x

Menakar Peluang Manchester United Juara Liga Inggris Musim Ini

Sabtu, 2 Januari 2021 12:09 WIB
Editor: Coro Mountana
Selebrasi gol Scott McTominay di laga Manchester United vs Leeds United.

INDOSPORT.COM – Dengan kemenangannya atas Aston Villa dini hari tadi, marilah kita mencoba untuk menakar peluang Manchester United untuk menjadi juara Liga Inggris musim ini.

Tidak ada yang menyangka jika saat ini Manchester United sudah berhasil menempel ketat Liverpool di puncak klasemen sementara Liga Inggris. Padahal di awal musim, banyak orang sangsi dengan nasib Manchester United, tak terkecuali para fansnya.

Wajar saja, soalnya Manchester United di awal musim memang tampil sangat buruk. Hanya mampu mengoleksi 7 poin saja dari 6 laga awal merupakan catatan sangat buruk bagi Manchester United Ketika itu.

Baca Juga
Baca Juga

Apalagi, saat itu juga Manchester United menelan kekalahan memalukan 1-6 dari Tottenham Hotspur. Semakin menyakitkan, kekalahan itu didapatkan Manchester United Ketika sedang bertanding sebagai tim tuan rumah.

Tak pelak tidak banyak yang berani memprediki Manchester United bisa bersaing untuk gelar juara Liga Inggris. Namun ternyata seiring berjalannya waktu, Manchester United mulai menemukan konsistensi Bersama pelatih Ole Gunnar Solskjaer.

Sejak start buruk di 6 laga awal itu, Manchester United malah mencatatkan rekor tak terkalahkan dalam 10 pertandingan terakhir. Itu artinya kekalahan melawan Arsenal pada awal November lalu, merupakan kekalahan terakhir Manchester United sejauh ini.

Baca Juga
Baca Juga

Teranyar, Aston Villa yang musim ini menjelma menjadi kuda hitam dengan membantai Liverpool dan Arsenal, berhasil ditundukan oleh Manchester United. Hasil itupun membuat Manchester United kini menyamai poin Liverpool di puncak klasemen.

Praktis Manchester United hanya kalah selisih gol saja dari Liverpool. Keberhasilan itupun mengapungkan sebuah narasi, mungkinkah Manchester United mampu menjadi juara Liga Inggris di akhir musim ini.

Mengingat sudah lama sekali Manchester United tidak juara Liga Inggris sejak era Sir Alex Ferguson. Berikut, kami mencoba untuk melihat seberapa besar peluang Manchester United untuk menjadi juara Liga Inggris musim ini.


1. Manchester United, Calon Juara Liga Inggris

Selebrasi gol Anthony Martial di laga Liga Inggris Manchester United vs Aston Villa.

Dengan sama-sama mengoleksi 33 poin, Manchester United kini menjelma menjadi calon kuat juara Liga Inggris Bersama Liverpool. Jika mengacu pada hal konsistensi, sebenarnya peluang Manchester United untuk mencapai tujuan juara Liga Inggris sangat besar.

Soalnya rahasia agar bisa menjadi juara Liga Inggris adalah konsistensi untuk meraih kemenangan. Sebagai informasi saja hingga berita ini diturunkan, Manchester United jadi tim dengan jumlah kemenangan terbanyak (10) di Liga Inggris musim ini.

Lalu jika bicara laga tandang, Manchester United sangat menakutkan dengan sudah menang 6 kali dalam 7 pertandingan. Rekor kandang yang sempat buruk pun pelan-pelan mulai bisa diperbaiki dengan mengemas 4 kemenangan dari 9 laga.

Melihat rekor tandang yang sempurna dan kandang yang mulai membaik, wajar jika Manchester United jadi tim yang sangat kuat saat ini. Hanya saja jika bicara Liga Inggris, untuk menjadi juara sangatlah sulit apalagi musim ini.

Soalnya apapun bisa terjadi, seperti Manchester United dan Liverpool yang sempat dibantai tapi malah kini berada di 2 besar. Lalu Tottenham Hotspur yang sempat bersaing dengan Liverpool pun kini mulai terlempar dari 3 besar.

Melihat persaingan gelar juara Liga Inggris yang sangat dinamis musim ini, rasanya melihat posisi tim hingga bulan Maret adalah jawaban bijaknya. Biasanya Ketika memasuki bulan Maret, tim-tim mulai menemukan konsistensi permainannya.

Sehingga jika masih memimpin di puncak klasemen hingga Maret, biasanya mereka akan menjadi juara Liga inggris. Masalahnya, Manchester United sudah akan dihadang sejumlah jadwal super berat hingga Maret mendatang.

Dimulai dengan bertandang ke markas Liverpool pada 17 Januari, lalu lawan Arsena pada 30 Januari. Rangkaian jadwal berat lainnya pun menanti di bulan Februari hingga awal Maret, di mana Manchester United akan dihadang oleh Chelsea dan Manchester City.

Jika dalam 4 pertandingan itu, terutama saat lawan Liverpool, Manchester United masih bisa konsisten di 2 besar. Maka rasanya peluang Manchester United untuk menjadi juara Liga Inggris bakal sangat besar.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Manchester United pun tidak boleh kehilangan Bruno Fernandes sama sekali. Soalnya kontribusi playmaker Portugal itu sangatlah besar hingga membuat Manchester United alami ketergantungan pada Bruno Fernandes.

Statistik mencatat jika kontribusi gol Bruno Fernandes dapat mencapai total sepertiga gol Manchester United musim ini. Semakin mencengangkan, kontribusi gol dan assists Bruno Fernandes bahkan mencapai lebih dari setengah milik Manchester United.

Memaksimalkan potensi Bruno Fernandes memang tidak salah, toh itu juga yang membuat Manchester United kini menempel Liverpool. Tapi jika sesuatu yang buruk terjadi pada Bruno Fernandes, maka peluang Manchester United buat juara Liga Inggris pun bisa jadi kemustahilan.

Manchester UnitedLiverpoolAston VillaIn Depth SportsLiga InggrisFeatureBruno FernandesBerita Liga Inggris

Berita Terkini