x

Pelatih PSM Harap Dua Warisan Piala Menpora Berlanjut ke Liga 1

Rabu, 19 Mei 2021 16:49 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih PSM Makassar, Syamsuddin Batola.

INDOSPORT.COM - Pelatih klub PSM Makassar, Syamsuddin Batola, mengharapkan dua warisan dari Piala Menpora 2021 bisa berlanjut ke ajang Liga 1 2021-2022 mendatang.

Anak asuh pelatih berusia 53 tahun ini tampil dengan spartan meski dirundung banyak masabah sebelum memulai persiapan mengikuti turnamen pramusim tersebut.

Di antaranya, kriris keuangan yang membuat gaji pemain tertunggak, jatuhnya sanksi FIFA, eksodus pemain, hingga hanya melakukan persiapan selama dua pekan.

Baca Juga
Baca Juga

Akan tetapi, PSM Makassar yang awalnya dipandang sebelah mata justru berhasil membuat kejutan dengan skuat 'local pride' alias 100 persen pemain lokalnya.

Klub peraih runner-up Liga 1 edisi 2018 ini merengkuh Juara 4 Piala Menpora 2021 plus dinobatkan sebagai tim fair play oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator.

Armada Syamsuddin Batola bahkan tidak tersentuh kekalahan pada waktu normal sejak fase grup hingga kandas di semifinal di tangan Persija Jakarta yang keluar sebagai juara.

Baca Juga
Baca Juga

Pasukan Ramang dikalahkan Macan Kemayoran dalam drama adu penalti dengan skor 3-4 setelah bermain remis dengan agregat skor 2-2 dalam dua leg di fase semifinal.

Barulah dalam laga perebutan Juara 3, Zulkifli Syukur dkk. akhirnya menelan kekalahan pada waktu normal kontra PSS Sleman dengan skor tipis 1-2.

Setelah menunjukkan magis selama Piala Menpora 2021, kini PSM Makassar bersiap untuk memulai persiapan menyambut kompetisi yang sesungguhnya, yaitu Liga 1 2021-2022.


1. Dua Warisan Piala Menpora 2021

Salah satu momen latihan PSM Makassar saat berlaga di Piala Menpora 2021.

Adapun dua warisan dari ajang Piala Menpora 2021 yang dimaksud oleh Syamsuddin Batola, salah satunya yaitu ciri khas permainan PSM Makassar.

"Itulah yang namanya ciri khas dari pemain asal Makassar yah yang keras dan cepat tapi tidak terlepas dari sikap fair play-nya," ungkap Batola kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Rabu (19/05/21).

Selain permainan keras nan cepat, pelatih asal Kabupaten Maros ini juga berharap penggawa Pasukan Ramang bisa memiliki semangat juang tinggi di ajang Liga 1 2021-2022 nanti.

"Semangat Siri' Na Pacce sangat terlihat dari semua pemain saya di Piala Menpora kemarin meski kami hanya bermaterikan lokal saja," tutur pelatih Tim U-20 pada musim lalu ini.

Terlepas dari hal tersebut, PSM Makassar belum juga memberikan sinyal terkait jadwal latihan perdana untuk menyongsong Liga 1 2021-2022.

PSM MakassarLiga IndonesiaPiala MenporaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2021Syamsuddin Batola

Berita Terkini