x

5 Duel Terbaik Chelsea dan Man United di Era Premier League, Setan Merah Dibantai 5-0!

Sabtu, 27 Februari 2021 13:50 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Duel antara pemain Chelsea, Willian (kanan) dengan pemain Manchester United, Anthony Martial di babak pertama Liga Inggris 2019-2020

INDOSPORT.COM – Di era Premier League atau Liga Inggris, Chelsea dan Manchester United bak musuh abadi karena keduanya menjadi tim tersukses dengan rentetan gelar di kompetisi ini.

Chelsea dan Manchester United menjadi dua tim tersukses karena mampu meraih lima gelar dan 13 gelar Liga Inggris atau Premier League yang berlangsung sejak 1992 silam.

Dengan fakta ini, pertemuan kedua tim terutama di era 2000 an selalu dinanti-nanti. Apalagi kedua tim dikenal memiliki sederet pemain berkelas dan ternama di dunia sepak bola.

Baca Juga
Baca Juga

Memang dalam 10 tahun terakhir, pamor kedua tim menurun. Namun tetap saja, bagi pecinta Liga Inggris, utamanya di tahun 2000 an, rivalitas Chelsea dan Man United sayang untuk di lewatkan.

Apalagi di musim ini baik Chelsea dan Manchester United tengah sama-sama berjuang untuk meraih misinya masing-masing.

Chelsea hendak menuntaskan misinya kembali ke empat besar. Sehingga laga melawan Man United di pekan ke-36 Liga Inggris 2020/21 harus dimenangkan bisa kembali ke papan atas.

Baca Juga
Baca Juga

Sedangkan Man United ingin mempertahankan posisi kedua dari kejaran para pesaingnya sembari berharap Manchester City tergelincir agar bisa memangkas jarak dan membuka asa menjuarai Liga Inggris 2020/21.

Tak pelak, laga ini diyakini akan berjalan ketat mengingat misi kedua tim. Banyak yang memprediksi kedua tim akan memainkan tempo cepat dan keras layaknya laga-laga di era 2000 an.

Untuk kembali mengasah memori para pecinta sepak bola akan panasnya rivalitas kedua tim, ada baiknya sedikit kembali mengenang lima duel terbaik antara Chelsea dan Manchester United di era Premier League. Berikut rangkumannya.


1. 5 Duel Terbaik Chelsea dan Manchester United

Harry Maguire saat laga Manchester United vs Chelsea

1. Chelsea 5 – 0 Manchester United (1999/2000)

Banyak yang menganggap Chelsea sebelum era Roman Abramovich adalah tim papan bawah. Tak salah, namun juga tak sepenuhnya benar.

Tak percaya? Tanya pada Sir Alex Ferguson kala Man United dibantai 5-0 oleh Chelsea pada musim 1999/00 di Liga Inggris.

Kala itu, Man United tampil dengan sebagian besar pemain utama seperti David Beckham, Jaap Stam, Phil Neville, Paul Scholes, Dwight Yorke, Dennis Irwin dan Andy Cole.

Namun, Chelsea mampu membuat Man United mati kutu di Stamford Bridge berkat gol Gustavo Poyet (2 gol), Chris Sutton, Henning Berg (gol bunuh diri), dan Jody Morris.

3. Manchester United 4 – 0 Chelsea (2019/20)

Jika Chelsea bisa menang besar di kandang saat menjamu Man United di Liga Inggris, maka Setan Merah pun bisa.

Kemenangan besar Man United atas Chelsea tercipta pada musim 2019/20 lalu. Saat itu, Setan Merah membungkam The Blues dengan skor 4-0 lewat gol Marcus Rashford (2 gol), Anthony Martial, dan Daniel James.

Kemenangan ini terasa manis bagi pendukung Man United sebab itu menjadi laga resmi perdana Frank Lampard sebagai pelatih Chelsea.

Tentu tak ada yang lebih menyenangkan ketimbang legenda rival dibuat malu bukan?

3. Chelsea 3 – 3 Manchester United (2011/12)

Laga apik dan panas antara Chelsea dan Manchester United selanjutnya tercipta di musim 2011/12 kala kedua tim bermain imbang 3-3. Di Stamford Bridge.

Chelsea mampu unggul tiga gol lebih dahulu lewat gol bunuh diri Jonny Evans, gol Juan Mata dan David Luiz. Siapa sangka, keunggulan tiga gol The Blues mampu terkejar oleh Man United berkat dua penalti yang diberikan Howard Webb serta satu gol Javier ‘Chicharito’ Hernandez.

Laga ini terbilang panas karena banyaknya drama termasuk teriakan penonton di Stamford Bridge kepada Rio Ferdinand setelah ban kapten John Terry di Timnas Inggris dicopot.

4. Chelsea 3 – 0 Manchester United (2005/06)

Laga ini mungkin menjadi laga paling dikenang fans Chelsea saat berhadapan dengan Man United. Sebab di laga ini, The Blues memastikan diri menjadi juara Liga Inggris 2005/06 usai menumbangkan Setan Merah dengan skor 3-0.

Sejatinya, di laga ini Chelsea hanya butuh hasil seri untuk meraih gelar keduanya dalam dua musim berturut-turut. Namun, The Blues nampak ingin menjadikan gelar juara tersebut berarti dengan kemenangan besar.

Chelsea membuka keunggulan lebih dulu lewat William Gallas dan kemudian aksi individu Joe Cole membuat gol kedua. Lantas Ricardo Carvalho mencetak gol ketiga yang mengakhiri laga.

Hasil ini cukup membuat Chelsea menggondol gelar keduanya dalam dua musim berturut-turut.

5. Manchester United 3 – 0 Chelsea (2008/09)

Setelah Chelsea menguasai Liga Inggris sejak 2004 hingga 2006, kini giliran Man United yang menguasai Liga Inggris 2007 hingga 2009.

Keunggulan Man United terlihat saat membungkam Chelsea dengan skor 3-0 di musim 2008/09 di Old Trafford.

Kala itu Chelsea yang diasuh Luiz Felipe Scolari dibuat tak berdaya oleh Man United yang mampu mencetak tiga gol lewat Nemanja Vidic, Wayne Rooney dan Dimitar Berbatov.

Kekalahan Chelsea ini ditonton langsung oleh Jose Mourinho yang hadir di tribun untuk melihat penampilan Man United karena bakal bertemu tim asuhannya, Inter Milan.

Hasil atas Chelsea ini kian membuat Man United di atas angin karena bisa mempertahankan gelar Liga Inggris dari kejaran rival abadinya, Liverpool.

Manchester UnitedChelseaOld TraffordDuel KlasikLiga InggrisStamford BridgeSepak Bola

Berita Terkini