x

Jalani Musim Istimewa, Man City Sudah Pantas Jadi Juara Liga Champions?

Rabu, 17 Maret 2021 12:40 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto

INDOSPORT.COM - Klub papan atas Liga Inggris, Manchester City lagi-lagi mempertontonkan performa luar biasa saat menyingkirkan Moenchengladbach di Liga Champions, tetapi apakah The Citizens sudah layak untuk akhirnya bisa merengkuh trofi si kuping besar musim ini?

Raksasa Liga Inggris, Manchester City, sukses mengandaskan Borussia Moenchengladbach dengan skor 2-0 pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions Eropa 2020-2021. Dua gol kemenangan City dicetak oleh Kevin De Bruyne (12') dan Ilkay Gundogan (18'). 

Dengan hasil ini maka skuad asuhan Pep guardiola berhak melenggang ke babak perempatfinal dengan agregat kemenangan 4-0. Hasil ini tentu sangat baik bagi Manchester Ciy dalam perjuangan mereka di Liga Champions musim ini. 

Baca Juga
Baca Juga

Kemenangan atas M'Gladbach menjadi ajang pembuktian terkini penampilan gemilang Manchester City di musim 2020-2021. Pada musim ini Pep Guardiola sukses mengembalikan Manchester City ke form terbaik mereka. 

Ilkay Gundogan mencetak gol di laga Liga Champions Manchester City vs Borussia Monchengladbach

Setelah sempat terpuruk di awal-awal musim, Man City kembali menjelma menjadi tim yang ditakuti. Di Liga Inggris mereka sukses mencatatkan 18 kemenangan dan hanya sekali kalah dari 21 laga terakhir yang dijalani. 

Kevin De Bruyne dkk langsung meroket ke puncak klasemen Liga Inggris dengan koleksi 71 poin meninggalkan Manchester United di posisi kedua dengan hanya 57 poin. 

Bukan soal hasil akhir saja, Manchester City juga sukses mempertontonkan penampilan yang impresif. Di Liga Inggris mereka menjadi tim tersubur dengan 64 gol sekaligus tim dengan pertahanan terbaik dengan hanya kebobolan 21 gol. 

Lalu, dengan modal seperti itu, apakah kali ini Manchester City bisa merebut gelar Liga Champions? Trofi yang mereka damba-dambakan di era pelatih Pep Guardiola. 

Baca Juga
Baca Juga

Keberhasilan melenggang ke perempatfinal dengan penampilan yang meyakinkan tentu semakin membuat Man City layak sebagai calon kuat peraih trofi Liga Champions musim ini. 


1. Menakar Kelayakan City Menjuarai Liga Champions

Apakah The Citizens sudah layak untuk akhirnya bisa merengkuh trofi si kuping besar musim ini?

Seperti yang disinggung sebelumnya, perkara kelolosan City bukan sekadar hasil akhir. Man City sukses menularkan dominasi di liga ke kompetisi Eropa. 

Pada laga melawan Moenchengladbach terlihat jelas pertahanan solid yang dimiliki Man City. Hal ini membuat mereka terdepan dalam persaingan juara, sebab pertahanan adalah hal kunci lain selain mencetak gol. 

Statistik mencatat, Manchester City hanya kebobolan satu kali dari keseluruhan delapan laga yang mereka lakoni di Liga Champions musim ini. City juga sukses menyamai AC Milan sebagai tim yang tidak pernah kebobolan di tujuh laga beruntun Liga Champions.  

Jelas ini bukan sekadar pencapaian biasa. Tak semua tim Eropa bisa membuat catatan ini yang membuat City semakin istimewa di Liga Champions 2020-2021. 

Jika ditotal dengan laga di Liga Inggris, maka City berhasil memenangkan 24 dari 25 laga mereka di seluruh kompetisi sejak imbang lawan West Brom pada 15 Desember 2020. Semenjak itu, City cuma kalah sekali dari Man United. 

Jumlah kemenangan dalam periode 25 laga City adalah yang terbaik dari seluruh tim di lima liga top Eropa. Dengan torehan spesial ini, maka tak ada alasan Man City tak diunggulkan untuk meraih Liga Champions musim ini. 

Bahkan, bisa dibilang ini adalah musim terbaik Manchester City untuk merebut gelar Liga Champions di era Pep Guardiola di bandingkan musim-musim mereka sebelumnya.  

Kabar baiknya, kesuksesan Man City berpotensi terbentang dalam waktu panjang. Ketiadaan penyerang veteran Sergio Aguero rupanya tak berpengaruh banyak pada performa City.

Para pemain muda City menjadi pihak yang paling berperan membawa City ke posisi seperti sekarang ini. Mereka yang tampil luar biasa musim ini di antaranya adalah Phil Foden, Gabriel Jesus, Kevin De Bruyne, dan Rodri. Semuanya berusia di bawah 25 tahun. 

Maka dari itu, musim ini adalah kesempatan terbaik bagi Manchester City untuk bisa merebut gelar juara Liga Champions pertama mereka. Jika tampil seperti ini terus tim seperti Bayern Munchen pun akan sulit menghentikan mereka musim ini.  

Manchester CityLiga ChampionsPep GuardiolaLiga InggrisBerita Liga InggrisBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini