x

Apa Kabar Charly Musonda? Pewaris Hazard di Chelsea yang Hampir 'Tamat' karena Cedera

Jumat, 21 Mei 2021 12:56 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Charly Musonda.

INDOSPORT.COM – Chelsea dulu memiliki sosok pewaris Eden Hazard bernama Charly Musonda. Namun, cedera menghambat kariernya hingga namanya tenggelam. Lantas, apa kabarnya kini?

Chelsea tak pernah kehabisan bakat muda di akademinya. Setiap tahunnya, setiap musimnya, selalu lahir satu nama yang digadang-gadang akan mendobrak tim senior The Blues.

Dari sekian banyak nama, yang paling berkesan terjadi pada musim 2017/18 silam saat Antonio Conte selaku pelatih Chelsea kala itu memberikan menit bermain kepada dua penggawa muda The Blues.

Baca Juga
Baca Juga

Kedua pemain tersebut adalah Charly Musonda dan Callum Hudson-Odoi. Dua nama tersebut membuka harapan pendukung Chelsea akan hadirnya ‘John Terry’ lain di skuat utama The Blues.

Dua pemain ini beroperasi di lini sayap sejak akademi. Tak ayal baik Charly Musonda dan Callum Hudson-Odoi digadang-gadang sebagai penerus Eden Hazard di Chelsea.

Sayangnya, hanya nama Hudson-Odoi yang masih terdengar dan masih berkutat di tim utama. Sedangkan Musonda, yang merupakan kompatriot Hazard, malah meredup namanya.

Meredupnya nama Musonda bukan karena Chelsea menyia-nyiakan bakat sang pemain, melainkan karena badai cedera yang bisa mengakhiri kariernya yang baru seumur jagung.

Baca Juga
Baca Juga

Sebelum Hudson-Odoi  debut, Musonda lebih dulu masuk ke tim utama Chelsea. Conte memberikannya kesempatan unjuk gigi di tim utama.

Musonda yang diberkahi skill menawan dan kecepatan, membuat mata pendukung Chelsea takjub. Bahkan golnya kala melawan Nottingham Forest di ajang Piala FA 2017/18 membuat pendukung The Blues memberikan Standing Ovation kepadanya.

Mimpi besar Charly Musonda untuk membela Chelsea pupus seketika karena cedera yang menerpanya. Sematan sebagai pewaris Eden Hazard memudar darinya seiring tenggelamnya namanya. Lantas, bagaimana kabarnya kini?


1. Cedera yang Hampir Mematikan Karier Charly Musonda

Charly Musonda Jr, gelandang serang muda milik Chelsea.

Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, Charly Musonda melakukan debutnya pada musim 2017/18 bersama Chelsea di bawah arahan Antonio Conte.

Karena kemampuan dribelnya dan kecepatan yang ia miliki, Musonda sempat digadang-gadang sebagai pewaris Eden Hazard baik di Chelsea maupun di Timnas Belgia.

Musonda bergabung Chelsea pada musim panas 2012 silam. Perjalanannya di akademi The Blues berjalan mulus dan mendapat kontrak profesional pada Maret 2015.

Perjalanan apiknya di level akademi membuat Chelsea menaruh harapan besar padanya sehingga ia dipinjamkan ke Real Betis dari 2016 hingga 2017 untuk menambah jam terbangnya sebelum masuk ke tim senior.

Usai peminjaman, di musim 2017/18 ia masuk dalam rencana Conte yang memberikannya debut di Community Shield melawan Arsenal dan di Liga Inggris melawan Burnley di laga perdana.

Pada Januari 2018, Conte dan Chelsea memutuskan untuk meminjamkannya ke Celtic. Peminjaman ini menjadi awal kehancuran kariernya di level profesional yang belum sempat berkembang.

Cedera membuat Celtic memotong masa peminjamannya dan Chelsea lantas mengirimnya ke Vitesse Arnhem. Di Belanda ini lah, petaka menghampiri kariernya.

Kala Musonda membela Vitesse melawan Royal Antwerp dalam laga persahabatan, ia berbenturan dengan lawan dan membuatnya menerima Posterior Cruciate Ligament (PCL). Cedera ini tergolong langka.

Dikutip dari laman Hellosehat, cedera PCL ini mirip atau bahkan lebih parah dari ACL. Dengan kata lain, cedera ini menghancurkan karier seorang pemain pesepak bola.

ACL bisa saja sembuh dalam tempo enam bulan pasca operasi. Namun untuk PCL, seorang pemain harus menepi selama tiga tahun pasca operasi.

“Operasi PCL adalah hal yang tak biasa di sepak bola. Itu tak seperti ACL di mana Anda bisa sembuh dalam enam bulan setelah operasi,” tutur Musonda dikutip dari BBC Sports.

“Mereka (dokter) mengatakan padaku kemungkinan saya kembali bermain sekitar 20 persen. Untuk bersaing dan bermain bagi klub seperti Chelsea, itu hampir tidak mungkin. Itu sangat sulit (bagiku),” lanjutnya.

Empat tahun telah berlalu sejak Musonda terakhir bermain dalam pertandingan secara Back to Back sejak mengalami cedera PCL tersebut.

Kini ia terus berlatih dan kondisi fisiknya telah mengalami peningkatan di mana ia terus mengabari para pendukung Chelsea tentang progresnya pasca operasi.

Musonda yang dulunya bertubuh mungil, kini berubah lebih kekar karena menjalani pelatihan fisik untuk meningkatkan ketahana tubuhnya. Tak lupa pula, ia berlatih dengan bola agar sentuhannya tak hilang.

Kabar terbaru pun ia tunjukkan di mana kurang dalam enam pekan, ia akan bergabung dengan skuat Chelsea untuk menjalani tur pramusim. Tentu misi Musonda adalah kembali membuktikan dirinya di hadapan pendukung, rekan-rekannya, dan Thomas Tuchel selaku pelatih The Blues.

“Saya tak ingin kisahku berakhir dengan cedera lutut. Saya ingin menunjukkan kisahku tetap sama tapi kini saya lahir kembali,” pungkas Musonda.

Unggahan terbaruCharly Musonda di akun Instagramnya.

Kontrak Charly Musonda bersama Chelsea tinggal satu tahun atau hingga 2022. Musim panas dan pramusim akan menjadi kesempatannya, setidaknya menunjukkan bahwa ia lebih kuat dari cedera PCL yang hampir menghabisi kariernya.

ChelseaEden HazardAntonio ConteCharly MusondaCederaIn Depth SportsprofilCallum Hudson-OdoiSepak Bola

Berita Terkini