x

Deretan Bintang Leeds United yang Membelot ke Manchester United, 3 Nama Jadi Legenda

Sabtu, 24 April 2021 15:33 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Leeds United akan menjamu Manchester United di Liga Inggris, Minggu (25/04/21). Berikut ini 4 bintang Leeds yang membelot ke MU, 3 di antaranya jadi legenda.

INDOSPORT.COM – Leeds United akan menjamu Manchester United di Liga Inggris, Minggu (25/04/21). Berikut ini 4 bintang Leeds yang membelot ke MU, 3 di antaranya jadi legenda.

Liga Inggris kini memasuki gelaran pekan ke-33. Sejumlah duel panas akan terjadi, termasuk pertemuan dua rival klasik yakni Leeds United vs Manchester United, Minggu (25/04/21) pukul 20.00 WIB.

Secara peringkat di klasemen, kedua tim terpisah cukup jauh dengan MU di peringkat 2 sedangkan Leeds di posisi 10. Namun, duel ini tetap menjanjikan tensi panas. Pasalnya, kedua tim memiliki rivalitas sejak lama, yang bahkan terkait dengan faktor sejarah.

Baca Juga

Dikenal sebagai Roses Derby alias Derby Mawar, rivalitas Leeds dan MU terkait dengan perang saudara pada tahun 1400an, antara keluarga York dan Lancaster yang memperebutkan takhta kerajaan Inggris.

Rivalitas ini menjalar ke sepak bola karena Leeds berbasis di wilayah Yorkshire sedangkan Manchester United di Lancashire.

Kedua tim pun sempat terlibat persaingan di papan atas Liga Inggris, sebelum kemudian The Whites terdegradasi dan baru kembali ke kasta tertinggi musim ini.

Baca Juga
Baca Juga

Di sisi lain, meski terlibat dalam rivalitas panas, tak sedikit pula pemain kedua tim yang kemudian menyeberang kubu. Tak jarang, mereka kemudian mendapatkan kesuksesan yang lebih besar di klub yang baru, dan bahkan menjadi legenda.

Berikut ini 4 bintang Leeds United yang membelot ke Manchester United dan meraih kesuksesan bersama Setan Merah:


1. 3 Nama Menjelma Jadi Legenda Manchester United

Eric Cantona saat membela Manchester United.

Eric Cantona

Posisi teratas dalam daftar ini ditempati Eric Cantona. Bergabung dengan Leeds pada 1991/1992 usai meninggalkan Prancis, Cantona sukses membawa The Whites menjuarai kasta teratas Liga Inggris di musim perdananya. Namun, di musim kedua ia mulai kerap membuat ulah sehingga kerap dicadangkan.

Pada November 1992, Sir Alex Ferguson menanyakan ketersediaan Eric Cantona di bursa transfer kepada Leeds, dan The Whites pun memutuskan menjualnya. Sejak itu, Cantona pun menjadi bintang andalan Setan Merah.

Membela MU selama 4,5 musim hingga pensiun, ia membawa MU meraih 4 gelar Liga Inggris, 2 Piala FA, serta 3 Charity Shield. Cantona juga tercatat mencetak 82 gol dari 185 penampilan untuk MU.

Rio Ferdinand

Alan Smith dan Rio Ferdinand sebelum menjadi rekan setim di MU.

Mengawali karier di West Ham, Rio Ferdinand bergabung dengan Leeds pada November 2000. Sempat kesulitan, Ferdinand akhirnya jadi andalan dan membantu timnya lolos ke semifinal Liga Champions, dan bahkan menjadi kapten tim menggantikan Lucas Radebe.

Namun, usai tampil apik di Piala Dunia 2002, Rio Ferdinand hijrah ke MU dengan banderol 20 juta pounds dan menjadi pemain Inggris termahal pada saat itu.

Bersama MU, ia sukses membentuk duet tangguh bersama Nemanja Vidic di lini belakang dan menjadi salah satu bek tengah terbaik yang pernah dimiliki MU. Ia pada akhirnya bermain 12 musim di Old Trafford dan meraih sejumlah gelar termasuk 6 trofi Liga Inggris dan 1 Liga Champions.

Alan Smith

Alan Smith sudah bergabung dengan akademi Leeds United sejak kecil, sebelum menembus tim utama pada 1998 ketika berusia 18 tahun. Ia kemudian menjadi andalan The Whites selama 6 musim dengan catatan 228 penampilan di semua kompetisi dan mencetak 56 gol.

Smith kemudian bergabung dengan Manchester United pada 2004 setelah Leeds terdegradasi dan mengalami krisis keuangan. Menariknya, Sir Alex Ferguson kemudian mengubah posisi bermain Alan Smith dari penyerang menjadi gelandang bertahan.

Sempat menjadi andalan di musim pertama, menit bermain Alan Smith terus menurun hingga akhirnya dilepas ke Newcastle pada 2007. Bersama MU, ia meraih 1 gelar Liga Inggris.

Denis Irwin

Mengawali perjalanan di akademi Leeds, Denis Irwin menjalani debut di tim utama pada 1983. Namun usia mencatatkan 82 penampilan dalam 3 musim, bintang Irlandia ini kemudian pindah ke Oldham. Tampil gemilang selama 4 tahun di klub barunya, Irwin pun diboyong MU pada 1990.

Sejak musim pertamanya, Denis Irwin langsung menjadi pilihan utama di sektor bek kiri. Pada akhirnya ia membela MU selama 12 musim dan mencatatkan lebih dari 500 penampilan di semua kompetisi. Ia juga membawa MU memenangi banyak trofi, termasuk 7 Liga Inggris dan 1 Liga Champions.

Manchester UnitedRio FerdinandEric CantonaDenis IrwinLeeds UnitedAlan SmithLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini