x

Thierry Henry: Pemain Impor Terbaik Liga Inggris Sepanjang Masa

Selasa, 27 April 2021 17:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Momen Thierry Henry mencetak gol ke-100 untuk Arsenal dalam pertandingan Liga Inggris kontra Birmingham City, 12 Januari 2003.

INDOSPORT.COM – Thierry Henry menjadi salah satu pemain yang masuk Hall of Fame Liga Inggris bersama Alan Shearer. Dari kedua nama tersebut, Henry menjadi salah satu nama yang menarik perhatian. Tentu masuknya ia dalam daftar tersebut tak lepas dari prestasinya.

Pada Februari lalu, Premier League alias Liga Primer Inggris resmi mengumumkan kehadiran Hall of Fame di kompetisi tersebut.

Kini, pada Senin (26/04/21), Liga Inggris pun resmi mengumumkan dua sosok yang menjadi dua penghuni pertama Hall of Fame tersebut. Keduanya adalah legenda Arsenal, Thierry Henry, dan legenda Newcastle United, Alan Shearer.

Baca Juga
Baca Juga

Sama-sama berposisi sebagai penyerang tengah, Shearer dan Henry memang memiliki prestasi yang terbilang istimewa.

Meski hanya mampu memenangi satu gelar Liga Inggris bersama Blackburn Rovers, Alan Shearer adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa di kompetisi tersebut lewat torehan 260 gol yang ia ciptakan bersama Blackburn dan Newcastle.

Sementara itu, Thiery Henry memiliki ketajaman yang tak kalah hebat dengan 175 gol di Liga Inggris bersama Arsenal.

Baca Juga
Baca Juga

“Dimasukkan bersamaan dengan Alan Shearer sebagai dua nama pertama ke dalam Hall of Fame Liga Inggris adalah hal yang sangat istimewa,” ungkap Thierry Henry.

Membahas mengapa Alan Shearer masuk dalam daftar Hall of Fame Liga Inggris adalah sebuah hal yang biasa jika mengingat statusnya. Lalu bagaimana dengan Thierry Henry? Apa yang telah ia perbuat bersama Arsenal hingga masuk dalam daftar ini? Berikut pencapaiannya di Liga Inggris.


1. Produk Impor Terbaik Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Ekspresi Thierry Henry usai mencetak gol untuk Arsenal dalam pertandingan Liga Inggris kontra Tottenham Hotspur, 13 November 2004.

Thierry Henry tercatat sebagai bomber yang paling banyak menjadi top skorer. Ia mampu menjadi top skorer selama empat musim yakni 2001/02 (24gol), 2003/04 (30 gol), 2004/05 (25 gol), dan 2005/06 (27 gol).

Total 258 laga telah ia mainkan di Liga Inggris bersama Arsenal di mana ia mencetak 175 gol dan 74 assist atau dengan kontribusi gol sebanyak 249 gol.

Dengan kata lain, ia selalu memberi kontribusi setidaknya satu gol untuk Arsenal selama 86 menit sekali bertanding. Rasio ini menjadi yang terbaik sepanjang sejarah Liga Inggris.

Dalam satu musim, Henry pernah mencetak 24 gol dan 20 assist dalam 33 laga. Catatan itu menjadikannya memegang rekor pemain dengan gol dan assist terbanyak dalam satu musim kompetisi Liga Inggris.

20 assistnya juga menjadikannya pemain pertama di Liga Inggris yang mencetak 20 assist dalam semusim. Torehan itu mampu disamai Kevin De Bruyne bersama Manchester City.

Dari 175 gol yang telah ia buat di Liga Inggris, Henry mencetak 114 gol di antaranya di Highbury (markas Arsenal dulu). Hal itu menjadikannya pemain dengan gol terbanyak di satu stadion saja.

Henry juga menjadi satu dari dua pemain yang mencetak 20 gol atau lebih dalam lima musim beruntun. Salah satu pemain lainnya adalah Sergio Aguero.

Dari gelar individu, Henry juga menjadi pemain pertama yang terpilih sebagai pemain terbaik Liga Inggris selama dua musim berturut-turut. Ia melakukannya pada musim 2002/03 dan 2003/04. Catatan ini selanjutnya disamai Cristiano Ronaldo.

Dengan raihan dan catatan individu tersebut, pantas Henry disebut sebagai salah satu produk impor terbaik sepanjang masa Liga Inggris. Entah kapan lagi pecinta Liga Inggris bisa melihat pemain komplit sepertinya.

ArsenalThierry HenryAlan ShearerLiga InggrisSepak Bola

Berita Terkini