x

10 Tahun Lalu, Terakhir Kali Timnas Indonesia Dapat Poin di Kualifikasi Piala Dunia

Jumat, 4 Juni 2021 11:06 WIB
Editor: Coro Mountana
Selebrasi pemain Indonesia, pertandingan Indonesia vs Turkmenistan di kualifikasi piala dunia 2014.

INDOSPORT.COM – Sebelum mampu mengimbangi Thailand, ternyata sudah 10 tahun lamanya Timnas Indonesia tak dapat poin di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia akhirnya berhasil mendapatkan hasil yang lumayan positif di bawah asuhan Shin Tae-yong semalam. Setelah sebelumnya dibantai Thailand dengan skor 0-3, akhirnya Timnas Indonesia mampu bermain imbang juga, 2-2.

Meski sebenarnya hasil imbang itu juga tidak didapatkan dengan mudah oleh Timnas Indonesia. Soalnya Timnas Indonesia tercatat sempat harus tertinggal sebanyak 2 kali dari Thailand.

Baca Juga
Baca Juga

Narubadin Weerawatnodom dan Adisak Kraisorn sempat dua kali mampu membawa Thailand unggul atas Timnas Indonesia. Tapi semangat pantang menyerah yang ditanamkan oleh Shin Tae-yong rupanya berhasil membawa Timnas Indonesia bangkit.

Adalah I Kadek Widnyana dan Evan Dimas yang kemudian berhasil membawa Timnas Indonesia selalu mampu menyamakan skor dengan Thailand. Hingga pada akhirnya Thailand menyerah dan harus puas ditahan oleh Timnas Indonesia.

Di sisi lain, hasil imbang ini adalah poin pertama Timnas Indonesia pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Setelah sebelumnya, Timnas Indonesia selalu alami kekalahan dalam 5 pertandingan di fase grup kualifikasi Piala Dunia.

Baca Juga
Baca Juga

Tapi sebenarnya kalau mau diruntut, ternyata Timnas Indonesia memang selama ini selalu alami kesulitan jika bermain di kualifikasi Piala Dunia. Buktinya saja sebelum semalam, poin terakhir yang bisa didapat oleh Timnas Indonesia didapatkan pada 10 tahun lalu.


1. Kualifikasi Piala Dunia 2014

Selebrasi pemain Indonesia, pertandingan Indonesia vs Turkmenistan di kualifikasi piala dunia 2014.

Jadi sebelum imbang dengan Thailand semalam, Timnas Indonesia selalu kalah di kualifikasi Piala Dunia 2022. Sedangkan pada kualifikasi Piala Dunia 2018, Timnas Indonesia didiskualifikasi dari babak grup.

Sehingga dari sini saja, sejak kualifikasi Piala Dunia 2018, Timnas Indonesia selalu alami kekalahan sebelum imbangi Thailand semalam. Lalu bagaimana dengan kualifikasi Piala Dunia 2014? Ternyata di babak grup, Timnas Indonesia kembali selalu alami kekalahan.

Pada saat itu, Timnas Indonesia memang tergabung ke dalam grup neraka bersama Iran, Qatar, dan Bahrain. Bertanding dalam 6 pertandingan, Timnas Indonesia selalu alami kekalahan dengan catatan yang sangat buruk.

Soalnya Timnas Indonesia hanya mampu mencetak 3 gol dalam 6 laga itu dengan telah kebobolan sebanyak 26 kali. Kekalahan paling memilukan yang rasanya jadi terburuk untuk Timnas Indonesia juga terjadi di kualifikasi Piala Dunia 2014.

Dimana, secara mengejutkan Timnas Indonesia dibantai 0-10 di kandangnya Bahrain. Jadi, jika ditambah 5 kekalahan di kualifikasi Piala Dunia 2022, maka Timnas Indonesia tercatat sudah nir poin dalam 11 laga terakhir termasuk kualifikasi Piala Dunia 2014.

Lalu kapan terakhir kali Timnas Indonesia tidak kalah alias dapat poin di kualifikasi Piala Dunia? Jawabannya ada pada kualifikasi Piala Dunia 2014 sebelum masuk babak grup. Jadi sebelum Timnas Indonesia menjadi bulan-bulanan Iran, Qatar dan Bahrain.

Timnas Indonesia sempat meraih kemenangan atas Turkmenistan dalam putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2014. Tepatnya itu terjadi pada 28 Juli 2011 di Stadion Gelora Bung Karno, Timnas Indonesia mampu mengalahkan Turkmenistan dengan skor ketat 4-3.

Cristian Gonzales jadi pahlawan dalam laga itu dengan mencetak 2 gol bagi Timnas Indonesia dalam pertandingan leg kedua (leg pertama main imbang 1-1). Sedangkan 2 gol kemenangan Timnas Indonesia diborong oleh Mohammad Nasuha dan Muhammad Ridwan.

Kemenangan itu menjadi sangat penting karena membawa Timnas Indonesia ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan Iran, Qatar dan Bahrain. Itu adalah kemenangan sekaligus poin terakhir Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia.

Mirisnya itu terjadi 10 tahun lalu dan baru sekarang Timnas Indonesia raih poin lagi di kualifikasi Piala Dunia. Masih ada 2 laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2022, suporter tentu masih berharap Shin Tae-yong bisa bawa Timnas Indonesia menang setelah terakhir kali terjadi juga 10 tahun lalu.

ThailandKualifikasi Piala Dunia 2018Timnas IndonesiaIn Depth SportsBahrainFeatureKualifikasi Piala Dunia 2022Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini