x

Sejarah Kejayaan Swindon Town, Klub Divisi 3 yang Juarai Piala Liga Inggris

Senin, 15 Maret 2021 08:06 WIB
Editor: Indra Citra Sena
Pemain Swindon Town merayakan gelar juara Piala Liga Inggris usai mengalahkan Arsenal di final, 15 Maret 1969.

INDOSPORT.COM - Setiap klub sepak bola tentu pernah mengalami hari buruk dan hari baik di atas lapangan. Situasi bertolak belakang ini melebur dalam satu kejadian serta dirasakan oleh dua kubu yang berseberangan di final Piala Liga Inggris 1969.

Hari buruk menimpa Arsenal. Rentetan kesialan berupa wabah flu, cuaca buruk, dan kondisi lapangan yang tak layak pakai mengakibatkan mereka mesti menelan kekalahan dari kurcaci bernama Swindon Town, 15 Maret 1969.

Baca Juga
Baca Juga

Swindon Town adalah klub penghuni Divisi Tiga alias dua kasta di bawah habitat Arsenal (Divisi Satu) kala itu. Titel Piala Liga Inggris lenyap karena pasukan London Utara dipaksa menyerah 1-3 lewat pertarungan panjang nan menguras stamina selama 120 menit.

Sebaliknya, hari baik berlaku bagi Swindon Town, bahkan bisa dibilang sebagai momen terbaik sepanjang sejarah klub mengingat itulah satu-satunya prestasi membanggakan sejak berdiri pada 1879 hingga sekarang.

Arsenal barangkali direcoki wabah flu yang melanda sebagian besar pemain, tapi mereka tetap berusaha melancarkan tekanan bertubi-tubi ke jantung pertahanan Swindon sedari awal lewat kolaborasi John Radford-Bobby Gould.

Tahu diri, Swindon yang berpredikat kuda hitam memasang tujuh pemain bertahan guna menahan gempuran Arsenal. Strategi ini terbilang ampuh menghadirkan rasa frustrasi di benak barisan depan lawan.

Frustrasi Arsenal semakin menjadi lantaran kondisi lapangan tak rata dan berlumpur akibat hujan deras yang mengguyur wilayah London secara berkala serta jejak kaki kuda warisan acara Horse of the Year yang berlangsung sepekan sebelum final di Wembley.

Baca Juga
Baca Juga

Gencar menekan, gawang Arsenal justru kebobolan terlebih dulu akibat keteledoran di lini pertahanan. Miskomunikasi antara bek Ian Ure dengan kiper Bob Wilson memudahkan Peter Noble mengirimkan operan matang kepada Roger Smart yang berdiri bebas pada menit ke-35.

Pertandingan ini mesti berlanjut ke babak ekstra setelah Arsenal menyamakan skor menjelang akhir waktu normal. Bobby Gould mengambil keuntungan dari kesalahan elementer kiper Swindon, Peter Downsborough, yang berniat menyapu bola.


1. Lapangan Becek dan Wabah Flu

Skuat Swindon Town 1968-1969.

Memasuki babak ekstra, stamina pemain Arsenal terkuras karena kondisi lapangan dan fisik pemain yang terkena wabah flu. Hal ini membuka jalan Swindon Town untuk menyarangkan gol kemenangan lewat sepasang aksi Don Rogers pada menit ke-104 dan 119.

“Bukannya mencari alasan, tapi enam pemain terkena flu dan kondisi lapangan yang buruk benar-benar merusak permainan kami. Di luar itu, Swindon pantas juara karena telah bermain bagus,” ujar bek Arsenal kala itu, Frank McLintock.

Baca Juga
Baca Juga

Sejarah pun tercipta. Swindon Town mencatatkan diri sebagai klub Divisi Tiga kedua setelah Queens Park Ranger (1967) yang mampu menjuarai Piala Liga Inggris.

Susunan Pemain:

Arsenal (4-4-2): 1-Wilson; 2-Storey, 4-McLintock, 6-Simpson (12-Graham 71'), 3-McNab; 9-Court, 5-Ure, 8-Sammels, 11-Armstrong; 7-Radford, 10-Gould
Cadangan: ?
Pelatih: Mee

Swindon Town (7-2-1): 1-Downsborough; 4-Butler, 5-Burrows, 2-Thomas, 3-Trollope, 7-Heath, 8-Smart, 6-Harland; 9-Smith (12-Penman 77'), 10-Noble; 11-Rogers
Cadangan: ?
Pelatih: Williams

Stadion: Wembley (98.189)
Gol: Gould 86'/Smart 35', Rogers 104', 119'
Wasit: Handley
Kartu Kuning: -
Kartu Merah: -

ArsenalPiala Liga InggrisStadion WembleyLiga InggrisBerita Liga InggrisSejarahSwindon Town

Berita Terkini

Berita Terpopuler