x

Tak Hanya Polisi, Piala Menpora Juga Dijaga Pengamanan Khusus

Minggu, 21 Maret 2021 13:44 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Prosedur pengamanan di Piala Menpora tidak hanya dilakukan polisi.

INDOSPORT.COM - Perhelatan Piala Menpora tinggal menyisakan hitungan jam untuk dimulai. Turnamen pramusim Liga 1 ini bakal mulai melakukan kick-off mulai pukul 15.30 WIB sore nanti.

Pertandingan antara Arema FC vs Tira-Persikabo menjadi pembuka turnamen Piala Menpora hari ini, yang mana event-nya harus berlangsung dalam suasana pandemi Covid-19. Jadi, seluruh laga digelar dalam protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga
Baca Juga

Salah satunya adalah keharusan seluruh pertandingan dilaksanakan tanpa penonton. Selain itu, demi lancar dan amannya perhelatan Piala Menpora, tak hanya pihak kepolisian yang turun untuk menjaga keamanan.

Sebab, nantinya ada tim pengaman tambahan dari swasta yang turut menjaga kondisi perhelatan Piala Menpora. Real Guard Indonesia atau RGI ikut hadir dalam pengamanan pelaksanaan turnamen pramusim ini.

Baca Juga
Baca Juga

PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI sebagai penyelenggara Piala Menpora memberi kepercayaan kepada RGI untuk pola pengamanan hingga pelaksanaannya.

Penyelenggaraan turnamen ini harus lancar tanpa hambatan, demi penerapan protokol kesehatan yang maksimal di tengah pandemi Covid-19 yang belum hilang.


1. Penempatan dan Tugas Tim RGI

Kepolisian dibantu tim RGI untuk pengamanan Piala Menpora 2021.

Tim RGI sudah ada di masing-masing kota tempat penyelenggaraan babak penyisihan grup Piala Menpora, termasuk di Stadion Manahan, Solo.

Dalam pelaksanaan pengamanan nanti, tim RGI ikut memastikan di dalam stadion hanya terdapat 299 orang. Jumlah itu sesuai dengan rekomendasi protokol kesehatan yang ada untuk gelaran Piala Menpora.

Jumlah 299 orang tersebut terdiri dari beberapa pihak yang sudah dirinci. Mulai pemain, ofisial, panitia, perangkat pertandingan, media, dan juga keamanan. Lalu, apa saja tugas-tugasnya?

"Kemudian ada dua tugas utama saat RGI harus memberi keutamaan. Pertama, mempersiapkan diri dengan patuh terhadap protokol kesehatan," ujar Bim Bim selaku tim RGI.

"Selanjutnya yang kedua kami akan bekerja secara optimal, membantu tim keamanan dari panpel. Ini demi kesuksesan turnamen perdana di era pandemi," imbuhnya.

Dalam turnamen piala Menpora terdapat total 39 pertandingan, di mana 17 tim Liga 1 akan saling beradu taktik untuk menjadi yang terbaik.

PSSILiga IndonesiaPiala MenporaPT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Bola Indonesia

Berita Terkini