x

Bawa Harry Maguire ke Euro 2020, Gareth Southgate Disemprot Legenda MU

Kamis, 3 Juni 2021 17:21 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Harry Maguire berselebrasi usai mencetak gol di laga Norwich City vs Manchester United

INDOSPORT.COM – Legenda Manchester United, Rio Ferdinand, mengritik keputusan Gareth Southgate yang memasukkan Harry Maguire ke Timnas Inggris untuk Euro 2020 meskipun sang pemain masih dihantui cedera.

Gareth Southgate selaku pelatih Timnas Inggris pada hari Selasa (01/06/21) resmi mengumumkan 26 pemain yang akan memperkuat Timnas Inggris yang akan tampil di putaran final Euro 2020.

Baca Juga
Baca Juga

Southgate memangkas tujuh pemain langganan skuat berjuluk Three Lions tersebut. Namun ada satu nama yang menjadi sorotan publik, yakni Harry Maguire.

Harry Maguire diketahui tetap dipanggil ke Timnas Inggris meskipun dirinya belum 100 persen pulih dari cedera. Maguire bahkan harus melewatkan lima pertandingan terakhir Manchester United musim ini akibat kondisinya tersebut.

Keputusan Southgate ini juga membuat Rio Feradinan bertanya-tanya. Dia bersikeras Maguire seharusnya tak dipanggil karena bisa merusak keseimbangan skuat di ruang ganti selama Euro 2020.

“Inggris membutuhkan bek tengah lagi. Ini memberi tahu saya bahwa dia (Southgate) pasti memainkan tiga bek,” kata Ferdinand kepada FIVE, dilansir dari Mail Online.

Baca Juga
Baca Juga

“Harry Maguire bahkan tidak fit, saya bahkan tidak akan memanggil Maguire. Anda tidak bugar, anda tidak akan bugar dalam waktu cepat, itu tidak masuk akal,” lanjutnya.

Keputusan Southgate itu mengingatkan mantan pemain Setan Merah itu pada pengalamannya membela timnas Inggris yang memiliki pemain tidak fit. Saat itu, Timnas Inggris dilatih oleh Sven Goran-Eriksson.


1. Rio Ferdinand Ingat Kenangan di Timnas Inggris

Timnas Inggris di Euro 2020.

Pelatih asal Swedia itu memasukkan David Beckham ke dalam skuat Piala Dunia 2002 meskipun kakinya patah. Empat tahun kemudian, Goran-Eriksson juga memanggil Wayne Rooney ke Piala Dunia di Jerman  meski dalam kondisi patah tulang metatarsal.

“Saya pernah berada di skuad dengan pemain yang belum fit dan mereka tidak tampil ketika mereka tidak sendiri. Itu terjadi dengan Becks (Beckham) dan Wazza (Rooney). Sebagus apa pun Maguire, dia bukan Becks atau Wazza,” sambung Ferdinand. .

“Saya tidak berpikir Anda harus mengambil seseorang yang tidak 100 persen fit. Sulit untuk kembali bermain dan masuk ke ritme permainan tim.”

Secara terpisah, Southgate sebelumnya juga sudah menjelaskan soal alasannya memanggil Maguire untuk melengkapi empat pemain bek opsinya selain pemain Manchester City John Stones,  Tyrone Mings milik Aston Villa dan Conor Coady.

Menurutnya ia sudah mempertimbangkan dengan matang untuk membawa Harry Maguire ke Euro 2020. Keputusan itu juga karena adanya slot tambahan yang diberikan oleh UEFA.

Selain itu, Southgate sangat optimis mantan bek Leicester City itu bisa pulih dalam waktu dekat dan kembali ke skuat Timnas Inggris ketika Euro 2020 sudah bergulir pada 11 Juni mendatang.

Manchester UnitedRio FerdinandPiala EropaEuro 2020Piala Eropa 2020Gareth SouthgateTimnas InggrisBola InternasionalHarry MaguireEuforia Eropa

Berita Terkini