x

Penyakitnya Memburuk, Shin Tae-yong Dilarikan ke Korea Selatan dengan Ambulans Udara

Sabtu, 27 Maret 2021 15:30 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong terpaksa dilarikan ke Korea Selatan dengan ambulans udara karena penyakitnya memburuk.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia kini gigit jari, persiapan menjelang kualifikasi Piala Dunia bisa jadi kian tak mantab karena Shin Tae-yong harus pulang ke Korea Selatan. Penyakitnya memburuk, pelatih itu sampai dilarikan dengan ambulans udara.

Kondisi Corona yang meraja rela nampaknya memang benar-benar mengganggu dunia sepak bola Tanah Air. Bayangkan saja, setelah membuat Liga 1 Indonesia terpaksa ditangguhkan setahun penuh, kini prestasi timnas merah putih juga bisa tertahan.

Baca Juga
Baca Juga

Alami terjun bebas peringkat FIFA ke posisi 173, niat PSSI cukup jelas, meningkatkan lagi potensi sepak bola hingga tingkat lanjut. Shin Tae-yong pun ditunjuk sebagai pengganti Simon McMenemy yang buat Timnas Indonesia babak belur di kualifikasi Piala Dunia.

Setelah tunjukkan perkembangan bagus di pemusatan latihan Timnas U-19 dan U-23, juru taktik asal Negeri Ginseng itu malah terinfeksi Corona. Didiagnosa penyakit Covid tanpa gejala, kondisinya pun mulai berangsur membaik setelah dapat penanganan medis.

Akan tetapi, bak keluar dari mulut harimau, masuk mulut buaya, kesehatan mantan pelatih Timnas Korsel itu malah kian memperihatinkan. Alhasil, ia putuskan pulang kembali ke negeri asalnya dengan biaya yang ditanggung sendiri.

Baca Juga
Baca Juga

"Covid-19 saya sudah negatif setelah melakukan perawatan, tetapi penyakit kronis lain memburuk dan putuskan kembali ke Korea untuk dirawat lebih lanjut. Sebelum ini penyakit saya sama sekali tak diketahui selama dua minggu," ucapnya dilansir Yonhap News.

Mengingat kondisinya yang tidak stabil, Shin Tae-yong pun memutuskan menyewa ambulans udara alias pesawat jet pribadi agar bisa segera kembali ke negara asalnya. Hal ini juga didasarkan fakta jika ia tak cocok pesawat komersil biasa.


1. Shin Tae-yong Wajib Naik Jet Pribadi dengan Biaya Sendiri

Shin Tae-yong harus pulang ke Korsel dengan ambulans udara.

Mengutip laman asal YNA, Kedutaan besar Korea Selatan kabarnya hanya menawarkan penyewaan jet pribadi tanpa ada lakukan konsultasi dengan Kemenpora dan PSSI. Hal ini lantas membuat sang pelatih harus merogoh kocek sendiri untuk biaya pulangnya.

Kepulangannya naik pesawat kabarnya mencapai 130 juta won (Rp1,6 miliar). Sang pelatih sendiri berucap: "Saya ingin menghabiskan waktu satu bulan di Korea dengan semua staf pelatih dari tanggal 29 hingga 30 bulan depan didasari konsultasi dengan PSSI."

Kepergian sang juru taktik ini pun bisa jadi masalah utama agenda yang sudah direncanakan sedemikian rupa. Maklum saja, Timnas Indonesia masih memiliki kompetisi kualifikasi Piala Dunia dan SEA Games 2021 yang bakal bergulir dalam waktu dekat.

Meskipun mustahil lolos ke babak lanjutan perebutan tiket pesta sepak bola sejagad 2022 mendatang, kompetisi kualifikasi ini sendiri bisa jadi pembuktikan perkembangan Timnas kelak. Mereka pun dijadwalkan bertanding lawan Vietnam, UEA, dan Thailand Juni nanti.

Terlepas dari ancaman kurangnya persiapan Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia, ambulan udara yang ditumpangi Shin Tae-yong dijadwalkan berangkat pada pukul 08:30 dari Jakarta. Nantinya ia akan tiba di Bandara Incheon di hari yang sama.

PSSIKorea SelatanTimnas IndonesiaBola InternasionalSepak BolaBola IndonesiaKualifikasi Piala Dunia 2022Shin Tae-yongVirus Corona

Berita Terkini