x

4 Rekor yang Tercipta di Laga Dortmund vs Man City: Guardiola Samai Mourinho

Kamis, 15 April 2021 08:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga

INDOSPORT.COM – Berikut 4 rekor yang tercipta usai Manchester City bekuk Dortmund 2-1 di leg kedua 8 besar Liga Champions, termasuk Pep Guardiola yang samai Jose Mourinho.

Liga Champions 2020/2021 memasuki putaran kedua babak perempat final. Usai dua laga yang digelar pada Rabu (14/04/21) dini hari WIB, dua laga kembali dilangsungkan pada Kamis (15/04/21) dini hari, salah satunya Borussia Dortmund vs Manchester City.

Tampil sebagai tim tamu, The Citizens punya modal keunggulan 2-1 di leg pertama yang digelar pekan lalu. Dengan demikian, anak asuh Pep Guardiola ini hanya butuh hasil seri untuk mengakhiri kutukan selalu gagal menembus semifinal.

Baca Juga
Baca Juga

Meski demikian, Dortmund tak mau menyerah begitu saja karena kemenangan 1-0 sudah cukup meloloskan mereka lewat aturan agresivitas gol tandang.

Asa Manchester City melaju ke semifinal menipis ketika Borussia Dortmund sudah unggul 1-0 ketika laga baru berjalan 15 menit, lewat aksi Jude Bellingham.

Upaya City menyamakan kedudukan tak kunjung berhasil sehingga babak pertama berakhir dengan keunggulan Die Borussen.

Namun, keadaan berbalik di babak kedua. Di menit ke-55, handsball Emre Can di kotak terlarang membuat wasit memberikan hadiah penalti kepada City yang dieksekusi dengan sempurna oleh Riyad Mahrez.

Baca Juga
Baca Juga

Dua puluh menit kemudian, Phil Foden membawa City berbalik unggul 2-1 lewat tendangan keras dari luar kotak penalti memanfaatkan skema sepak pojok.

Skor 2-1 untuk kemenangan City bertahan hingga peluit panjang berbunyi. Phil Foden dkk pun lolos ke semifinal dengan agregat 4-2 atas Borussia Dortmund.

Di sisi lain, laga City vs Dortmund dini hari tadi juga menghasilkan sejumlah rekor mencengangkan, salah satunya membuat Pep Guardiola kini sejajar dengan rival beratnya, Jose Mourinho. Apa saja rekor tersebut? Berikut ulasannya:


1. 3 dari Manchester City, 1 dari Borussia Dortmund

Pep Guardiola dan Jose Mourinho.

Guardiola Samai Mourinho

Kesuksesan membawa Manchester City lolos ke semifinal Liga Champions musim ini, membuat Pep Guardiola kini tercatat telah 8 kali menembus babak 4 besar itu sepanjang karier kepelatihannya, yang terentang bersama Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester City.

Torehan itu pun membuat sang pria Spanyol menjadi pelatih yang paling banyak melakukannya, bersanding dengan salah satu rival beratnya, Jose Mourinho. Keduanya juga sejajar dalam hal raihan trofi UCL sebagai pelatih yakni 2 kali memenanginya.

Phil Foden Ikuti Jejak Kylian Mbappe

Dua laga melawan Dortmund menjadi momen Phil Foden memamerkan sinar gemilangnya. Sang pemain muda sukses mencetak masing-masing 1 gol untuk City di kedua laga, baik di leg pertama maupun leg kedua. Uniknya, kedua gol tersebut sama-sama menjadi gol penentu kemenangan.

Torehan dua gol itu membuat Foden yang berusia 20 tahun menjadi pemain termuda kedua yang sukses mencetak gol di kedua leg babak perempat final Liga Champions. Ia hanya kalah dari Kylian Mbappe di musim 2016/2017 (AS Monaco vs Borussia Dortmund).

Puasa Riyad Mahrez Berakhir

Gol penalti Riyad Mahrez ke gawang Borussia Dortmund dini hari tadi mengakhiri puasa golnya untuk Manchester City di Liga Champions yang sudah berjalan sepanjang 14 pertandingan.

Terakhir kali Mahrez mencetak gol untuk The Citizens terjadi pada September 2019 ketika menghadapi Shakhtar Donetsk di fase grup.

Sinar Cerah Jude Bellingham

Dalam usia 17 tahun dan 289 hari, Jude Bellingham menjadi pemain termuda kedua yang sukses mencetak gol di fase gugur Liga Champions. Ia hanya kalah dari eks wonderkid Barcelona, Schalke, yang membobol gawang Schalke pada April 2008 (17 tahun 216 hari).

Di leg pertama lalu, Bellingham juga menjadi pemain termuda kedua yang tampil sebagai starter di fase gugur Liga Champions. Posisi pertama lagi-lagi ditempati Bojan Krkic.

Manchester CityJose MourinhoLiga ChampionsBorussia DortmundPep GuardiolaPhil FodenBerita Liga Champions EropaJude Bellingham

Berita Terkini