x

3 Alasan Kuat Southampton Bisa Kalahkan Liverpool di Liga Inggris

Minggu, 3 Januari 2021 16:26 WIB
Editor: Coro Mountana
Pemain Southampton, Jan Bednarek, membobol gawang Manchester United yang dijaga David De Gea pada pertandingan Liga Inggris, Minggu (29/11/20)

INDOSPORT.COM – Berikut adalah 3 alasan kuat mengapa Southampton bisa mengalahkan Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris.

Southampton akan menjamu Liverpool di St. Mary’s Stadium pada Selasa (05/01/21) dini hari WIB. Duel sengit ini pastinya banyak orang akan menjagokan Liverpool untuk meraih kemenangan.

Apalagi kini poin mereka sudah disamakan oleh Manchester United, membuat Liverpool wajib untuk meraup poin penuh atas Southampton kali ini. Kebetulan Liverpool pun punya rekor pertemuan sangat baik atas Southampton.

Baca Juga
Baca Juga

Selain itu, dari materi pemain, Liverpool pun unggul jauh atas Southampton. Akan tetapi setidaknya ada 3 alasan kuat mengapa Southampton sebenarnya punya kekuatan lebih untuk mengalahkan Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris, apa itu?

Southampton, Penghancur Juara Bertahan

Southampton rupanya status sebagai tim penghancur juara bertahan sejak Liga Inggris edisi 1993. Tercatat, Southampton sejak itu sudah mengoleksi sedikitnya 10 kemenangan atas para juara bertahan Liga Inggris.

Mulai dari Manchester United, Blackburn Rovers, Arsenal, Chelsea, Manchester City hingga Leicester City adalah tim-tim yang yang dikalahkan Southampton. Padahal status mereka saat itu adalah juara bertahan Liga Inggris.

Baca Juga
Baca Juga

Liverpool yang kini berstatus sebagai juara bertahan Liga Inggris tentu harus berhati-hati. Melihat Southampton yang dalam sejarahnya punya kemampuan untuk menghancurkan para juara bertahan.

Sejarah sebagai tim pembunuh juara bertahan bisa dipakai oleh pelatih Ralph Hasenhuttl dalam membakar semangat para pemain Southampton. Jika para pemain sudah bersemangat, maka para pemain Liverpool lah yang nanti akan berada dalam bahaya.


1. Rekor Buruk Liverpool di Awal Tahun

Peluang Mohamed Salah di laga Newcastle United vs Liverpool.

Di samping status Southampton yang punya sejarah bagus melawan juara bertahan, mereka pun juga sepertinya bakal dibantu dengan rekor buruk Liverpool. Utamanya dalam awal tahun di mana Liverpool biasanya akan tampil buruk.

Liverpool tercatat hanya mampu menang sekali saja di laga tandang pada awal tahun dalam 8 kesempatan terakhir. Sisanya Liverpool imbang 4 kali dan kalah sebanyak 3 kali di laga tandang awal tahun.

Satu-satunya kemenangan di laga tandang awal tahun didapatkan Liverpool saat mengalahkan Burnley pada 2018 lalu. Bertandang ke markas Southampton di awal tahun akan menjadi yang kesembilan bagi Liverpool.

Jadi dengan kata lain, Liverpool ini suka kesulitan Ketika harus bermain di tandang awal tahun dalam 8 kesempatan terakhir. Bukan tidak mungkin situasi sama bakal terulang lagi mengingat peforma Liverpool juga sudah mulai loyo sejak akhir tahun lalu.

Peforma Loyo Liverpool

Setelah membantai Crystal Palace dengan skor 7-0, Liverpool tampak seperti loyo di dua laga terakhir pada akhir tahun lalu. Padahal Liverpool hanya melawan 2 tim papan bawah Liga Inggris seperti Newcastle United dan West Brom.

Akan tetapi di dua laga itu, Liverpool malah ditahan imbang alias telah kehilangan 4 poin penting. Mulai dari imbang 1-1 dengan Newcastle lalu dilanjutkan dengan ditahan tanpa gol oleh Newcastle United

Tampak jelas seperti tidak ada kerja sama manis antara Mohamed Salah dan Sadio Mane sehingga berdampak juga pada peforma loyo Liverpool. Padahal koordinasi Salah dan Mane selama ini merupakan kunci mengapa Liverpool bisa mencetak banyak gol.

Andai Salah dan Mane kembai tak mampu berkolaborasi dengan baik lagi nanti, itu bisa dimanfaatkan Southampton untuk meraih kemenangan. Memanfaatkan peforma loyo Liverpool adalah kesempatan terbaik Southampton untuk menang kali ini.

LiverpoolSouthamptonLiga InggrisTRIVIAFeatureBerita Liga Inggris

Berita Terkini