x

Bedah Kualitas Dusan Vlahovic, Bintang Muda Balkan Calon Bomber Masa Depan AC Milan

Minggu, 21 Maret 2021 12:41 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Membedah kualitas Dusan Vlahovic, striker muda Fiorentina asal Serbia yang jadi buruan utama AC Milan untuk menggantikan Ibrahimovic di bursa transfer.

INDOSPORT.COM - Membedah kualitas Dusan Vlahovic, striker muda Fiorentina asal Serbia yang jadi buruan utama AC Milan untuk menggantikan Ibrahimovic di bursa transfer. 

Stefano Pioli ingin memboyong mantan anak buahnya sekaligus penyerang Fiorentina, Dusan Vlahovic, sebagai penerus Zlatan Ibrahimovic di lini depan AC Milan.

Zlatan Ibrahimovic sendiri disebut ingin memperpanjang kontraknya yang akan habis akhir musim ini. Namun, dengan usianya yang sudah 39 tahun dan fisiknya yang mulai menurun, Rossoneri ingin mendatangkan penyerang yang bisa menjadi penerus sang veteran di masa depan.

Salah satu kriteria yang diinginkan Direktur Klub Paolo Maldini adalah rekrutan baru tersebut masih berusia muda dan punya potensi yang bagus. Dilansir Sempre Milan, satu nama yang kini menjadi target Milan dan memenuhi kriteria tersebut adalah Dusan Vlahovic, penyerang Fiorentina.

Baca Juga
Baca Juga

Baru berusia 21 tahun, Dusan Vlahovic tampil cukup baik di musim ini yang merupakan musim ketiganya bersama La Viola. Dari 26 laga Serie A Italia, ia berhasil mencetak 12 gol alias hanya tertinggal 2 gol dari Ibrahimovic.

Di sisi lain, Dusan Vlahovic pun diketahui memiliki kedekatan dengan Stefano Pioli. Ia sempat menjadi anak buah Pioli ketika sang pelatih masih membesut Fiorentina pada musim 2018/2019.

Munculnya nama Vlahovic di radar AC Milan pun tidak lepas dari peran Pioli yang sangat menyukai permainannya dan mengusulkan namanya kepada manajemen Rossoneri.

Fakta bahwa keduanya pernah bekerja sama pun membuat Vlahovic diyakini tidak akan kesulitan beradaptasi di AC Milan musim depan. AC Milan bisa melihat kualitasnya langsung karena mereka akan bersua Fiorentina akhir pekan ini. 

Dusan Vlahovic sendiri masih terikat kontrak hingga Juni 2023 di Fiorentina sejak diboyong dari Partizan Belgrade di bursa transfer musim panas 2018. Meski demikian, La Viola diyakini tidak keberatan melepasnya dengan harga yang sesuai.

Baca Juga
Baca Juga

Lalu, sesungguhnya seperti apa kualitas seorang Dusan Vlahovic sampai-sampai klub sebesar Milan tertarik kepadanya? Berikut telah kami siapkan ulasannya. 


1. Bedah Kualitas Dusan Vlahovic

Dusan Vlahovic (tengah) berusaha melewati lawan pada laga Fiorentina vs AS Roma di Liga Italia 2019-20, Sabtu (21/12/19).

Dusan Vlahovic merupakan striker muda terbaik di Serbia saat ini. Masih berusia 21 tahun ia sudah menembus tim utama Fiorentina dan bahkan telah mencetak 12 gol musim ini. 

Dusan Vlahovic bergabung dengan La Viola pada Juli 2018 dari klub Partizan Belgrade. Vlahovic sendiri adalah produk asli akademi Partizan. Ia hengkang ke Fiorentina dengan uang tebusan hanya 1 juta euro saja. 

Namun siapa sangka, striker kelahiran Belgrade ini memiliki potensi besar hingga akhirnya menjadi salah satu striker muda paling diminati di bursa transfer tahun ini. 

Di musim perdananya bersama La Viola, Dusan Vlahovic tak langsung bermain di skuad senior. Ia ditempatkan di tim primavera. 

Di kompetisi Primavera 1, Dusan membuat sensasi dengan mencetak 11 gol dari 13 laga putaran pertama. Ia juga mengukir 6 gol dari 3 laga Coppa Italia Primavera. 

Pencapaian itu membuatnya tergabung ke dalam tim senior Fiorentina di putaran kedua Serie A Italia. Namun, dari 10 pertandingan di tim senior, ia belum berhasil mencetak gol. 

Barulah pada musim 2019-2020 Dusan Vlahovic diberi kesempatan tampil sejak putaran pertama di tim senior Fiorentina. Performanya pun terbilang lumayan mengingat skuad Fiorentina saat itu cukup pas-pasan. 

Dusan Vlahovic menyarangkan 8 gol dan 2 assist dari 34 laga Fiorentina di seluruh kompetisi. Dan pencapaian itu terus membaik di musim ini. 

Dari 26 laga Serie A Italia, Vlahovic telah menyarangkan 12 gol. Catatan yang terbilang bagus bagi striker yang masih berusia 21 tahun. 

Apalagi, tahun 2020 lalu ia dipanggil ke tim senior Timnas Serbia. Di bawah asuhan Dejan Stankovic, ia mengoleksi empat caps dengan kontribusi satu gol. 

Jika ditotal, maka Dusan saat ini telah mencetak 20 gol (73 laga) untuk Fiorentina senior, 20 gol (22 laga) untuk Fiorentina Primavera , dan 3 gol (27 laga) untuk Partizan Belgrade senior. 

Sebagai seorang penyerang, Dusan Vlahovic adalah sosok striker sejati. Ia bukan pemain yang versatile karena posisi terbaiknya adalah striker murni. 

Kelebihan utama dari Dusan Vlahovic adalah kemampuannya dalam melakukan finishing di depan gawang. Gaya mainnya memang sedikit lebih konservatif. 

Akibatnya, ia tidak begitu bagus dalam dribel, menahan bola, dan membantu pertahanan. Dengan tinggi 1,90 m Dusan Vlahovic lebih ganas sebagai target man. 

Ia memiliki kemampuan tembak yang bagus. Dusan juga sangat berbahaya dalam situasi set piece. Ia terkadang bisa mengambil bola-bola mati walau lebih sering menjadi target man. 

Melihat gaya bermainnya, Dusan Vlahovic memang cukup mirip dengan Zlatan Ibrahimovic. Keduanya sama-sama berposisi striker murni, berbadan jangkung, dan memiliki akurasi tembakan yang bagus.

Walau statistiknya belum sebagus Zlatan, namun melihat usianya yang masih 21 tahun, Dusan Vlahovic diyakini akan lebih berguna bagi AC Milan. Jika I Rossoneri berminat kepadanya, maka sebaiknya manajemen Milan harus segera mendatangkannya di bursa transfer Liga Italia nanti karena saat ini nilai pasar Dusan  masih di bawah 20 juta euro.  

Bursa TransferAC MilanFiorentinaDusan VlahovicLiga ItaliaBerita Liga ItaliaBerita Bursa Transfer

Berita Terkini