x

3 Fakta Menarik Asnawi Mangkualam Usai Lakoni Debut di Korea Selatan

Senin, 29 Maret 2021 10:13 WIB
Editor: Coro Mountana

INDOSPORT.COM - Berikut adalah 3 fakta menarik Asnawi Mangkualam usai melakukan debut bersejarah di Korea Selatan bersama Ansan Greeners.

Tepat Minggu (28/03/21) sore WIB, Asnawi Mangkualam akhirnya menorehkan debutnya bersama Ansan Greeners di Korea Selatan. Asnawi diturunkan sejak awal laga dalam putaran kedua Piala FA Korea melawan Yangpyeong.

Memang Yangpyeong hanyalah tim kasta keempat Liga Korea Selatan, sedangkan Ansan Greeners berada di divisi kedua. Meski terpisah sejauh dua divisi, ternyata Yangpyeong berhasil menyulitkan Ansan Greeners.

Baca Juga
Baca Juga

Asnawi yang turun sebagai bek kanan dengan nomor punggung 41, akhirnya mendapat kesempatan berharga berduel dengan para pemain asli Korea Selatan di Yangpyeong. Untungnya bagi Asnawi, debutnya pun berakhir manis.

Di mana Asnawi Mangkualam turut berhasil membantu Ansan Greeners meraih kemenangan tipis 1-0 atas Yangpyeong. Gol tunggal kemenangan Ansan Greeners dicetak oleh Jae-min Shim.

Meski belum mampu mencetak gol, tapi setidaknya ada pengalaman dan pelajaran yang bisa dipetik oleh Asnawi dari laga debutnya. Mulai dari berduel dengan para pemain Korea Selatan, serta merasakan langsung atmosfer bermain di salah satu liga terbaik Asia.

Baca Juga
Baca Juga

Patut diketahui kalau Liga Korea Selatan masuk sebagai salah satu liga terbaik Asia meninggalkan Indonesia. Selain itu, masih banyak fakta menarik usai kita melihat Asnawi Mangkualam debut di Korea Selatan dengan Ansan Greener, apa saja?


1. Pemain Termuda di Starting XI

Pemain Indonesia, Asnawi Mangkualam Dalam Laga Debut di Korea Selatan Bersama Ansan Greeners FC

Fakta menarik pertama adalah Asnawi Mangkualam ternyata merupakan pemain termuda di starting XI Ansan Greeners di laga melawan Yangpyeong. Usia Asnawi saat debut dengan Ansan Greeners berada di angka 21 tahun.

Memang, penyerang sayap Ansan yaitu Geon-joo Choi juga sama-sama berusia 21 tahun. Tapi kalau melihat dari bulan lahir, maka tetap Asnawi jadi pemain termuda di starting XI Ansan Greeners melawan Yangpyeong.

Tak hanya itu, di starting XI Yangpyeong, ternyata masih Asnawi Mangkualam jadi yang termuda. Tentu ini pertanda bagus bagi Asnawi karena ia mendapat kesempatan mahal bermain dengan dan lawan yang jauh lebih tua darinya, di Korea Selatan pula lagi.

Dipercaya Tampil 90 Menit dan Clean Sheets

Tak hanya sekadar melakoni debut dan membantu Ansan Greeners meraih kemenangan, tapi juga Asnawi menorehan hal positif lain. Yaitu, Asnawi secara mengejutkan akhirnya dipercayakan langsung tampil penuh selama 90 menit.

Memang cukup jarang kita melihat ada pergantian di posisi bek sayap sehingga mungkin itu membuat peluang Asnawi tampil 90 menit jadi besar. Hanya saja, bermain sebagai bek sayap apalagi di Korea Selatan yang sangat mengutamakan fisik dan stamina.

Merupakan hal yang sulit dan tantangan dari pelatih Ansan Greeners, Gil-sik Kim ternyata bisa dijawab dengan cukup baik oleh Asnawi. Meski begitu, Asnawi tidak boleh berpuas diri dan harus terus meningkatkan kemampuannya agar bisa diberi waktu main lagi.

Lawan Selanjutnya Ansan Greeners

Lawan selanjutnya Ansan Greeners di putaran ketiga Piala FA Korea adalah Asan, sebagai sesama wakil dari divisi kedua Liga Korea Selatan. Asan ini jika dilihat dari peformanya sebenarnya baru saja dikalahkan oleh Ansan Greeners di liga.

Melihat fakta itu, tentu besar harapan kita melihat bisa saja Asnawi akan diturunkan lagi di putaran ketiga Piala FA Korea. Mengingat lawannya yaitu Asan sebenarnya praktis bisa diatasi oleh Ansan Greeners.

Sehingga kesempatan untuk dimainkan di akhir April nanti melawan Asan terbuka cukup lebar. Atau asalkan Asnawi Mangkualam terus bekerja keras, siapa tahu nanti ia akan diberi kesempatan debut di Liga Korea Selatan, doa kami menyertaimu kawan.

Korea SelatanBola InternasionalAsnawi Mangkualam BaharTRIVIAFeatureAnsan Greeners

Berita Terkini