x

Gantikan Haaland, Wonderkid Dortmund Cetak Rekor Mencengangkan di Bundesliga

Sabtu, 19 Desember 2020 04:50 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Kendati gagal bawa Borussia Dortmund menang, Youssoufa Moukoko mampu mencetak rekor sebagai pencetak gol termuda sepanjang masa Bundesliga Jerman.

INDOSPORT.COM – Penyerang muda dan juga wonderkid Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko menjadi pencetak gol termuda sepanjang masa Bundesliga Jerman usai menjebol gawang Union Berlin, Sabtu (19/12/20) dini hari WIB.

Pada pekan ke-13, Dortmund yang tengah goyah harus bertandang ke markas tim kejutan Bundesliga musim ini, Union Berlin. Secara peringkat, keduanya hanya berjarak empat poin saja di klasemen sementara.

Dortmund yang baru saja mengalami pergantian pelatih pun berusaha kembali ke performa terbaiknya di laga ini. Namun, usaha tersebut harus tertahan sebelum laga dimulai karena bomber utamanya, Erling Haaland harus absen akibat cedera.

Baca Juga
Baca Juga

Alhasil, Dortmund mengandalkan penyerang muda minim pengalaman, yakni Youssoufa Moukoko di laga kali ini. Penyerang berusia 16 tahun tersebut didapuk sebagai penyerang tunggal dalam skema 4-2-3-1.

Meski begitu, Youssoufa Moukoko tak tampil kikuk. Bahkan ia mampu mencetak gol di menit ke-60 bagi Borussia Dortmund yang lantas menjadikannya pencetak gol termuda sepanjang sejarah Bundesliga Jerman.

Moukoko mencetak gol perdananya di Bundesliga dengan sontekan keras memanfaatkan umpan Raphael Guerreiro. Gol tersebut pun terasa manis karena menjadi penyama kedudukan setelah Dortmund sempat tertinggal satu gol terlebih dahulu.

Gol tersebut pun menjadikannya pemain termuda yang mencetak gol di Bundesliga di mana usia Moukoko sendiri di laga kali ini baru 16 tahun 28 hari.

Baca Juga
Baca Juga

Ia mengalahkan rekor yang dipegang oleh Florian Wirtz (Bayer Leverkusen) yang mencetak gol di usia 17 tahun 34 hari pada musim 2019/20 lalu dan juga rekor dari Nuri Sahin yang mencetak gol di usia 17 tahun 84 hari.

Gol Moukoko di Bundesliga pun sejatinya telah dinanti-nanti. Apalagi sejak di akademi ia menjadi perbincangan karena kran golnya yang deras yang mencapai 141 gol dalam 88 pertandingan di level akademi.

Sayangnya, gol Youssoufa Moukoko tak mampu membawa Borussia Dortmund meraih poin di markas Union Berlin. Die Borussen harus menerima kekalahan setelah gol wonderkidnya tersebut dibalas tuan rumah sehingga unggul dengan skor akhir 2-1.

Bundesliga JermanBorussia DortmundBola InternasionalUnion BerlinLiga JermanSepak BolaBerita Liga JermanYoussoufa Moukoko

Berita Terkini