x

3 Masalah Utama yang Dihadapi Klopp Jelang Liverpool vs Man United

Jumat, 15 Januari 2021 19:25 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Jurgen Klopp punya tiga masalah jelang pertandingan Liga Inggris Liverpool vs Manchester United.

INDSOPORT.COM - Liverpool bakal menghadapi perlawanan Manchester United di ajang Liga Inggris, Minggu (17/01/21) malam WIB.

Pertemuan dua klub ini diprediksi bakal berlangsung sengit seperti biasa, mengingat mereka adalah rival abadi dan musuh bebuyutan sejak lama, bahkan ketika liga saat ini belum dikuasai klub-klub seperti Chelsea atau Manchester City.

Ini merupakan sebuah pertarungan klasik yang selalu dipenuhi tensi tinggi, tidak kalah istimewanya dari Derbi Merseyside yang dilakoni Liverpool bersama klub tetangga, Everton.

Selain itu, pertandingan Liverpool vs Manchester United akhir pekan ini juga menandakan kembalinya dua raksasa Liga Inggris bersaing di papan atas klasemen, yang mana sudah lama tidak terjadi.

Baca Juga
Baca Juga

Mungkin yang paling diingat publik terakhir kali adalah musim 2008-2009 silam. Saat itu, The Reds diisi sejumlah pemain seperti Steven Gerrard, Fernando Torres, Javier Mascherano, Xabi Alonso, dan masih banyak lagi.

Mereka tampil begitu mengancam dan terus membayangi Manchester United di klasemen, dibimbing oleh pelatih sukses asal Spanyol, Rafael Benitez.

Akan tetapi, punya skuat berkualitas dan penuh bintang serta pelatih hebat saja tidak cukup. Hasil akhir klasemen tetap ditentukan oleh jumlah poin yang berhasil diraih, bukan seberapa hebat isi sebuah tim.

Baca Juga
Baca Juga

Hal ini pula yang terjadi pada skuat Liverpool kala itu, di mana pada akhirnya mereka finis di posisi kedua klasemen akhir Liga Inggris dengan 86 poin, sedangkan Manchester United tampil sebagai juara dengan 90 poin.

Tahun demi tahun berlalu dan sekarang sudah saatnya pertempuran hebat ini kembali terjadi. Kondisi Liverpool dan Manchester United sekarang adalah salip-menyalip di klasemen, sehingga siapa pun yang menang nanti, dialah yang berjaya.

Jelang pertandingan Liverpool vs Manchester United ini, Jurgen Klopp bukan tidak lepas dari masalah, yang jika tidak segera dituntaskan tentu akan merugikan pihaknya. Apa saja ya kira-kira?


1. 3 Masalah yang Dihadapi Klopp Jelang Liverpool vs Man United

Jurgen Klopp punya tiga masalah jelang pertandingan Liga Inggris Liverpool vs Manchester United.

Banyak Buang Poin

Sepertinya masalah yang satu ini sudah jadi penyakit kambuh-kambuhan The Reds sejak lama. Kini pun terulang lagi sehingga menyebabkan Manchester United berhasil menyalip mereka di klasemen sementara Liga Inggris 2020-2021.

Sampai berita ini ditulis, Liverpool mengantongi 33 poin dan Manchester United 36 poin dari total pertandingan yang sama, 17. Mereka pun ditempel ketat Manchester City dengan 32 poin dan masih punya tabungan satu pertandingan.

Sebelum menang 4-1 kontra Aston Villa di Piala FA, Liverpool mencatat serentetan hasil naik-turun di liga, termasuk kemenangan kontra Tottenham Hotspur dan Crystal Palace.

Sisanya, mereka hanya bermain imbang melawan tim-tim seperti West Brom, Newcastle United, dan Fulham. Lalu yang paling menyakitkan adalah kekalahan tipis 0-1 dari Southampton.

Buang-buang poin adalah kesalahan yang memang lumrah terjadi, tapi Liverpool berbeda karena mereka adalah tim besar dengan ekspektasi yang besar pula. Skuat Jurgen Klopp harus keluar dari masalah ini jika ingin mempertahankan gelar Liga Inggris-nya.

Partner Fabinho

Masalah selanjutnya adalah mencari partner yang bisa dimainkan bersama Fabinho, mengingat Liverpool saat ini kekurangan stok bek tengah setelah Virgil van Dijk dan Joe Gomez cedera.

Fabinho adalah andalan Jurgen Klopp untuk saat ini, namun siapa yang akan menjadi partnernya di laga kontra Manchester United yang krusial ini? Pilihannya mungkin Joel Matip, Rhys Williams, atau Nathaniel Phillips.

Ya, tiga nama di atas adalah opsi utama yang bisa diambil Klopp dengan situasi yang ada sekarang. Ia bisa memilih Matip yang menit bermainnya bersama Fabinho tercatat lebih banyak ketimbang Williams dan Phillips.

Hanya saja, ketersediaan Matip bergantung pada kondisi fisiknya jelang hari H. Pasalnya, eks pemain Schalke tersebut saat sesi latihan tim hari Rabu kemarin. Kira-kira siapa ya yang akan dipilih Klopp untuk Fabinho?

Kondisi Fisik Pemain

Selain harus berkutat dengan badai cedera, Klopp juga harus memikirkan kondisi para pemainnya jelang laga Liverpool vs Manchester United. Pasalnya, mereka akan bertemu lagi dalam kurun waktu satu pekan setelahnya.

Seperti diketahui, The Reds dan The Reds Devils bakal kembali berhadapan setelah berjumpa di Liga Inggris hari Minggu ini. Semua berkat tangan ajaib Peter Crouch yang mempertemukan mereka di putaran empat Piala FA.

Jika tidak ada halangan, laga tersebut bakal digelar pada tanggal 24 Januari 2021 sore waktu setempat atau 25 Januari tengah malam WIB. Liverpool pun hanya punya waktu istirahat yang terbatas, itu belum termasuk jadwal melawan Burnley pada 21 Januari.

Manchester UnitedLiverpoolJurgen KloppLiga Primer InggrisLiga InggrisSepak BolaBerita Liga Inggris

Berita Terkini