x

Menerawang Masa Depan Timnas Prancis Besutan Zinedine Zidane

Minggu, 14 Februari 2021 22:08 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Zinedine Zidane jadi kandidat terkuat pengganti Didier Deschamps di Timnas Prancis.

INDOSPORT.COM - Zinedine Zidane digadang-gadang sebagai calon pengganti Didier Deschamps jika nanti sudah tidak lagi menangani Timnas Prancis.

Mencuatnya nama Zidane ternyata bukan tanpa asal-usul atau datang dari antah-berantah. Selain ia adalah legenda Les Blues, eksistensinya juga mendapat banyak dukungan dari mereka yang berkecimpung di industri sepak bola Prancis.

Para pendukung Les Blues sepertinya bakal senang-senang saja jika ternyata Zidane yang menggantikan Deschamps kelak. Pasalnya, dua pelatih ini sama-sama figur idola yang juga sangat dihormati.

Bak gayung bersambut, Zidane pun membuka pintu selebar-lebarnya untuk menangani Timnas Prancis suatu hari nanti. Namun untuk saat ini ia mengaku masih ingin fokus dengan tim yang sedang dibesutnya, Real Madrid.

“Hubungan saya dengan Le Graet (presiden PSSI-nya Prancis) sangat baik. Kami sudah mengenal satu sama lain sejak tahun 1998,” demikian pengakuan Zinedine Zidane, seperti diberitakan laman Football Espana.

Bakal ditunjuknya Zidane sebagai pelatih masa depan Timnas Prancis sendiri nampak sudah di depan mata. Berdasarkan pengakuan Noel Le Graet, pria yang juga akrab disapa Zizou tersebut adalah kandidat terbaik yang mereka miliki saat ini.

Bahkan, ia menempati urutan pertama, yang menandakan seberapa serius induk sepak bola Prancis meletakkannya sebagai prioritas utama. Dengan kata lain, jika orang-orang kesulitan mencari pekerjaan, Zidane sudah mem-booking satu untuk masa depan.

Baca Juga
Baca Juga

“Jika Didier berhenti dan saya masih di sini, orang pertama yang akan saya hubungi adalah Zidane,” kata Le Graet, seperti pernah diwartakan laman Goal Internasional.

Prancis nampaknya begitu mendambakan Zidane untuk pekerjaan ‘mulia’ ini, membawa Les Blues terus berjaya di kancah sepak bola dunia, seperti yang pernah ia lakukan dulu ketika masih aktif sebagai pemain.

Jika bicara soal sepak terjang di dunia kepelatihan, tentu Zidane tidak perlu diragukan lagi. Ia sudah membuktikan dirinya cukup layak mengemban tugas tersebut. Jika Real Madrid bisa, mengapa Timnas Prancis tidak?

Di luar area teknis, kembalinya Zidane ke Timnas Prancis akan menjadi sebuah era baru. Pasalnya, Didier Deschamps termasuk pelatih yang sangat awet menangani Les Blues, tepatnya sejak tahun 2012.

Prestasi terbaiknya adalah mengantarkan Timnas Prancis menjuarai Piala Dunia 2018. Ia dideskripsikan sang asisten, Guy Stephan, sebagai sosok yang selalu menatap ke depan.

Didier Deschamps memang punya catatan masa lalu sebagai seorang pesepak bola namun tidak pernah mengungkitnya atau menyombongkan diri.

Selain itu, ia juga sosok pelatih yang begitu demanding. Bukan hanya terhadap pemain dan staf, ia juga menuntut hal besar terhadap dirinya sendiri.

Baca Juga
Baca Juga

Jika ia pergi, Timnas Prancis tentu akan merasa sangat kehilangan. Akan tetapi, pria kelahiran 15 Okober 1968 tersebut masih punya waktu bersama skuat asuhanya saat ini setidaknya sampai gelaran Piala Dunia di Qatar.

Setelah itu, entah apa yang akan terjadi. Entah ia akan pergi atau memperpanjang kontrak. Jika pergi, apakah Zinedine Zidane penggantinya?

Seandainya Zidane benar-benar menjadi pelatih Timnas Prancis kelak, publik mungkin akan bertanya-tanya apakah ia bakal memanggil kembali Karim Benzema yang didepak Deschamps usai terseret skandal bersama mantan rekannya, Mathieu Valbuena.

Momen ini pun bisa jadi kesempatan bintang Real Madrid itu untuk merumput bersama Timnas Prancis lagi. Apalagi, belum lama ini ia juga mendapat dukungan langsung dari Zidane.

Menyusul kabar soal kans Benzema kembali ke Timnas Prancis untuk Olimpiade Tokyo, pelatih berkepala plontos tersebut mengaku akan sangat bahagia apabila hal tersebut jadi kenyataan nantinya. 

Zinedine ZidaneDidier DeschampsBola InternasionalTim Nasional PrancisSepak Bola

Berita Terkini