x

Piala AFC: Persipura Tak Takut Bertarung di Lapangan Sintetis

Minggu, 16 Mei 2021 19:45 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih Persipura, Jacksen Tiago.

INDOSPORT.COM - Persipura Jayapura akan melakoni laga fase Grup H Piala AFC di Singapura, akhir Juni mendatang, setelah AFC memutuskan turnamen kasta kedua antarklub benua Asia itu menggunakan sistem bubble (gelembung) dengan format sentralisasi dengan mempertimbangkan situasi pandemi Covid-19.

Persipura berada di Grup H bersama tuan rumah Lion City Sailors (Singapura), Kedah Darul Aman (Malaysia), dan Saigon FC (Vietnam).

Kemungkinan besar, Stadion Jalan Besar yang menjadi markas Lion City Sailors bakal menjadi tuan rumah. Stadion tersebut menggunakan lapangan berumput sintetis.

Baca Juga
Baca Juga

Meskipun harus bertarung di lapangan sintetis, skuat Persipura tak takut dan mengklaim sudah pernah mendapatkan hasil positif ketika bermain di tempat tersebut.

"Dengan kondisi pandemik seperti ini paling tidak kita bisa latihan di lapangan futsal seperti yang telah kita lakukan. Tapi tidak mungkin kita latihan terus menerus di tempat futsal yang ukurannya tidak pas," kata pelatih Persipura, Jacksen Tiago, Minggu (16/5/21).

"Kenapa tidak latihan di lapangan yang lebih realistis? Persipura dulu pernah sukses bermain di lapangan yang sama tanpa persiapan yang panjang di lapangan tersebut sehingga hal-hal seperti itu yang akan kita andalkan dan maksimalkan," tambah Jacksen.

Baca Juga
Baca Juga

Saat ini, prioritas Jacksen Tiago kepada skuatnya yakni membaca peta kekuatan lawan dan dirinya enggan memikirkan venue pertandingan.

Jacksen mengaku telah menyiapkan sejumlah formula untuk mendapatkan hasil positif di Singapura.

"Untuk sementara karena kita tidak punya fasilitas, kita cuma fokus persiapan untuk menghadapi ketiga lawan. Kita tidak berpikir soal main di lapangan sintetis," pungkas Jacksen.


1. Bakal Jajal 4 Klub Liga 1

Jacksen Tiago ingin Persipura hadapi lawan sepadan saat uji coba, yakni sesama tim peserta Liga 1.

Pasca perayaan lebaran atau Idulfitri, skuat Mutiara Hitam Persipura rencananya akan menantang empat klub Liga 1 untuk beruji tanding.

Persipura sendiri baru menjalani laga uji coba sebanyak tiga kali sejak memusatkan latihan di Jawa Timur. Yang pertama mereka beruji coba dengan Bhayangkara FC U-20, PSG Pati, dan RNA.

Tiga lawan tersebut dianggap oleh sang pelatih Persipura, Jacksen Tiago, belum selevel. Untuk itu, ia kini sedang mencari lawan sepadan yang juga sesama kontestan di kompetisi Liga 1.

Jacksen merasa sangat perlu beruji coba dengan lawan selevel untuk melihat sejauh mana kesiapan skuatnya jelang menatap Piala AFC dan Liga 1 2021.

"Sebenarnya saat ini kita lebih memilih uji coba yang bukan hanya untuk mendapatkan kompetisi tapi lebih kepada naluri bermain anak-anak,

"Sudah ada empat lawan yang saya minta kesediaan dari manajemen untuk mengirim surat. Empat lawan ini yang menurut saya layak diajak beruji coba," kata Jacksen.

Persipura JayapuraPiala AFCJacksen F. TiagoLiga IndonesiaBola Indonesia

Berita Terkini