x

PSSI Siap Dukung, Stadion Manahan Bisa Jadi Opsi Tuan Rumah Piala AFC 2021

Kamis, 27 Mei 2021 23:47 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Stadion Manahan Solo, Minggu (21/03/21).

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco menilai ada banyak stadion di Indonesia yang layak untuk menghelat ajang Piala AFC 2021. Stadion Manahan Solo bisa menjadi opsi andai mendapat restu.

Federasi sepak bola Asia, AFC, belum juga menentukan negara yang menjadi tuan rumah grup G. Vietnam yang awalnya jadi kandidat terkuat kabarnya enggan mengajukan diri.

Indonesia bisa saja menjadi opsi. Lancarnya penyelenggaraan Piala Menpora 2021 menjadi modal bagi Indonesia untuk menghelat ajang yang levelnya lebih besar. Fase grup Piala AFC dan Piala Menpora menggunakan format sama yakni single round robin.

Baca Juga
Baca Juga

Teco menyatakan keinginannya agar Bali United bisa bermain di Indonesia, terutama Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Timnya tak perlu kesulitan untuk adaptasi atau pun menempuh perjalanan jauh untuk bertanding.

"Ketika bisa main di Indonesia pasti lebih bagus buat kita. Andai bisa memilih, pasti pilih Bali, tapi kita harus lihat renovasinya sudah selesai atau belum. Ada beberapa stadion di Jakarta bagus dan stadion di Solo yang baru renovasi juga bagus," ucap Teco, Kamis (27/05/21).

Baca Juga
Baca Juga

Teco sudah merasakan pertandingan Piala AFC di beberapa negara, mulai Singapura, Filipina, Kamboja hingga Myanmar. Menurutnya, kualitas dari stadion-stadion di Indonesia tak kalah bagus.

"Ada banyak stadion bagus di Indonesia yang pasti akan lolos verifikasi," tutur pelatih asal Brasil ini.


1. Dukungan dari PSSI

Laga PSS Sleman vs Bali United di babak 8 besar Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo Sleman

Andai Bali United mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala AFC 2021, PSSI tak akan tinggal diam. Dukungan sudah pasti akan diberikan PSSI kepada wakilnya ke kompetisi Asia, termasuk Bali United.

Dukungan ini diungkapkan anggota komite eksekutif (Exco) PSSI, Haruno Soemitro. Namun begitu, sejauh ini belum ada pembahasan resmi yang dilakukan PSSI terkait Piala AFC 2021.

"Tentu kalau Bali United punya inisiatif mengajukan, PSSI pasti akan mendukung. Itu menjadi domain dari Bali United sebagai peserta. Kalau Bali United punya keinginan, tentu akan kita dukung," papar Haruna ketika berada di Bali, Minggu (23/05/21) lalu.

Selain Bali United, wakil Indonesia lainnya, Persipura Jayapura juga berpotensi menjadi tuan rumah grup H. Hal ini menyusul mundurnya Singapura sebagai tuan rumah grup H dan I.

Mundurnya Singapura sebagai tuan rumah sudah disampaikan secara resmi oleh AFC. Pandemi Covid-19 yang belum mereda menjadi pertimbangan utama federasi sepak bola Singapura (FAS) menarik diri.

Rencananya, pelaksanaan fase grup Piala AFC 2021 akan digelar pada 29 Juni hingga 6 Juli 2021 mendatang. Masih ada waktu bagi dua klub tersebut, juga PSSI, untuk membuka kesempatan sebagai tuan rumah Piala AFC 2021.

PSSIPiala AFCStadion Manahan SoloBali UnitedBola InternasionalStefano Cugurra Teco

Berita Terkini