x

Hasil Pertandingan Liga Europa Shakhtar Donetsk vs AS Roma: Bintang Pinjaman Bawa Roma Melaju

Jumat, 19 Maret 2021 02:50 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga

INDOSPORT.COM – Berikut hasil pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Europa antara Shakhtar Donetsk vs AS Roma, Jumat (19/03/21). Borja Mayoral bawa Roma lolos ke perempat final.

Kompetisi Liga Europa kini memasuki leg kedua babak 16 besar. Salah satu laga akan mempertemukan antara wakil Ukraina, Shakhtar Donetsk yang akan menjamu duta Serie A Italia, AS Roma, Jumat (19/03/21) dini hari WIB.

Berstatus sebagai tim tamu, Giallorossi punya keuntungan besar usai menang 3-0 di leg pertama. Akibatnya, pelatih Paulo Fonseca menyimpan sejumlah andalan seperti Henrikh Mkhitaryan dan Gianluca Mancini.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara itu, Shakhtar yang butuh menang 4-0 menurunkan tim terbaik termasuk trio Tete, Junior Moraes, dan Manor Solomon di lini depan.

AS Roma membuka babak pertama dengan tampil lebih menyerang. Baru menit keenam, mereka sudah mendapatkan peluang lewat Borja Mayoral. Sayangnya, tendangannya dari dalam kotak penalti masih melambung di atas mistar.

Tersentak oleh upaya itu, tuan rumah mulai lebih agresif. Tujuh menit kemudian, Alan Patrick melepaskan sundulan ke arah gawang Roma, tapi hanya membuahkan sepak pojok.

Leonardo Spinazzola di sayap kiri menjadi andalan Serigala Ibu Kota dalam melancarkan serangan. Beberapa kali aksinya menerobos ke depan menyulitkan pertahanan Shakhtar tapi masih gagal membuahkan hasil.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara itu, Alan Patrick kembali membuang peluang setelah tembakan jarak jauhnya masih bisa diamankan oleh Pau Lopez.

Di menit ke-34, giliran Junior Moraes yang menyia-nyiakan kesempatan usai sundulannya dari jarak dekat masih melenceng tipis di sisi gawang Roma.

Butuh 4 gol membuat Shakhtar Donetsk terus menyerang. Namun ketatnya pertahanan Marash Kumbulla dkk dan buruknya penyelesaian akhir membuat babak pertama akhirnya berakhir dengan hasil 0-0.


1. Borja Mayoral Tampil Gemilang

Borja Mayoral mencetak gol di laga Shakhtar Donetsk Vs As Roma di Liga Europa

Tiga menit babak kedua berjalan, AS Roma menjadi pihak yang sukses mencetak gol pertama di laga ini. Memanfaatkan kemelut di kotak penalti, Borja Mayoral sukses menceploskan bola ke gawang Shaktar lewat sundulannya. Giallorossi pun kini unggul agregat 4-0.

Tak mau menyerah begitu saja, Junior Moraes dkk tampil lebih agresif menggempur pertahanan Giallorossi.

Hasilnya, di menit ke-60 mereka berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat tendangan Junior Moraes memanfaatkan bola pantul. Skor agregat pun menjadi 4-1 masih untuk keunggulan Borja Mayoral dkk.

Sukses mencetak gol membuat Shakhtar makin terpacu untuk mengejar ketertinggalan. Sayangnya, asyik menyerang membuat mereka lengah.

Di menit ke-72, Borja Mayoral kembali beraksi untuk mencetak gol keduanya di laga ini. Memanfaatkan assist Carles Perez, pinjaman Real Madrid ini melepaskan tembakan jarak dekat yang tak bisa dihentikan Anatolii Trubin. Giallorossi kembali unggul 2-1.

Sisa waktu dimanfaatkan tim tuan rumah untuk setidaknya menghindari kekalahan di kandang sendiri. Namun, hingga akhir laga tak ada gol tambahan yang tercipta. 

AS Roma pun memenangi laga ini dengan skor 2-1 dan lolos ke babak perempat final lewat agregat 5-1.

Susunan pemain:

Shakhtar Donetsk (4-3-3): Trubin; Dodo, Vitao, Kryvtsov, Matviyenko; Patrick, Antonio, Maycon; Tete, Moraes, Solomon.

AS Roma (3-4-2-1): Lopez; Ibanez, Cristante, Kumbulla; Karsdorp, Diawara, Villar, Spinazzola; Perez, Pedro; Mayoral.

Liga EuropaAS RomaShakhtar DonetskBorja MayoralHasil PertandinganBerita Liga Europa

Berita Terkini