x

Duel Antarlini Juventus vs Napoli di Supercoppa Italia: Perang Kecepatan di Sayap

Selasa, 19 Januari 2021 19:26 WIB
Editor: Coro Mountana
Aksi Cristiano Ronaldo di final Coppa Italia antara Napoli vs Juventus, Kamis (18/06/20) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM – Duel antarlini dari pertandingan Juventus vs Napoli pada ajang Supercoppa Italia diprediksi bakal sengit dengan adanya perang kecepatan di sisi sayap.

Juventus dan Napoli direncanakan akan bertanding pada ajang Supercoppa Italia di Stadio Citta del Tricolore, Kamis (21/01/21) dini hari WIB. Ini adalah ajang yang akan mempertemukan juara bertahan Serie A Italia, Juventus dengan Napoli, sang juara Coppa Italia musim lalu.

Layaknya Community Shield dan Piala Super Spanyol, turnamen Supercoppa Italia juga tak kalah bergengsinya. Oleh karena itu baik itu Juventus maupun Napoli, diyakini bakal habis-habisan untuk mendapatkan gelar juara di ajang ini.

Baca Juga
Baca Juga

Utamanya pelatih Andrea Pirlo, memenangkan Supercoppa Italia bisa menjadi gelar juara perdana baginya selama melatih Juventus. Sebaliknya, teman baik Pirlo yaitu Gennaro Gattuso, juga ingin mempersembahkan trofi bagi Napoli.

Menilik pada pertandingan terakhir, Napoli tampaknya bakal berada di atas angin setelah mampu membantai Fiorentina dengan skor telak, 6-0. Padahal Fiorentina ini merupakan tim yang berhasil mempermalukan Juventus dengan skor 3-0.

Di sisi lain, Juventus tampak sedikit linglung setelah dihempaskan Inter Milan dengan skor 0-2. Namun begitu, jalannya pertandingan ini diyakini bakal berlangsung sangat sengit, mengingat kedua tim diberkahi skuad bintang dari lini per lininya.

Baca Juga
Baca Juga

Dari kiper hingga striker, Juventus dan Napoli memiliki pemain jagoannya masing-masing. Namun menurut kami, titik berat duel antarlini kali ini bakal terjadi pada sektor gelandang area sayap di mana bakal ada perang kecepatan yang sangat menentukan di sana.

Kiper

Wojciech Szczesny vs David Ospina

Dari sektor kiper, Juventus besar kemungkinan akan diperkuat Szczesny, sedangkan Napoli dihadapkan pada pilihan 2 penjaga gawang yaitu Alex Meret dan David Ospina. Namun sepertinya pelatih Gattuso akan memilih Ospina yang dianggap lebih berpengalaman.

Jika Ospina yang bermain, maka kita akan melihat bagaimana perbandingan statistik antara dirinya dengan Szczesny. Jika melihat peforma musim ini, Ospina tampak lebih stabil dengan hanya kebobolan 11 gol dari 13 laga pada berbagai ajang.

Sebaliknya, Szczesny sudah kebobolan 20 gol dalam 18 pertandingan saja, dari sisi cleansheet pun Ospina unggul 5 banding 3. Dengan satu faktor lain Ospina lebih jarang melakukan blunder dibanding Szczesny, mungkin sektor dari kiper, Napoli sedikit lebih meyakinkan.


1. Bek

Pertarungan pemain Juventus dan Napoli di pekan ke-26 Liga Italia, Senin (04/03/19).

Leonardo Bonucci vs Kalidou Koulibaly

Berangkat pada sektor pertahanan di mana bakal adu kekuatan antara Leonardo Bonucci dari Juventus dengan batu karang Napoli, Kalidou Koulibaly. Kita akan melihat dua bek terbaik Serie A Italia yang dimiliki oleh Juventus dan Napoli.

Jika mengacu pada statistik WhoScored, ada perbedaan mencolok di antara Koulibaly dengan Bonucci. Koulibaly terlihat lebih unggul dalam aspek tekel dan blok, sedangkan Bonucci lebih baik dari sisi intersep dan clearances.

Hal ini menunjukan jika Bonucci yang lebih berpengalaman sering berada di posisi tepat sehingga jarang melakukan tekel. Namun harus diakui juga jika Bonucci mulai lamban termakan usia, sehingga energi lebih dari Koulibaly akan membuatnya lebih bertenaga.

Gelandang

Federico Chiesa vs Lorenzo Insigne

Sampailah kita pada highlight pada duel antarlini kali ini yaitu sektor gelandang, di mana kami akan lebih menyoroti pada sektor sayap. Kami meyakini siapapun yang memenangi duel di sisi sayap, maka ruang gerak untuk memukul lawan akan menjadi lebih besar.

Jika di Juventus ada Federico Chiesa, maka Napoli akan berharap banyak pada Lorenzo  Insigne. Sama-sama memiliki kecepatan mumpuni, Insigne dan Chiesa akan menjadi sosok sentral siapa yang bisa lebih baik dalam mengalirkan serangan pada striker utama.

Dari statistik, Insigne tampak lebih produktif dengan sejauh ini sudah memberikan 9 gol dan 4 assists bagi Napoli, beda dengan Chiesa yang baru 4 gol dan 2 assists. Dari sisi sayap, seharusnya Napoli akan lebih mematikan, apalagi jika mereka memakai skema serangan balik.

Striker

Cristiano Ronaldo vs Dries Mertens

Sedangkan untuk posisi striker, sepertinya ini akan menjadi adu ketajaman antara Cristiano Ronaldo dengan Dries Mertens. Jujur saja, Ronaldo jelas lebih unggul ketimbang Mertens, selain juga karena faktor striker Napoli jarang bermain akibat cedera.

Tapi Mertens bisa mengandalkan kekuatannya yang masih punya kecepatan untuk mengobrak-abrik pertahanan Juventus. Tentu hal itu berbeda dengan Ronaldo yang sekarang akan lebih banyak menjadi seorang finisher saja.

Setelah dari posisi kiper dan gelandang, Napoli lebih unggul, kini sektor striker jelas Juventus lebih mematikan. Namun begitu, semua duel antarlini tidaklah mutlak, tergantung bagaimana pelatih Juventus dan Napoli memanfaatkannya dalam masing-masing taktik di Supercoppa Italia.

Cristiano RonaldoLorenzo InsigneJuventusNapoliLeonardo BonucciPiala Super ItaliaWojciech SzczesnyDavid OspinaIn Depth SportsKalidou KoulibalyDries MertensFederico ChiesaFeature

Berita Terkini