x

Mengenal Ansan Greeners, Calon Klub Baru Asnawi Mangkualam

Sabtu, 23 Januari 2021 10:15 WIB
Editor: Coro Mountana
Klub Ansan Greeners FC.

INDOSPORT.COM – Bek kanan masa depan Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam dikabarkan akan segera bergabung dengan Ansan Greeners FC, klub Korea Selatan.

Melansir dari dari media Korea Selatan, KBS, Ansan Greeners mengklaim sedikit lagi akan meresmikan kedatangan Asnawi Mangkualam. Kepala dari klub Ansan Greeners sendiri, Joo Chan-yong bahkan menyebut jika sudah ada kontak dengan Asnawi sejak 19 Januari lalu.

“Pada tanggal 19 Januari, kami memutuskan untuk mendatangkan bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar. Kontraknya adalah satu tahun ditambah opsi perpanjangan satu tahun,” ujar Joo Chan-yong.

Baca Juga
Baca Juga

Kabar tersebut pun menghebohkan jagat sepak bola Indonesia mengingat Asnawi bakal jadi pemain pertama Merah Putih yang akan main di Korea Selatan. Semakin menghebohkan karena Asnawi sempat dikabarkan sudah resmi gabung dengan Ansan Greeners.

Namun dengan cepat, pihak PSM Makassar selaku klub induk Asnawi membantah kabar tersebut dengan menyebut Ansan Greeners belum resmi mengontraknya. Meski begitu PSM mengaku tak akan menahan kepergian Asnawi.

“Sesuatu yang bagus karena pemain muda asli binaan kami sekaligus bisa dikatakan sebagai ikon klub dikait-kaitkan dengan klub luar negeri,” ungkap Media Officer PSM Makassar pada Jumat (22/02/21).

Baca Juga
Baca Juga

Jadinya sekarang semua pihak pasti berharap Asnawi bisa benar-benar bergabung dengan Ansan Greeners. Soalnya ini semua tentu demi kebaikan Asnawi Mangkualam yang bisa belajar banyak mengenai kultur sepak bola Korea Selatan.

Sehingga nantinya, ujung-ujungnya, ilmu di Ansan Greeners, bisa dipraktekan oleh Asnawi begitu membela Timnas Indonesia. Masalahnya sekarang pasti banyak yang tidak mengenal Ansan Greeners itu klub seperti apa? Untuk itu berikut kami hadirkan profilnya.


1. Mengenal Ansan Greeners

Bek kanan PSM Makassar, Asnawi Mangkualam (merah marun), mencoba melewati hadangan pemain Barito Putera, Ambrizal Umanailo (kuning).

Wajar saja jika anda asing dalam mendengar nama calon klub baru Asnawi kali ini, soalnya Ansan Greeners memang kalah pamor ketimbang Pohang Steelers ataupun Seoul FC. Soalnya Ansan Greeners adalah klub divisi kedua Liga Korea Selatan.

Bahkan, umur dari klub Ansan Greeners pun baru 4 tahun, jadi calon klub baru Asnawi ini memang masih seumur jagung. Terletak di Ansan, pemerintahan kota setempat pertam kali mengumumkan akan mendirikan sebuah klub di sana pada 22 Juli 2016.

Dengan memakai stadion Ansan Wa, Ansan Greeners pun memulai petualangannya pada divisi 2 Liga Korea Selatan atau yang biasa dikenal dengan K League 2 pada musim 2017. Sayangnya hingga K League 2 musim lalu, Ansan Greeners masih belum mampu promosi ke K League 1.

Prestasi terbaik yang pernah diciptakan oleh Ansan Greeners sendiri terjadi pada musim 2019 di mana mereka hanya butuh satu poin saja untuk lolos ke babak play-off promosi. Sedangkan musim lalu, Ansan Greeners hanya mampu finish di posisi ketujuh.

Meski begitu menyambut K League 2 2021 kali ini, Ansan Greeners hadir dengan semangat baru dan serius ingin promosi ke K League 1. Dengan dinahkodai Pelatih baru, Kim Gil-sik, Ansan Greeners berharap banyak padanya.

Kebetulan rekam jejak Kim Gil-sik pun cukup mentereng di mana ia pernah menjadi asisten dan pelatih kepala untuk tim junior Korea Selatan. Tak hanya soal pelatih, Ansan Greeners pun serius mencari pemain baru.

Apalagi dengan dibukanya slot untuk pemain dari Asia Tenggara, membuat Ansan Greeners pun melirik pada sosok Asnawi. Bagi Ansan Greeners, Asnawi yang masih sangat muda bisa dipoles agar bisa menjadi senjata mematikan di sektor bek kanan.

Itulah profil mengenai Ansan Greeners, klub Korea Selatan yang punya ambisi bisa promosi ke K League 1. Hingga berita ini diturunkan, belum ada kabar lebih lanjut mengenai kepastian transfer Asnawi Mangkualam ke Ansan Greeners.

Korea SelatanPSM MakassarTimnas IndonesiaIn Depth SportsAsnawi Mangkualam BaharFeatureAnsan Greeners

Berita Terkini