x

3 Alasan Liverpool Wajib Datangkan Erling Haaland Musim Panas Nanti

Jumat, 12 Februari 2021 17:33 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Liverpool disarankan memboyong Erling Braut Haaland. Berikut 3 alasan The Reds wajib datangkan bintang Borussia Dortmund itu di bursa transfer musim panas.

INDOSPORT.COM – Liverpool disarankan memboyong Erling Braut Haaland. Berikut 3 alasan The Reds wajib datangkan bintang Borussia Dortmund itu di bursa transfer musim panas.

Berstatus sebagai juara bertahan, Liverpool kehilangan tenaga di Liga Inggris musim ini. Hingga pekan ke-23, The Reds tertahan di peringkat 4 klasemen dengan 40 poin dari 23 laga, tertinggal 10 poin dari pemuncak klasemen Manchester City.

Anak asuh Jurgen Klopp itu pun mulai akrab dengan kekalahan. Jika musim lalu mereka hanya kalah 3 kali dari 38 pertandingan liga, musim ini mereka sudah kalah 3 kali hanya dalam 5 pertandingan terakhir, termasuk 1-4 dari Manchester City akhir pekan lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Salah satu penyebab turunnya performa Liverpool musim ini adalah minimnya kedalaman skuat. Di lini belakang, absennya Virgil van Dijk, Joe Gomez, dan Joel Matip karena cedera membuat Klopp terpaksa mengubah dua gelandangnya yakni Fabinho dan Jordan Henderson menjadi bek tengah.

Sementara itu, di lini depan mereka tak punya pelapis berkualitas sehingga kerap kesulitan jika salah satu dari trio Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino Absen.

Situasi ini dinilai bisa diatasi dengan pembelian pemain yang tepat. Eks bek Liverpool, Glen Johnson, menyebut ada satu nama yang wajib diboyong di bursa transfer musim panas untuk membangkitkan The Reds musim depan, yakni penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland.

Baca Juga
Baca Juga

"Haaland adalah aset sempurna untuk tim papan atas mana pun saat ini. Dia besar, kuat, dan pencetak gol yang hebat," ungkap Johnson seperti dilansir dari Liverpool Echo.

Dengan umur yang baru 20 tahun, Haaland memang memiliki ketajaman yang luar biasa. Sepanjang musim ini, ia sudah mencetak 22 gol dari 22 pertandingan untuk Dortmund. Musim lalu, ia mencetak 16 gol dari 18 laga untuk Die Borussen.

Di sisi lain, ada setidaknya 3 alasan mengapa Liverpool wajib memboyong Erling Braut Haaland dari Borussia Dortmund di bursa transfer musim panas nanti. Apa saja alasannya?


1. Dari Strategi Hingga Finansial

Pemain Borussia Dortmund, Erling Haaland

1. Kebutuhan akan Penyerang Tengah Murni

Meski bukan penyerang tengah murni seperti Haaland, penurunan performa Roberto Firmino yang baru mencetak 6 gol musim ini jelas memengaruhi ketajaman Liverpool. Di sisi lain, kreativitas dan link up play-nya bersama Sadio Mane dan Mohamed Salah juga menurun sehingga memengaruhi performa kedua rekannya itu.

Kehadiran Haaland akan memberikan jaminan dalam satu hal yang menjadi kelemahan Firmino selama ini, yakni jumlah gol. Dengan penyelesaian akhir yang mumpuni, ia akan memberikan warna baru di lini depan Liverpool yang selama ini lebih mengandalkan Salah dan Mane untuk mencetak gol.

Dengan adanya tiga pemain depan yang punya kemampuan mencetak gol yang setara, hal ini tentunya akan menyulitkan lini belakang tim lawan Liverpool, dan memungkinan The Reds mencetak gol tak hanya dari sayap, tapi juga dari tengah.

2. Potensi Finansial

Tak bisa dimungkiri, Liverpool bakal membutuhkan dana besar untuk memboyong Haaland. Namun, harga mahal itu akan sepadan dengan ketajaman yang akan dihadirkannya ke skuat The Reds.

Di sisi lain, dengan usia yang baru 20 tahun dan bakat besarnya, The Reds bisa menjualnya lebih mahal lagi di masa depan, jika tak bisa mempertahankannya atau ia tak lagi cocok dengan skema tim. Dana itu pun nantinya bisa digunakan untuk memperkuat tim dengan pemain yang lebih tepat.

3. Mencegah Kepindahan ke Rival Liga Inggris

Selain Liverpool, Erling Haaland juga santer disebut menjadi bidikan rival mereka di Liga Inggris, Manchester City. Seperti diketahui, City terancam ditinggalkan Sergio Aguero yang kontraknya akan habis akhir musim ini. Selain itu, Chelsea juga diklaim meminati sang penyerang.

Jika City atau Chelsea berhasil mendapatkan jasa Haaland, hal itu tentu akan semakin menyulitkan upaya Liverpool untuk kembali berjaya di Liga Inggris. Untuk itu, Liverpool wajib bergerak cepat demi mencegah kedua rivalnya itu mendapatkan tambahan berharga dalam diri Haaland.  

Bursa TransferLiverpoolManchester CityBorussia DortmundRoberto FirminoLiga InggrisErling Braut HaalandBerita Liga InggrisBerita Bursa Transfer

Berita Terkini