x

Dua Pemain Keturunan Indonesia Bawa Timnya Juara dan Promosi ke Eredivisie Belanda

Minggu, 25 April 2021 11:00 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor:

INDOSPORT.COM - Dua pemain keturunan Indonesia bernama Ragnar Oratmangoen dan Jasper ter Heide baru saja mencatatkan prestasi mengesankan di Belanda.

Ragnar Oratmangoen dan Jasper ter Heide sukses membawa timnya bernama SC Cambuur meraih juara kasta kedua Liga Belanda (Eerste Divisie) musim 2020-2021 dan berhak promosi ke kasta tertinggi (Eredivisie) musim depan.

Baca Juga
Baca Juga

Saat laga penentu melawan Jong AZ pada Sabtu (24/4/2021), SC Cambuur berhasil menang dengan skor 4-2. Ragnar Oratmangoen yang bermain sebagai starter mencetak satu assist saat gol kedua SC Cambuur yang dicetak oleh Robert Muehren.

Kemudian Jasper ter Heide menjadi pemain pengganti dan baru masuk ke lapangan pada menit ke-84 menggantikan Michael Breij. Kemenangan itu membuat SC Cambuur tidak bisa terkejar lagi di puncak klasemen Eerste Divisie musim 2020-2021 dengan koleksi 85 poin dari 35 laga.

Baca Juga
Baca Juga

Seperti diketahui, Ragnar Oratmangoen merupakan pemain muslim yang memiliki darah Indonesia dan Belanda. Sedangkan Jasper ter Heide merupakan pemain keturunan Indonesia, Belanda dan Korea Selatan.

Menurut laporan dari Football Talentnesia, Ragnar Oratmangoen kabarnya sangat tertarik untuk bisa membela timnas Indonesia. Bahkan dirinya dikabarkan juga sedang menunggu panggilan pelatih Shin Tae-yong.


1. Jasper ter Heide Pilih Bela Korea Selatan Ketimbang Timnas Indonesia

Pemain keturunan Indonesia, Jasper ter Heide saat masih berseragam Jong Ajax.

Jasper ter Heide memang menghadapi situasi sulit karena dirinya punya banyak pilihan untuk membela timnas Indonesia, Belanda atau Korea Selatan.

Namun pemain jebolan akademi Ajax Amterdam itu tetap bersikeras untuk membela Korea Selatan, meski akan sulit untuk mendapatkan paspor dari Negeri Gingseng tersebut.

"Bakal sulit bagi saya memiliki paspor Korea. Ayah saya lahir di Korea, tapi diadopsi pada usia muda dan tidak punya paspor sana. Untuk mendapatkan paspor Korea, Anda harus tinggal di sana selama enam bulan dan ikut wajib militer," kata Heide dilansir dari Voetbalzone.

Korea SelatanEredivisie BelandaTimnas IndonesiaBola InternasionalSC CambuurRagnar Oratmangoen

Berita Terkini