x

Selain Alisson, Ini 5 Kiper yang Pernah Mencetak Gol di Liga Inggris

Senin, 17 Mei 2021 11:38 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Selebrasi gol Alisson Becker di laga West Brom vs Liverpool.

INDOSPORT.COM – Kiper Liverpool, Alisson Becker menjadi buah bibir usai mencetak gol penentu kemenangan The Reds di Liga Inggris. Selain dirinya, siapa saja kiper yang pernah mencetak gol di kompetisi tersebut?

Alisson Becker mencetak gol kemenangan Liverpool saat menghadapi West Bromwich Albion dalam usahanya masuk empat besar Liga Inggris 2020/21, Senin (17/05/21) dini hari WIB.

Dalam duel yang berlangsung di kandang lawan, The Hawthorns, skuat asuhan Jurgen Klopp berhasil memetik kemenangan 2-1 atas West Brom.

Baca Juga
Baca Juga

Kemenangan ini semakin membawa The Reds makin dekat ke posisi empat besar, dengan selisih 1 angka dari Chelsea. Liverpool kini berada di posisi kelima dengan mengoleksi 63 poin.

Pada laga itu, Liverpool sempat tertinggal lebih dahulu usai gawangnya dibobol oleh striker West Brom, Hal Robson-Kanu, pada menit ke-15.

Delapan menit kemudian, The Reds membalas dan membuat kedudukan kembali berimbang lewat aksi Mohamed Salah. Skor imbang 1-1 bertahan nyaris di sepanjang laga.

Bak sebuah keajaiban, Alisson Becker tak disangka-sangka keluar sebagai pahlawan untuk mencetak gol kemenangan Liverpool pada menit 90+5.

Alisson mencetak gol dengan memanfaatkan situasi tendangan pojok di daerah lawan. Saat bola datang, ia menyambar  umpan pojok dengan tandukan kepalanya dan merobek jala West Brom.

Baca Juga
Baca Juga

Setelah mencetak gol, Alisson berselebrasi dengan rekan-rekan setimnya. Selebrasi itu pun berlanjut begitu wasit membunyikan peluit tanda pertandingan berakhir.

Gol yang dicetak Alisson tersebut pun seakan membuka memori para pecinta Liga Inggris. Kira-kira, adakah kiper lainnya yang mencetak gol seperti kiper asal Brasil tersebut?

Berikut daftar kiper selain Alisson Becker yang pernah menorehkan namanya di papan skor sepanjang sejarah Liga Inggris.


1. 5 Kiper yang Menorehkan Namanya di Papan Skor Liga Inggris

Asmir Begovic

1. Peter Schmeichel (Aston Villa 2001)

Kiper legendaris Manchester United ini menjadi kiper pertama sepanjang sejarah Liga Inggris yang digelar tahun 1992 yang menorehkan namanya di papan skor.

Ia mencetak gol melalui skema sepak pojok. Berbeda dengan Alisson, ia mencetak gol melalui sepakan memanfaatkan bola pantul hasil tandukan lawan.

2. Brad Friedel (Blackburn Rovers 2004)

Masih berawal dari sepak pojok, kiper berkebangsaan Amerika Serikat ini mencetak gol dengan sontekannya.

Proses golnya sendiri cukup unik. Bola hasil sepak pojok sempat keluar dari area kotak 16. Lalu, pemain Blackburn mendribel bola dan mengirimkan umpan silang datar.

Umpan silang itu sempat mengenai kaki lawan yang kemudian bola berbelok dan mendarat di kaki Brad Friedel yang langsung menyambar bola dengan First Time-nya.

3. Paul Robinson (Tottenham Hotspur 2007)

Eks kiper Timnas Inggris ini juga menjadi salah satu pencetak gol dari posisi kiper. Berbeda dengan dua daftar di atas, Paul Robinson mencetak gol melalui situasi bola mati.

Situasi bola mati tersebut adalah tendangan bebas dari area pertahanannya sendiri. Saat itu, Robinson melepaskan bola lambung yang deras ke area pertahanan lawan.

Namun karena kesalahan kiper lawan dalam membaca arah bola dan salah komunikasi, bola memantul dan melewati kiper lawan sehingga masuk ke gawang.

4. Tim Howard (Everton 2012)

Hampir sama dengan proses gol Robinson, Tim Howard pernah mencetak gol dari areanya sendiri melalui sepakan keras.

Perbedaannya hanya pada situasi gol tersebut. Jika Robinson dari situasi bola mati, Howard melakukannya dari situasi Open Play.

Howard mencetak gol memanfaatkan Backpass rekannya. Ia lantas menendang bola dengan kencang hingga melambung.

Bola itu sendiri memantul di luar kotak penalti. Namun karena kiper lawan terlalu maju, bola pun meluncur deras ke gawang dan berbuah gol.

5. Asmir Begovic (Stoke City 2013)

Sama seperti gol Tim Howard, Asmir Begovic mencetak gol melalui sepakan keras mengandalkan Backpass rekannya.

Eks kiper Chelsea ini melepaskan tendangan keras yang meluncur deras dan sempat memantul ke tanah sebelum masuk ke gawang. Gol ini terjadi karena kiper lawan juga salah dalam membaca arah bola.

Hebatnya, gol Begovic ini menjadi salah satu gol tercepat di Liga Inggris karena golnya tercipta kurang dari detik 30 pertandingan.

Begovic sendiri tak berselebrasi karena ia menghormati kiper lawan. Baginya, selebrasi hanya makin menjatuhkan mental kiper lawan yang gawangnya telah ia jebol.

LiverpoolWest Bromwich AlbionTim HowardPeter SchmeichelBrad FriedelAsmir BegovicPaul RobinsonLiga InggrisAlisson BeckerSepak BolaBerita Liga Inggris

Berita Terkini