x

Profil Tim Euro 2020: Hungaria

Minggu, 6 Juni 2021 14:10 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Memiliki rekam jejak gemilang di sepak bola dunia, Timnas Hungaria mengusung misi kebangkitan di gelaran Euro 2020 mendatang.

INDOSPORT.COM - Memiliki rekam jejak gemilang di sepak bola dunia, Timnas Hungaria mengusung misi kebangkitan di gelaran Euro 2020 mendatang. Berikut profil tim Hungaria di Euro 2020.

Dalam waktu kurang dari seminggu, pesta sepak bola terakbar di Eropa, Euro 2020, akan segera bergulir. Kompetisi empat tahunan di benua biru ini akan kick-off pada 11 Juni 2021 hingga penutupan pada 12 Juni 2021. 

Partai pembuka akan dimainkan tanggal 11 Juni waktu setempat atau tanggal 12 waktu Indonesia. Fase penyisihan akan berakhir pada 24 Juni dengan memainkan 36 pertandingan dari 24 tim. 

Timnas Hungaria menjadi salah satu tim peserta untuk edisi tahun 2020 ini. Banyak pihak yang menilai Hungaria tengah apes di Euro kali ini. 

Baca Juga
Baca Juga

Sebab, mereka harus satu grup bersama tiga raksasa Eropa, Prancis, Jerman, dan Portugal di Grup F. Banyak yang menganggap Hungaria akan dijadikan sebagai lumbung gol. 

Namun, sejatinya Hungaria memiliki potensi untuk menjadi tim kuda hitam yang cukup menyulitkan lawan di Grup F. Gelaran Euro 2020 adalah keikutsertaan keempat mereka sepanjang sejarah setelah tahun 1964, 1972, dan 2016. 

Tahun 2020 adalah keikusertaannya secara beruntun di turnamen tertinggi antarnegara sepak bola Eropa itu. Hal ini membuktikan bahwa sepak bola Hungaria telah berkembang. 

Timnas Hungaria lolos ke putaran final Euro 2020 setelah mengalahkan Islandia di ajang play-off. Mereka memiliki misi untuk mengulangi romansa kejayaan di masa silam. 

Tim Hungaria begitu ditakuti pada dekade 60-an dan 70-an silam. Pada gelaran tahun 2016, Hungaria mulai meniti kebangkitan dengan lolos ke babak 16 besar. 

Baca Juga
Baca Juga

Pada gelaran 2020 ini, mereka pun akan bertekad untuk meraih hasil yang lebih baik. Meskipun perjuangan tak akan mudah. 


1. Perkiraan Formasi dan Starting XI

Starting XI Timnas Hungaria di Euro 2020.

Tim Hungaria membawa skuad dengan usia rata-rata 27,2 tahun. Pelatih Marco Rossi diyakini akan mengusung formasi andalan 3-5-2 untuk skuadnya. 

Formasi 3-5-2 ini sendiri akan sedikit istimewa. Ross akan meninggalkan satu gelandang bertahan dengan posisi persis di belakang bek. pemain di posisi ini adalah David Siger. 

Sementara empat gelandang lainnya akan dimajukan lebih ke depan, sehingga formasi Hungaria lebih mirip 3-1-4-2. Barisan tiga bek akan diisi oleh E. Botka (kanan), A. Lang (tengah), dan A. Szalai (kiri). 

Sementara empat gelandang akan diperankan oleh G. Lovrencsics, K. Varga, L. Kleinheisler, dan A. Schafer. Di posisi penyerang ada duet striker J. Hahn dan F. Holender. 

Skuad Lengkap Timnas Hungaria

Pelatih: Marco Rossi

Kiper: Ádám Bogdán (Ferencváros), Dénes Dibusz (Ferencváros), Péter Gulácsi (Leipzig) 

Bek: Bendegúz Bolla (Fehérvár), Endre Botka (Ferencváros), Attila Fiola (Fehérvár), Ákos Kecskés (Lugano), Ádám Lang (Omonia Nicosia), Gerg Lovrencsics (Ferencváros), Loïc Négo (Fehérvár), Willi Orbán (Leipzig), Attila Szalai (Fenerbahçe).

Gelandang: Tamás Cseri (Mez kövesd) , Dániel Gazdag (Philadelphia Union), László Kleinheisler (Osijek), Ádám Nagy (Bristol City), András Schäfer (Dunajská Streda), Dávid Sigér (Ferencváros), Kevin Varga (Kas mpa a), Roland Varga (MTK Budapest).

Penyerang: János Hahn (Paks), Filip Holender (Partizan), Nemanja Nikoli (Fehérvár), Roland Sallai (Freiburg), Szabolcs Schön (FC Dallas), Ádám Szalai (Mainz)


2. Player to Watch

Logo Euforia Eropa Euro 2020

Adam Szalai

Pada turnamen Euro 2020 ini tim Hungaria akan dipimpin oleh Adam Szalai. Adam Szalai menjadi salah satu pemain terpenting di skuad The Magnificent Magyars.

Selain sebagai kapten, ia ada sosok bomber senior yang bertugas mengisi ketajaman lini depan. Adam Szalai adalah top skor aktif di Timnas Hungaria saat ini. 

Total, 23 gol dicetaknya dari 70 caps bersama Hungaria. Pemain 33 tahun ini juga mencetak satu gol di fase kualifikasi Euro. 

Peran Szalai cukup besar di ajang UEFA Nations League di mana ia mencetak empat gol sepanjang 2018. Adam Szalai kembali mencetak dua gol ketika meimpin Timnas Hungaria di kualifikasi Piala Dunia zona Eropa pada Maret lalu.  

Pada turnamen Euro 2020 nanti, Adam Szalai pun akan kembali diandalkan. Ia akan jadi penyerang yang siap tampil mengejutkan di Grup F. 


3. Prediksi Hungaria di Euro 2020

Logo Euforia Eropa Euro 2020

Tak bisa dipungkiri, perjalanan Hungaria di ajang Euro 2020 akan sangat sulit. Mereka harus bisa menyisihkan Jerman, Portugal, dan Prancis.

Melihat catatan di atas kertas, Hungaria jelas tidak diunggulkan. Namun, peluang itu selalu ada. Apalagi mereka meraih hasil positif di partai-partai uji coba. 

Maka dari itu, asal tampil disiplin, Hungaria berpotensi bisa menjadi tim kuda hitam. 

Meski demikian, kami dari INDOSPORT hanya bisa memprediksi Hungaria harus gagal di fase grup. Kemungkinan besar mereka akan tampil sebagai juru kunci atau paling maksimal sebagai penghuni peringkat tiga Grup F.  

Euro 2020HungariaBola InternasionalProfil Tim Euro 2020Euforia Eropa

Berita Terkini