x

Southampton vs Chelsea: Adu Taktik Pelatih Jebolan Bundesliga Jerman

Jumat, 19 Februari 2021 16:15 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Southampton vs Chelsea.

INDOSPORT.COM – Chelsea akan menjalani laga berat dalam lanjutan Liga Inggris 2020/21 akhir pekan ini saat bertandang ke St. Mary’s Stadium markas Southampton, Sabtu (20/02/21) malam WIB.

Chelsea yang tengah dalam bulan madunya bersama Thomas Tuchel akan menjajal lawan tangguh yang tengah terpuruk yakni Southampton arahan Ralph Hasenhuttl.

Di laga ini, Chelsea pun menjadi unggulan sebab tengah berada dalam laju apik usai tak pernah tumbang di lima laga terakhirnya dengan rekor satu hasil seri dan empat kemenangan di bawah arahan Tuchel.

Baca Juga
Baca Juga

Lalu, Southampton yang disebut-sebut sebagai kuda hitam malah tengah terpuruk setelah tumbang di lima laga Liga Inggris terakhirnya, termasuk saat dicukur habis Manchester United dengan skor 0-9.

Wajar jika Chelsea diunggulkan di laga kali ini. Apalagi moral The Blues tengah tinggi bila dibandingkan tuan rumah Southampton.

Namun, Chelsea memiliki catatan buruk saat menghadapi tim tengah terpuruk. Tengok saja saat The Blues dipermalukan Arsenal yang saat itu tak pernah menang dan terdampar di papan tengah bawah Liga Inggris.

Baca Juga
Baca Juga

Dugaan bahwa Chelsea akan menang mudah pun bisa saja terpatahkan jika melihat gaya bermain Southampton di bawah arahan Hasenhuttl.

Akan tetapi, kali ini Chelsea berbeda seiring kedatangan Tuchel, tak seperti saat kedua tim bermain imbang 3-3 di duel pertama musim ini.

Tak pelak, laga Southampton vs Chelsea di pekan ke-25 Liga Inggris 2020/21 ini pun seakan menjadi duel taktik bagi dua pelatih jebolan Bundesliga Jerman pada diri Ralph Hasenhuttl dan Thomas Tuchel.


1. Adu Taktik Hasenhuttl vs Tuchel

Chelsea hanya bisa bermain imbang 3-3 saat menghadapi Southampton dalam lanjutan Liga Inggris 2020/21.

Sedikit berbicara mengenai duel, baik Thomas Tuchel dan Ralph Hasenhuttl pernah berduel sebelumya saat keduanya masih berada di Bundesliga Jerman.

Saat itu, Tuchel menukangi Borussia Dortmund dan Hasenhuttl menukangi RB Leipzig dan FC Ingolstadt. Keduanya diketahui telah bertemu sebanyak empat kali di Bundesliga di mana Tuchel mampu memenangkan tiga laga, sedangkan Hasenhuttl hanya mampu memenangi satu laga.

Di laga ini, kedua pelatih memainkan formasi hampir sama. Saat pertemuan pertama dan kedua, Tuchel menggunakan skema 4-1-4-1 sedangkan Hasenhuttl menggunakan skema 4-3-3.

Lalu di pertemukan ketiga dan keempat, Tuchel menggunakan 3-5-2 dan Hasenhuttl menggunakan skema 4-4-2.

Tuchel bisa dikatakan memenangi dua di antara empat laga tersebut secara beruntung mengingat perbedaan materi Dortmund dengan FC Ingolstadt arahan Hasenhuttl saat itu.

Namun, saat Hasenhuttl menukangi RB Leipzig, Tuchel dibuat tumbang dan hanya menang satu kali saja dengan skor tipis 1-0.

Baik Tuchel dan Hasenhuttl memiliki taktik yang sama yakni berpusat pada High Pressing di mana anak asuhnya akan menerapkan garis pertahanan tinggi yang membuat lawan kesulitan membangun serangan.

Metode High Pressing dari kedua pelatih ini pun dibarengi kecepatan, intensitas dalam menekan, dan serangan balik. Sehingga, keduanya terkadang dicap bermain dengan taktik Counter-Pressing.

Di laga Southampton vs Chelsea nanti, baik Hasenhuttl dan Tuchel diyakini akan menggunakan skema yang sama saat keduanya msih di Bundesliga yakni 4-4-2 dan 3-5-2.

Dengan filosofi dan taktik yang cenderung sama, maka kunci kemenangan keduanya ada berada pada penerapan Counter-Pressing yang mereka buat.

Biasanya, Southampton melakukan Pressing dengan menekan lawan agar memainkan bola ke tengah. Hal ini takkan jadi masalah bagi Chelsea yang memang sejauh ini di bawah Tuchel memainkan bola lewat Double Pivotnya.

Ujian sebenarnya pun akan hadir saat kedua tim berada dalam fase menyerang. Kunci untuk melakukan Counter-Pressing secara efektif itu sendiri akan berada pada dua wingernya.

Southampton jelas akan mengandalkan Stuart Armstrong bersama Mohammed Salisu. Sedangkan Tuchel akan mengandalkan Callum Hudson-Odoi dan Timo Werner yang akan mengeksploitasi ruang di lini pertahanan The Saints saat menekan.

Menarik dinantikan tentunya duel Liga Inggris dengan aroma Bundesliga Jerman ini. Akankah Ralph Hasenhuttl bersama Southampton mampu menambah rekor kemenangannya atas Thomas Tuchel dengan Chelsea?

SouthamptonChelseaBorussia DortmundPelatihThomas TuchelRB LeipzigLiga InggrisUlasan TaktikSepak BolaRalph Hasenhuttl

Berita Terkini