x

Nathaniel Phillips, Monster Nyaris Terbuang yang Bawa Liverpool ke 4 Besar

Kamis, 20 Mei 2021 10:47 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Nyaris dijual di musim panas lalu, Nathaniel Phillips kini justru jadi pahlawan yang bawa Liverpool menembus 4 besar Liga Inggris usai musim yang buruk.

INDOSPORT.COM – Nyaris dijual di musim panas lalu, Nathaniel Phillips kini justru jadi pahlawan yang bawa Liverpool menembus 4 besar Liga Inggris usai musim yang buruk.

Sukses menjuarai  Liga Inggris musim lalu, Liverpool justru mengalami penurunan performa. Krisis cedera, khususnya di lini belakang, serta menurunnya kinerja lini depan membuat The Reds mengalami kesulitan.

Buruknya performa tim bahkan sempat membuat Mohamed Salah dkk terdampar di peringkat 8 klasemen pada Maret lalu, usai menelan 6 kekalahan dalam  7 laga.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, mental kuat anak asuh Jurgen Klopp berbicara. Jelang pekan terakhir Liga Inggris yang akan digelar Minggu (23/05/21) malam WIB, The Reds sudah bertengger di posisi 4 alias batas terakhir zona Liga Champions.

Hasil ini diraih usai Liverpool mengalahkan Burnley 3-0, sementara sehari sebelumnya pesaing mereka yakni Leicester City dikalahkan Chelsea 1-2.

Di laga melawan Burnley, sorotan tertuju kepada bek muda Nathaniel Phillips. Tak hanya tangguh menjaga pertahanan termasuk menggagalkan peluang Ben Mee sehingga The Reds meraih cleansheet, Phillips mencetak gol kedua Liverpool yang juga jadi gol pertama sepanjang karier profesionalnya.

Laman whoscored bahkan memberinya nilai 9,5 alias yang tertinggi di antara kedua tim. Sementara itu Liga Primer Inggris menunjuknya menjadi pemain terbaik alias man of the match di pertandingan itu.

Baca Juga
Baca Juga

Secara statistik, Nathaniel Phillips memang tampil sempurna. Ia tercatat memenangi 9 duel udara, melepaskan 3 tekel, dan mencatatkan 9 clearance.

Dengan hasil ini, Liverpool kini berada di posisi 4 dengan 66 poin, sama seperti Leicester tapi unggul selisih gol. Dengan demikian, kemenangan di pekan terakhir akan memastikan The Reds tampil di Liga Champions musim depan.

Peran penting Nat Phillips membawa Liverpool ke 4 besar Liga Inggris ini pun terasa luar biasa. Pasalnya, ia sejatinya nyaris saja dijual di bursa transfer musim panas kemarin. Seperti apa kisahnya?


1. Terbantu Krisis Cedera dan Menjelma Menjadi Monster

Nathaniel Phillips, bek tengah Liverpool

Bergabung dengan Liverpool pada 2016 dari akademi Bolton ketika berusia 19 tahun, Nathaniel ‘Nat’ Phillips mulai berlatih bersama tim utama pada 2018 meski secara resmi masih masuk dalam tim cadangan.

Pada 2019/2020, ia dipinjamkan ke VfB Stuttgart yang bermain di kasta kedua Bundesliga. Di tengah musim, ia dipulangkan dan akhirnya menjalani debut bersama The Reds di babak ketiga Piala FA melawan Everton. Namun, sepekan kemudian ia dipinjamkan lagi ke Stuttgart hingga akhir musim.

Di bursa transfer musim panas lalu, Phillips sejatinya hendak dijual namun batal karena tak ada tawaran. Di sinilah peruntungannya berubah.

Badai cedera di sektor bek tengah membuat Jurgen Klopp memberinya debut di Liga Inggris saat menghadapi West Ham pada Oktober 2020, berduet dengan Joe Gomez.

Liverpool pada akhirnya mendatangkan Ozan Kabak di musim dingin, namun Phillips tak tergusur dan menjadi pilihan utama untuk berduet dengan Kabak. Secara total, ia mencatatkan 19 penampilan di semua kompetisi musim ini, dengan sumbangan 1 gol dan 1 assist. Dari 19 laga tersebut, The Reds pun hanya menelan 4 kekalahan.

Penampilan apik Phillips pun menuai pujian dari bek legendaris The Reds, Jamie Carragher. “Dia (Nat Phillips) adalah monster di udara,” tutur Carragher dikutip dari Sky Sports.

Dengan tinggi 190 senti, Nat Phillips memang tangguh di udara. Namun, ia juga memuncaki rataan clearance (4,9 per laga) dan blok (0,9) per laga di skuat Liverpool musim ini.

Jiwa pemain bertahannya pun terlihat dalam wawancara seusai laga melawan Burnley, di mana ia mengaku lebih suka melakukan penyelamatan di garis gawang alih-alih mencetak gol.

Dengan penampilan apiknya ini, Jurgen Klopp mulai membuka peluang untuk mempertahankan Nathaniel Phillips musim depan, di tengah bakal pulihnya Virgil van Dijk, Joe Gomez, Joel Matip, serta kemungkinan datangnya bek tengah baru. Phillips sendiri masih terikat kontrak hingga 2023.

“Saya senang dengan penampilan Nat,” kata Klopp dilansir Liverpool Echo. “Jadi mari kita selesaikan musim ini dan setelah itu kita bisa membicarakan masa depan Nat dan Rhys (Williams).”

“Mari mainkan satu laga terakhir menghadapi Crystal Palace, biarkan kedua anak itu fokus, memulihkan diri, dan setelah itu kita bisa membicarakan semua hal tentang mereka,” pungkas Klopp.

Dari nyaris terbuang awal musim ini, Nat Phillips menjelma menjadi monster di lini belakang Liverpool, dan sukses membawa The Res menembus 4 besar Liga Inggris musim ini.

LiverpoolVfB StuttgartIn Depth SportsLiga InggrisBerita Liga InggrisNathaniel Phillips

Berita Terkini