x

Profil Tim Euro 2020: Portugal

Minggu, 6 Juni 2021 23:04 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor:
Menjadi salah satu di antara 24 negara yang berpartisipasi, berikut profil singkat dari Timnas Portugal yang akan berlaga di kompetisi Euro 2020.

INDOSPORT.COM - Menjadi salah satu di antara 24 negara yang berpartisipasi, berikut profil singkat dari Timnas Portugal yang akan berlaga di kompetisi Euro 2020 pada 11 Juni - 11 Juli 2021.

Berstatus sebagai juara bertahan, Timnas Portugal kembali diyakini akan merebut lagi trofi Euro 2020, karena berstatus sebagai tim bertabur bintang yang diperkuat oleh nama-nama besar seperti Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes, Bernardo Silva dan lain-lain.

Baca Juga
Baca Juga

Terlebih lagi Portugal masih dilatih oleh Fernando Santos yang berhasil membawa mereka menjuarai Euro 2016 meskipun sebagai tim yang tidak berstatus sebagai favorit juara.

Peran Fernando Santos untuk Timnas Portugal cukup besar setelah ia ditunjuk menggantikan Paulo Bento yang dipecat pada 11 September 2014. Di bawah arahan pelatih 65 tahun tersebut, penampilan Ronaldo cs mulai menunjukkan performa apik, hingga berhasil menjuarai Euro 2016.

Selain itu, Fernando berhasil membawa Timnas Portugal menjuarai UEFA Nations League 2018/2019 usai mengalahakn Timnas Belanda dengan skor 1-0 di final yang berlangsung di Estadio do Dragao, 9 Juni 2019.

Baca Juga
Baca Juga

Di kualifikasi Euro 2020, Fernando berhasil membawa Timnas Portugal lolos ke putaran final dengan status sebagai runner-up grup B berselisih 3 poin dari Ukraina yang jadi pemuncak.

Namun misi berat harus dilakoni Timnas Portugal yang tergabung bersama tim-tim kuat seperti Jerman, Prancis dan Hungaria di Euro 2020. Akankah kali ini, Fernando Santos kembali berhasil membuat kejuatan dan mempertahankan gelar?


1. Perkiraan Formasi dan Starting XI

Starting XI Timnas Portugal di Euro 2020.

Pelatih Portugal, Fernando Santos, tentunya sangat bersyukur karena timnya dipenuhi dengan nama-nama pemain bintang yang memiliki kontribusi besar untuk klub yang dibelanya.

Sebut saja Cristiano Ronaldo, pada usianya yang sudah tak lagi muda, CR7 tetap menjadi andalan Juventus untuk membobol gawang lawan dan ia menjadi yang paling tersubur di tim, yang mana sudah lebih 100 gol dilesakannya untuk Bianconerri.

Cristiano Ronaldo akan didampingi nama-nama beken lainnya dalam rangka mempertahankan gelar juara Euro 2020, seperti Bruno Fernandes dari Manchester United yang sukses membawa Setan Merah menjadi finalis Liga Europa 2020/21 dan Bernardo Silva yang sukses membawa Manchester City juara Liga Inggris 2020/21 dan jadi finalis Liga Champions 2020/21.

Kemudian ada Joao Felix yang berhasil membawa Atletico Madrid menjuarai LaLiga Spanyol 2020/21, dan penyerang Liverpool Diogo Jota yang akan membantu peran dari Cristiano Ronaldo untuk membobol gawang tim-tim dari negara lain di Euro 2020.

Pelatih Fernando Santos diyakini akan menggunakan formasi 4-3-3 dengan Ronaldo yang menjadi pelayan Diogo Jota, dan lini tengah yang mengandalkan duet Fernando dan Silva.

Perkiraan Formasi Timnas Portugal di Euro 2020

Timnas Portugal (4-3-3): Anthony Lopes; Cedric, Jose Fonte, Ruben Dias, Joao Cancelo; Bruno Fernandes, Danilo Pereira, Sergio Oliveira; Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, Diogo Jota.

Skuad Timnas Portugal di Euro 2020:

Kiper: Anthony Lopes (Olympique Lyon), Rui Patricio (Wolves), Rui Silva (Granada)

Bek: Joao Cancelo (Manchester City), Nelson Semedo (Wolves), Jose Fonte (Lille), Pepe (Porto), Ruben Dias (Manchester City), Nuno Mendes (Sporting), Raphael Guerreiro (Borussia Dortmund)

Gelandang: Danilo Pereira (Paris St Germain), Joao Palhinha (Sporting), Ruben Neves (Wolves), Bruno Fernandes (Manchester United), Joao Moutinho (Wolves), Renato Sanches (Lille), Sergio Oliveira (Porto), William Carvalho ( Real Betis)

Penyerang: Pedro Goncalves (Sporting), Andre Silva (Eintracht Frankfurt), Bernardo Silva (Manchester City), Cristiano Ronaldo (Juventus), Diogo Jota (Liverpool), Goncalo Guedes (Valencia), Joao Felix (Atletico Madrid), Rafa Silva ( Benfica).


2. Player to Watch

Menjadi salah satu di antara 24 negara yang berpartisipasi, berikut profil singkat dari Timnas Portugal yang akan berlaga di kompetisi Euro 2020 pada 11 Juni - 11 Juli 2021.

Bruno Fernandes

Bruno Fernandes akan menjadi sosok lainnya yang layak untuk disaksikan penampilannya bersama Timnas Portugal di Euro 2020 selain Cristiano Ronaldo.

Melihat bagaimana impresifnya performa Fernandes bersama Manchester United musim ini dengan 18 gol yang berhasil ditorehkannya dengan 12 assist di Liga Inggris, tentunya akan sangat baik untuk lini tengah Timnas Portugal di Euro 2020.

Selain itu, sosok Fernandes juga sangat krusial perannya untuk Manchester United musim ini, yang membawa Setan Merah finis di urutan kedua klasemen akhir Liga Inggris dan menjadi finalis Liga Europa 2020/21.

Bruno Fernandes juga menerima penghargaan Sir Matt Busby Player of The Year musim ini berkat kontribusi luar biasanya untuk Manchester United. Bahkan, ia mengantongi 63% total suara yang masuk, mengungguli Luke Shaw yang mengantongi 21% suara.

Tentunya akan sangat menarik untuk disaksikan bagaimana kontribusi yang bisa diberikan oleh Bruno Fernandes dalam rangka membawa Portugal mempertahankan gelarnya di Euro 2020.


3. Prediksi Timnas Portugal di Euro 2020

Menjadi salah satu di antara 24 negara yang berpartisipasi, berikut profil singkat dari Timnas Portugal yang akan berlaga di kompetisi Euro 2020 pada 11 Juni - 11 Juli 2021.

Jalan terjal harus dilalui Timnas Portugal untuk bisa lolos dari babak penyisihan grup, mengingat Ronaldo dan kolega menampati grup F bersama dengan tiga tim kuat lainnya, yaitu Jerman, Prancis dan Hongaria di Euro 2020.

Timnas Portugal juga tidak boleh lengah dengan Timnas Hongaria yang diprediksi bakal menjadi tim kuda hitam di Euro 2020. Setidaknya jika ingin lolos dari fase grup, Fernandes dkk. harus berusaha memenangkan setiap pertandingan.

Manchester UnitedCristiano RonaldoPortugalJuventusEuro 2020Bernardo SilvaFernando SantosBola InternasionalBerita OlahragaBerita SportBruno FernandesProfil Tim Euro 2020Euforia Eropa

Berita Terkini