lebih dari sekadar melepas penat. Dia menjadikan golf layaknya terapi untuk emosinya yang suka meledak-ledak di lapangan.

Baca Juga
Baca Juga

"Di golf, kita diajarkan untuk sabar, tenang, tidak boleh cepat kecewa dan fokus di setiap pukulan. Kita pun diajarkan sopan dan memuji teman main kalau pukulannya bagus. Ada kenikmatan tersendiri ketika kita bisa pukul bola jauh, lurus dan jatuh di tempat yang kita mau," jelas Leonard.

Golf tampaknya menjadi terapi yang tepat bagi Leonard. Hingga usia 37 tahun, Leonard masih bermain konsisten. Bahkan musim lalu dia berhasil membawa Bali United menjadi juara Liga 1 2019. Duetnya bersama Willian Pacheco menjadi salah satu yang terkuat di Liga 1 2019.

Gareth BaleLeonard TupamahuBali UnitedLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2020

Berita Terkini