x

Rapor 5 Pertemuan Terakhir Timnas Indonesia kontra Oman, Garuda Sempat Berjaya

Sabtu, 29 Mei 2021 15:35 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Rapor 5 Pertemuan Terakhir Timnas Indonesia kontra Oman, Garuda Sempat Berjaya

INDOSPORT.COM – Melihat rapor lima pertemuan terakhir Timnas Indonesia saat berjumpa Oman, dimana skuad Garuda pernah berjaya dengan mengalahkan sang wakil Timur Tengah!

Pada Sabtu (29/05/21) sore WIB nanti, Timnas Indonesia akan kembali melakoni laga uji coba kedua dalam pemusatan latihan di Dubai. Di mana skuat Garuda akan dijadwalkan berjumpa Oman.

Jelang laga uji coba kedua ini, timnas Indonesia menjanjikan perubahan. Terlebih, mereka menelan kekalahan 2-3 dari Afghanistan, Selasa (25/5/21).

Baca Juga
Baca Juga

Perubahan memang wajib dilakukan oleh Shin Tae-yong selaku pelatih. Sebab duel uji coba kali ini merupakan laga FIFA A Match yang akan menghasilkan poin dan berimbas terhadap peringkat timnas Indonesia.

Artinya, skuat Garuda akan mendapatkan poin ranking jika menang dan pengurangan apabila sebaliknya. Shin Tae-yong sudah tentu berambisi meraih kemenangan di laga uji coba kali ini. 

Demi meraih hasil maksimal, pelatih asal Korea Selatan ini langsung berlatih pasca-timnas Indonesia menelan kekalahan 2-3 dari Afghanistan.

"Setelah laga kemarin, kami langsung memperbaiki kesalahan-kesalahan satu per satu,” ucap Shin Tae-yong, Jumat (28/5/21).

Senada dengan Shin Tae-yong, gelandang timnas Indonesia, Adam Alis, pun sudah siap menyambut laga kontra Oman. Bahkan, pemain milik Bhayangkara FC ini mengaku siap memberikan perubahan demi hasil maksimal.

"Harapannya lawan Oman nanti, kita bisa lebih kompak lagi, lebih kuat, supaya nanti kedepannya lebih siap di Kualifikasi Piala Dunia,” ucap Adam Alis.

Laga kontra Oman sendiri terbilang susah-susah gampang buat Timnas Indonesia. Pasalnya, dalam pertemuan terakhir kontra Oman skuad Garuda harus telan kekalahan tipis meski tampil di markas sendiri.

Meski begitu, Timnas Indonesia tetap punya kans meraih kemenangan lantaran sempat raih dua kemenangan telak saat berjumpa Samba Al-Khaleej.

Baca Juga
Baca Juga

Melansir dari laman resmi AFC, tercatat jika Timnas Indonesia sudah lima kali bertemu dengan Oman sejak 1987 silam. Hasilnya, tim Merah-Putih berhasil dua kali menang dan sekali imbang.


1. Statistik Timnas Indonesia vs Oman

Masih ingat aksi Hendri Mulyadi yang nekat masuk saat Indonesia dikalahkan Oman 1-2 pada partai Pra-Piala Asia 2011 di SUGBK. Foto: liputan6/AFP PHOTO/Bay ISMOYO

Pertemuan pertama Timnas Indonesia kontra Oman terjadi pada 24 Februari 1987. Saat itu, Timnas menghadapi Oman dalam ajang King’s Cup yang berlangsung di Thailand.

Di pertandingan tersebut, Timnas berhasil meraih kemenangan dengan skor telak dua gol tanpa balas. Meski gemilang hadapi Oman, namun pada akhir kompetisi skuad arahan Bertje Matulapelwa ini harus puas finish di urutan empat usai kalah di perebutan tempat ketiga kontra tuan rumah Thailand.

Setahun berselang, Timnas Indonesia kembali bertemu Oman juga di ajang sama yakni King’s Cup. Lagi-lagi, skuad Garuda berhasil mengatasi perlawanan Oman dengan skor lebih besar 3-0. Sayangnya, Timnas Indonesia yang saat itu dilatih Anatoli Polosin gagal melangkah ke semifinal.

Usai dua kemenangan beruntun pada era 80-an, Timnas Indonesia absen lama menghadapi Oman. Tercatat, Timnas baru kembali menghadapi Oman tahun 2007 silam.

Dalam pertandingan persahabatan yang berlangsung Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta tersebut, Oman berhasil menang lewat gol semata wayang Almukhain Ahmed di menit 56’.

Pada tahun 2009, Timnas Indonesia kembali bertemu dengan Oman di kualifikasi Piala Asia 2011. Bertanding di Sultan Qaboos Sports Complex, Senin (19/1/2009) malam WIB, Bambang Pamungkas cs sukses menahan tim juara Piala Teluk 2009 itu dengan skor 0-0.

Pertemuan terakhir Timnas Indonesia terjadi pada tahun 2010, tepatnya di matchday kelima kualifikasi Grup B Piala Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Di pertandingan tersebut, Timnas Indonesia dikalahkan Oman dengan skor tipis 1-2. Dua gol Oman dicetak Bait Door Been Fawzi menit ke-31’ dan Ismail Sulaiman menit ke-52’, sementara satu-satunya gol Indonesia dilesakkan striker Boaz Salossa menit ke-44’.

OmanTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini