x

Tinggalkan Klub Meksiko, Mantan Kapten Manchester United Resmi Pensiun

Kamis, 13 Mei 2021 11:55 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Mantan kapten Manchester United, Antonio Valencia, resmi gantung sepatu usai menutup kariernya bersama klub Meksiko, Queretaro.

INDOSPORT.COM – Mantan kapten Manchester United, Antonio Valencia, resmi gantung sepatu usai menutup kariernya bersama klub Meksiko, Queretaro.

Kabar mengejutkan datang dari Manchester United. Melalui situs resminya, raksasa Liga Inggris itu mengumumkan bahwa mantan kapten mereka, Antonio Valencia, telah resmi gantung sepatu alias pensiun dari dunia sepak bola pada Rabu (12/05/21) waktu setempat.

Menariknya, tanggal pensiunnya Valencia ini terjadi tepat 2 tahun setelah penampilan terakhirnya bersama Setan Merah.

Baca Juga
Baca Juga

Seperti diketahui, Valencia bergabung dengan MU pada musim panas 2009 usai tampil gemilang bersama Wigan Athletic.

Mengawali karier sebagai gelandang sayap, bintang Ekuador itu berubah peran menjadi full back kanan yang tangguh.

Etos kerjanya membuat ia beberapa kali dipercaya menjadi kapten termasuk di final Liga Europa melawan Ajax, sebelum kemudian diangkat menjadi kapten tetap pasca kepergian Wayne Rooney dan pensiunnya Michael Carrick.

Selama 10 tahun bermain di Old Trafford, Antonio Valencia mencatatkan 339 penampilan di semua kompetisi, dan menyumbangkan 25 gol serta 62 assist.

Baca Juga
Baca Juga

Ia juga membantu Manchester United memenangi sejumlah gelar, di antaranya 2 gelar Liga Inggris, 1 gelar Piala FA, 2 Piala Liga Inggris, dan 1 Liga Europa.

Usai meninggalkan MU pada 2019, ia kembali ke Ekuador untuk bermain bersama LDU Quito, sebelum hijrah ke Queretaro di Meksiko yang menjadi klub terakhirnya. Penampilannya terjadi pada 9 Mei lalu saat menghadapi Santos Laguna.


1. Pesan Perpisahan Antonio Valencia

Antonio Valencia

Sebagai ucapan perpisahan, Antonio Valencia pun menuliskan pesan kepada para penggemar Manchester United, yang diunggah di situs resmi klub.

“Saat masih berumur 14 tahun, saya meninggalkan keluarga, kampung halaman, dan tim pertama saya untuk pindah ke ibu kota. Perjalanan itu penuh nostalgia tapi juga banyak mimpi serta harapan," ujar Valencia.

“Beberapa tahun kemudian, saya pindah ke Eropa, sesuatu yang tak pernah saya bayangkan. Saya bermain di Spanyol, kemudian rumah kedua saya: Inggris. Wigan adalah pengalaman unik, lalu Tuhan memberi saya kesempatan bermain di Manchester United.”

“Saya tidak akan pernah melupakan semua yang saya alami di Old Trafford. Saya tidak akan pernah melupakan semua gol, semua trofi, dan para fans yang luar biasa.”

“Saya tidak menduga momen ini datang secepat ini, tapi tubuh saya mendorong saya mengambil keputusan ini. Saya resmi pensiun dari sepak bola. Terima kasih kepada semua orang yang jadi bagian dalam karier dan kehidupan saya.”

Manchester UnitedEkuadorAntonio ValenciaWigan AthleticLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini