x

Joan Laporta Paksa Ronald Koeman untuk Terapkan Formasi Ini di Barcelona

Minggu, 16 Mei 2021 00:51 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Prio Hari Kristanto
Presiden Barcelona, Joan Laporta, memberikan ultimatum kepada Ronald Koeman usai gagal membawa timnya berjaya di LaLiga Spanyol.

INDOSPORT.COM - Presiden Barcelona, Joan Laporta, memberikan ultimatum kepada Ronald Koeman untuk mengubah formasi usai gagal membawa timnya berjaya di LaLiga Spanyol. 

Nasib apes nyatanya memang menyertai Blaugrana beberapa tahun terakhir dan musim lalu menjadi saat paling parah. Tak cuma menanggung malu di tingkat domestik melainkan juga dipermalukan Bayern Munchen dengan skor 2-8 saat lakoni Liga Champions.

Baca Juga
Baca Juga

Bak sudah jatuh tertimpa tangga, krisis finansial mereka juga mustahil menemukan solusinya imbas utang 1,3 miliar euro (Rp22 triliun). Sampai kehilangan banyak bintang karenanya, Messi pun nyaris angkat kaki gara-gara tak bahagia.

Hadirnya Koeman pun tak bawa perubahan berarti ketika keterpurukan melanda kubu merah biru sebelum akhirnya sukses bawa Copa del Rey. Kapasitas pelatih ini kian diperhitungkan ketika mantabkan taktik lewat para pemain muda.

Sebut saja Pedri, Frenkie de Jong, Ilaix Moriba, Ansu Fati, Oscar Mingueza yang mampu bantu isi kekosongan pemain inti El Barca. Sempat catatkan 14 laga tak terkalahkan di LaLiga Spanyol, ia hampir mampu bantu juara liga.

Baca Juga
Baca Juga

Akan tetapi, ketika takhta juara hanya tinggal selangkah lagi, sepak terjang Barca malah menurun drastis di laga-laga penting hingga tertinggal poin dari Atletico dan Real Madrid. Alhasil, nasib pelatih asal Belanda itu malah jadi tanda tanya.

Joan Laporta yang sempat percaya kini malah berubah haluan dan mendesak adanya perubahan di sisa dua pertandingan LaLiga nanti. Ia pun memaksa Catalan memiliki 'wajah baru' dalam taktik penyerangan.


1. Laporta Paksa Koeman Gunakan Formasi 4-3-3

Tim Barcelona saat latihan bersama pelatih Barcelona Ronald Koeman.

Melansir laman Barca Universal, sang presiden klub bersama juga dengan Rafael Yuste mengajak Koeman berbincang. Inti dari pembicaraan itu ialah permintaan untuk menggunakan formasi 4-3-3 yang sudah lama mendarah daging dalam diri klub bermarkas di Camp Nou tersebut.

Alasan pemaksaan ini tak lepas dari fakta banyak eksperimen yang sudah dilakukan oleh mantan pelatih Timnas Belanda itu. Sempat dapatkan opsi terbaik dengan kunci tiga pemain belakang, hal ini ternyata malah gagal jadi solusi jangka panjang.

Meski demikian, bukan berarti orang nomor satu itu tak memikirkan adanya pelatih pengganti sebagai solusi pastinya. Maklum saja, kondisi tim yang kurang sempurna ini membuatnya yakin, referensi minim Koeman juga jadi sebabnya.

Sayangnya, niat mendatangkan Xavi masih terhalang kontrak Al Sadd begitu pun Pep Guardiola yang malah kian bahagia di Manchester City. Akan tetapi, ia masih punya opsi lain seperti Jordy Cruyff, Erik ten Hag, hingga Hans Dieter Flick.

Keputusan Joan Laporta yang mendesak penggunaan formasi 4-3-3 ini pun tak pelak jadi ultimatum bagi Ronald Koeman. Akankah dirinya bakal dipecat Barcelona? Segalanya tergantung hasil akhir di LaLiga Spanyol. 

Real MadridAtletico MadridBarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolRonald KoemanJoan LaportaLiga SpanyolSepak Bola

Berita Terkini